Bawang Putih adalah salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Rempah yang satu ini mempunyai aroma yang khas dan membuat masakan lebih harum dan sedap. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih kating disebut mempunyai lebih banyak khasiat kesehatan dibanding dengan bawang putih biasa. Bawang putih ini mempunyai aroma dan rasa yang sama dengan bawang putih biasa, hanya saja bentuknya berbeda, yaitu hanya terdiri dari satu siung saja untuk setiap bijinya. 

Bawang putih jenis ini banyak digunakan sebagai obat herbal karena dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa alasan mengapa moms perlu mengkonsumsi bawang putih dan bagaimana bisa mendapatkan manfaat bawang putih lanang. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal, Bumbu Dapur Penjaga Kesehatan Keluarga!

Detoksifikasi Logam Berat

Ada banyak penyebab tubuh bisa terpapar oleh logam berat. Paparan logam berat seperti timbal, merkuri, dan sebagainya bisa menyebabkan kerusakan otak dan juga organ. Bahkan dalam kadar tertentu, paparan logam berat juga bisa menyebabkan keracunan hingga kematian. Bawang putih secara alami mengandung antioksidan dalam jumlah yang banyak sehingga membantu detoksifikasi atau mengeluarkan logam berat dari dalam tubuh. Dibanding dengan obat-obatan kimia, bawang putih meringankan gejala keracunan logam berat dengan lebih cepat. 

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Woman Knee pain, leg pain

Berdasarkan penelitian, bawang putih juga membantu meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini karena bawang putih mampu meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Konsumsi bawang putih secara teratur bisa menurunkan resiko defisiensi estrogen pada wanita menopause. Dengan kadar estrogen yang stabil, bawang putih bisa membantu mengurangi resiko pengeroposan tulang atau osteoporosis pada wanita. 

BACA JUGA: Ini Manfaat Bawang Putih Bawang Merah, Sudah Tau Belum?

Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Meskipun bawang putih mempunyai aroma menyengat yang mungkin bisa membuat nafas kurang sedap, namun bawang putih ternyata bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Bawang putih mengandung senyawa antibakteri yang bermanfaat untuk mengatasi plak gigi, yang merupakan penyebab utama kerusakan gigi. Mengkonsumsi bawang putih mentah juga bisa melawan infeksi pada mulut. Selain itu, konsumsi bawang putih bersamaan dengan antibiotik juga bisa menyembuhkan infeksi mulut yang disebabkan oleh bakteri yang resisten pada obat. 

Mencegah Demensia Dan Alzheimer

Salah satu penyebab penyakit demensia dan alzheimer adalah karena stress oksidatif yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas. Bila dibiarkan, paparan radikal bebas akan menyebabkan penurunan kinerja dan fungsi otak. Konsumsi bawang putih kating secara rutin bisa membantu mengeluarkan racun dan logam berat dari dalam tubuh. Sehingga resiko penyakit dan kerusakan fungsi otak bisa dihindari. Selain itu, bawang putih juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga tekanan darah. Sehingga bisa membuat tubuh bekerja dengan lebih baik lagi. 

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Konsumsi Bawang Putih Bakar yang Benar

Anti Bakteri

Bawang putih adalah musuh alami virus, parasit, dan bakteri. Hanya dengan konsumsi bawang putih dengan rutin, tubuh bisa membantu melawan virus flu hingga 63 persen. Selain itu, bawang putih juga membantu mempercepat penyembuhan flu dibanding dengan obat-obatan kimia. Bawang putih sudah lama digunakan untuk mengobati parasit serta keluhan paru-paru. Nutrisi yang terkandung dalam bawang putih membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Membersihkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang tidak lancar adalah penyebab berbagai macam penyakit. Bawang putih dipercaya mampu membersihkan peredaran darah. Dengan konsumsi suplemen bawang putih secara rutin, kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa berkurang hingga 10-15 persen.

Leave a Comment

%d bloggers like this: