Selama kehamilan sangat umum jika memiliki keinginan untuk makan banyak makanan. Lalu apakah mie instan ibu hamil boleh? Untuk memenuhi keinginan ini kadang-kadang ibu hamil ingin mengonsumsi makanan instan seperti mie instan. Lalu  Simak terus ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Suka Mie Ayam, Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam?

Mengonsumsi Mie Instan Selama Hamil

Sebuah pertanyaan apakah aman untuk makan mie instan selama kehamilan salah satu pertanyaan yang sering muncul. Ternyata mie instan tidak baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan tidak sehat. Setidaknya ibu hamil makan mie instan seminggu sekali atau sebulan sekali.

Makan mie instan dalam jumlah sedang tidak akan membahayakan. Ini akan menjadi berbahaya jika ibu hamil memakannya secara terus menerus. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Moms harus menghindari mie instan selama hamil:

Nutrisi

Apakah Mie Instan Boleh untuk Ibu Hamil
Apakah Mie Instan Boleh untuk Ibu Hamil

Meskipun mie instan lebih dari memuaskan selera dan bisa menahan rasa lapar lebih baik, mie instan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu dan bayi. Mie instan adalah makanan yang tidak mengandung vitamin, mineral, dan protein. Jika Moms mengonsumsi makanan ini berarti si kecil juga akan kehilangan nutrisi.

Sodium

Mie instan mengandung banyak sodium yang tidak baik untuk ibu hamil. Ini dapat memperburuk gejala kehamilan sampai batas tertentu.

Maida

Sebagian besar mie instan yang dijual di masyarakat mengandung maida dalam jumlah besar. Kandungan ini tidak mudah dicerna dan tidak menambah nilai gizi. Pilihlah mie yang tidak mengandung bahan ini.

MSG

MSG atau Monosodium Glutamate ditambahkan untuk meningkatkan daya simpan mie serta untuk meningkatkan rasa mie. MSG dalam jumlah besar dapat berbahaya selama kehamilan sehingga Moms harus membatasi konsumsi mie instan (dan makanan apa pun yang mengandung MSG).

BACA JUGA: Enak dan Manis, Tapi Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

TBHQ

TBHQ atau Tertiary Butylhydroquinone adalah turunan petroleum sintetis yang beracun dan kadang digunakan sebagai pengawet oleh beberapa produk mie instan. Bahan kimia ini juga digunakan di industri lain seperti cat, kosmetik dan pestisida. 

Melihat hal ini Moms dapat memahami betapa berbahayanya TBHQ bagi ibu hamil dan bayi. Meskipun mungkin tidak membahayakan kandungan jika asupannya dalam jumlah kecil dan tidak berlebihan, tetapi pasti tetap berdampak negatif.

Olahan Mie Instan yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Jika Moms benar-benar menginginkan mie instan, Moms dapat makan semangkuk mie instan atau ramen untuk ibu hamil tapi diolah dengan cara yang lebih sehat. Moms bisa tambahkan sedikit sayuran segar seperti kacang, kembang kol, wortel, jamur, kacang polong, bawang, tomat, dan lain-lain. 

Moms juga dapat mengurangi porsi penyedap rasa yang ada pada mie instan. Gunakan hanya setengah porsi penyedap yang disediakan dalam kemasan. Jika Moms masih khawatir dengan bahaya bumbu mie instan, Moms bisa ganti dengan bumbu rumahan seperti garam dan gula.

Pola makan dan gaya hidup sangat mempengaruhi bayi yang tumbuh di dalam kandungan. Selalu ingat bahwa pada akhirnya, mie adalah junk food dan lebih baik dihindari untuk kesehatan Moms dan bayi. Konsumsi makanan segar untuk ibu hamil.

Jadi, jika Moms tergoda untuk makan semangkuk mie instan secara terus menerus, ingatlah bahwa mie instan diproses dan tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Moms tetap bisa mengonsumsi mie instan asalkan tetap dalam taraf wajar dan sesuai dengan anjuran dokter kandungan.

Ulasan di atas sudah bisa menjawab pertanyaan apakah mie instan ibu hamil boleh. Jika Moms ada pertanyaan lain, Moms bisa tulis di bagian komentar di bawah dan share ulasan ini ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: