Alpukat adalah salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Secara umum, ada banyak jenis alpukat yang tersedia di pasaran, salah satu yang paling banyak dicari adalah alpukat mentega. Dibanding dengan jenis lain, jenis ini memang lebih banyak digemari karena mempunyai rasa yang lebih lezat. Banyak orang mengkonsumsi buah yang satu ini karena manfaat alpukat yang tidak sedikit. 

Apa yang Membedakan Alpukat Mentega?

Salah satu hal yang membuat orang tertarik dengan alpukat jenis ini adalah karena embel-embel ‘alpukat’. Sesuatu yang diasosiasikan dengan mentega biasanya mempunyai rasa yang lembut, creamy, dan gurih. Alpukat mentega ini tidak diberi nama demikian bila rasanya tidak mencerminkan namanya. 

Jenis ini mempunyai rasa yang lebih creamy, manis, dan juga gurih dibanding dengan alpukat jenis lain. Selain rasa, berikut ini adalah beberapa hal yang membedakan alpukat jenis mentega dengan alpukat jenis lain. 

BACA JUGA: Benarkah Beras Merah Mengandung Vitamin untuk Kecantikan?

Kulit Permukaan yang Halus

Alpukat Mentega
Alpukat Mentega

Membedakan alpukat dari sisi luarnya memang bukan hal yang mudah. Namun alpukat mentega mempunyai permukaan yang halus dan mulus. Penampakan kulit alpukat yang halus dan mulus menandakan bila bagian dalamnya juga bagus. Kulit yang mulus juga mengindikasikan bila daging buah alpukat bagus, tidak berserat, dan juga tidak ada ulat di dalamnya. Bila moms ingin membeli alpukat, sebaiknya pilih alpukat yang bagian kulitnya halus, mulus, dan tidak ada bekas goresan. 

Biji Tidak Menempel Saat Matang

Salah satu cara untuk melihat bila buah alpukat sudah matang atau belum adalah dengan melihat bagian bijinya. Biji alpukat jenis mentega yang sudah matang biasanya tidak menempel pada bagian daging buahnya. Biji yang terlepas dari dagingnya ini juga menjadi tanda bila alpukat matang dengan baik dari pohon dan bukan karbitan. Bila moms ingin membeli alpukat, jangan ragu untuk menggoyang-goyangkan buahnya untuk mengetahui bila bijinya sudah terlepas atau belum. 

Daging Alpukat Lebih Tebal 

Namanya memang diberikan karena daging buah alpukat ini cenderung lebih tebal. Dibanding dengan jenis lain, alpukat jenis mentega ini daging buahnya lebih tebal dengan tekstur yang lebih lembut dan creamy seperti mentega. Selain itu, salah satu keunggulannya adalah daging buah yang tidak berserat. Warna daging buah alpukat jenis mentega ini juga lebih kuning dengan pinggiran yang hijau seperti warna mentega. 

BACA JUGA: Yuk, Bikin Variasi Menu MPASI Alpukat yang Mudah untuk Si Kecil

Warna Kulit Kecoklatan

Kulit alpukat jenis mentega yang masih mentah biasanya hijau mengkilap dan halus. Namun setelah matang, kulit alpukat akan berubah warna menjadi kecoklatan. Selain itu permukaan alpukat juga menjadi sedikit lunak bila ditekan namun tidak sampai hancur. Alpukat yang masih hijau perlu diperam selama 1-2 hari di tempat yang sedikit hangat agar bisa matang dengan sempurna. 

Alpukat jenis ini mempunyai rasa yang lebih enak dibanding dengan buah alpukat lain. Bahkan alpukat jenis ini bisa langsung dimakan tanpa campuran gula atau bahan lain. Alpukat memang mempunyai banyak manfaat kesehatan, namun sebaiknya buah ini dikonsumsi tanpa campuran bahan-bahan lain ataupun tanpa diolah terlebih dahulu. Dengan begitu kandungan nutrisi pada alpukat tetap terjaga dan tidak rusak. 

Selain untuk kesehatan, alpukat juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk perawatan kulit dan rambut karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Buah yang satu ini bisa digunakan sebagai masker wajah dan rambut serta perawatan yang lain.

Leave a Comment

%d bloggers like this: