Alpukat adalah salah satu buah yang bisa diolah menjadi berbagai macam makan mulai dari makanan manis hingga asin. Rasa alpukat yang gurih secara natural membuat alpukat banyak digemari. Selain karena rasanya, alpukat juga dikenal mempunyai banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya. Manfaat alpukat untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga membantu mencegah serangan jantung. Ada banyak jenis alpukat yang biasa dijual di pasar salah satunya adalah alpukat wina. 

Keunggulan Alpukat Wina

Alpukat wina adalah salah satu jenis alpukat dengan ukuran super jumbo. Berat alpukat jenis ini bisa mencapai 2 kg untuk setiap buahnya. Dibanding dengan alpukat jenis lainnya, alpukat ini mempunyai kulit yang hijau mengkilap dan tebal. Alpukat jenis ini mempunyai daging buah berwarna kuning, tebal, pulen, dan rasanya gurih sedikit manis. 

Memilih alpukat yang baik memang cukup tricky. Tidak sedikit buah alpukat yang terlihat bagus di luarnya namun ternyata bagian dalam penuh dengan ulat ataupun serat-serat. Belum lagi ada pula alpukat yang rasanya getir, berair, dan tidak gurih. Agar tidak keliru, berikut ini adalah beberapa tips mudah memilih alpukat yang bagus. 

BACA JUGA: Ini yang Membedakan Alpukat Mentega dengan Alpukat Biasa

Lihat Pada Bagian Batang

Alpukat Wina
Alpukat Wina

Salah satu cara melihat apakah alpukat mempunyai kualitas yang bagus atau tidak adalah dengan melihat bagian batangnya. Tarik bagian batang alpukat untuk melihat apakah buah yang dibeli mempunyai rasa yang creamy dan tidak ada bercak coklat di dalamnya. Bila bagian bawang batang alpukat berwarna hijau, berarti alpukat sudah pas matangnya. Namun bila bagian bawang batang berwarna coklat, berarti alpukat sudah terlalu matang. Sebaliknya bila bagian batang tidak bisa dipotong, alpukat masih belum matang dan bisa diperam terlebih dahulu.

Lihat Warna Alpukat

Tingkat kematangan buah alpukat bisa dilihat dari warna kulitnya. Alpukat yang sudah matang cenderung berwarna hijau tua dan agak coklat. Kulit yang berwarna gelap ini menandakan bila buah alpukat mempunyai tingkat kematangan yang pas dan siap dikonsumsi. Selain itu, pilih juga alpukat dengan permukaan kulit yang halus dan mengkilat. Hindari memilih alpukat yang terlihat bergerindil, berlubang, atau berserat karena biasanya bagian dalamnya kurang bagus. 

Rasakan Tekstur Alpukat

Alpukat yang sudah matang atau belum juga bisa dilihat dari teksturnya. Alpukat yang sudah matang mempunyai tekstur yang lembut dan empuk. Moms bisa menekan alpukat dengan lembut untuk melihat teksturnya apakah sudah matang atau belum. Cek tekstur pada seluruh bagian alpukat untuk melihat apakah kematangannya sudah merata atau belum. Alpukat yang sudah matang tidak meninggalkan bekas lekukan ketika ditekan, namun alpukat yang sudah busuk atau terlalu matang akan terasa sangat lembek. Hindari memilih alpukat yang memar karena terjatuh karena akan membuat alpukat menjadi empuk tapi sebenarnya masih belum matang. 

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Konsumsi Alpukat untuk Diet

Biji Terlepas

Biji alpukat yang sudah matang biasanya terlepas dari daging buahnya, sehingga menimbulkan suara bila digoyangkan. Jangan ragu untuk menggoyangkan alpukat ketika membeli untuk memastikan bila alpukat sudah tua dan matang. Alpukat yang masih muda biasanya tidak menimbulkan suara ketika digoyangkan karena bijinya masih menempel. 

Berat Alpukat

Alpukat yang sudah matang mempunyai berat massa yang lebih ringan dibanding dengan alpukat yang masih mentah. Moms bisa membandingkan massa alpukat yang masih mentah dan matang dengan menggunakan dan melihat mana yang lebih ringan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: