Orang tua mana yang tidak ingin memiliki si kecil cerdas? Berbagai cara dilakukan agar si kecil memiliki perkembangan otak yang baik salah satunya dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi yang baik bagi perkembangan otak si kecil terdapat dalam beberapa jenis makanan. Moms bisa memperoleh makanan untuk perkembangan otak dengan mudah.

Selain pertumbuhan, asupan makanan juga mempengaruhi daya ingat, konsentrasi, hingga kemampuan berpikir si kecil. Itulah kenapa para orang tua harus memberikan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Apa saja makanan yang baik untuk perkembangan otak si kecil? Nah, berikut informasi selengkapnya Moms. 

1. Salmon

Makanan yang pertama adalah ikan salmon. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon berperan sangat baik untuk perkembangan kognitif serta untuk meningkatkan daya ingat. Inilah sebabnya pemberian ikan salmon sangat dianjurkan untuk si kecil.

2. Telur

Selain mengandung protein dan sejumlah nutrisi lain yang baik untuk membantu dalam meningkatkan konsentrasi, telur juga mengandung kolin. Nutrisi kolin ini sangat baik dalam membantu perkembangan daya ingat si kecil. Namun, perlu Moms ketahui saat memasak telur untuk si kecil pastikan benar-benar matang supaya bakteri yang terkandung didalamnya mati.

3. Buah Beri

Buah dari keluarga beri ini memiliki banyak nutrisi penting yang baik untuk perkembangan otak seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan lainnya. Menurut penelitian, mengonsumsi buah strawberry dan blueberry mampu memperbaiki fungsi daya ingat otak. Oleh karena itu, kedua buah ini bisa meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil.

Manfaat besar buah beri tidak hanya ada pada dagingnya melainkan biji buahnya juga. Terdapat kandungan asam lemak omega 3 pada biji buah beri yang telah terkenal sebagai nutrisi penting dalam dalam perkembangan kecerdasan si kecil.

Buah beri juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh seperti membantu untuk mengurangi stres. Selain itu, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kanker.

4. Kacang merah

Jenis makanan untuk perkembangan otak berikutnya adalah kacang merah yang mengandung asam lemak omega-3. Seperti yang kita ketahui bahwa asam lemak omega-3 berperan sangat baik dalam perkembangan otak si kecil. Selain itu, makan kacang merah saat pagi hari bisa membantu membuat si kecil berpikir lebih baik seharian.

BACA JUGA: Menu MPASI 6 Bulan untuk Si Kecil

5. Susu dan Yoghurt

Susu dan Yoghurt memiliki kandungan vitamin D, vitamin B, serta protein penting dalam membantu perkembangan jaringan otak si kecil. Vitamin D yang terkandung dalam susu dan yoghurt juga dapat membantu untuk mendukung pertumbuhan si kecil.

6. Kubis dan Bayam

Makanan selanjutnya datang dari sayur-sayuran yaitu kubis dan bayam yang memiliki antioksidan baik untuk membantu perkembangan sel otak. Selain itu, kedua sayur ini memiliki kandungan asam folat yang dipercaya mampu membuat daya ingat si kecil lebih kuat. 

Tidak hanya kubis dan bayam, sayuran lainnya seperti brokoli, tomat, dan wortel juga sangat baik untuk dikonsumsi buah hati Moms.

7. Oatmeal

Jenis makanan yang dapat membantu perkembangan otak yang terakhir adalah oatmeal. Sarapan oatmeal di pagi hari memiliki manfaat sangat baik bagi si kecil untuk memulai aktivitas. Terdapat kandungan serat, kalium, zinc, vitamin B, serta vitamin E dalam oatmeal yang berfungsi baik untuk fungsi otak.

Sarapan dengan oatmeal cukup membuat buah hati merasa kenyang dan juga membantu untuk lebih baik dalam konsentrasi ketika belajar di sekolah.

Moms dapat menyajikan beragam makanan untuk perkembangan otak di atas ke dalam daftar menu sehari-hari dengan beragam olahan berbeda supaya si kecil tidak merasa bosan. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: