HalloMoms! Tahu nggak, sih? Ternyata selama masa kehamilan volume darah ibu akan naik hingga 40-60 persen, loh. Maka dari itu, Moms memerlukan makanan untuk ibu hamil. Hal ini bertujuan agar kebutuhan darah Moms dapat terpenuhi dengan baik dan tidak mengalami anemia.

Mengapa anemia sering terjadi selama masa kehamilan? Sebab, pada masa-masa kehamilan tubuh akan menghasilkan darah lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan si buah hati. Maka dari itu, jika Moms tidak memperoleh nutrisi yang mengandung zat besi dan nutrisi-nutrisi lain akan membuat tubuh Moms kekurangan suplai darah.

Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Mengingat kebutuhan darah pada saat kehamilan ini mengalami peningkatan, Moms perlu mengonsumsi sebanyak 30 mg zat besi setiap harinya. Sebisa mungkin makanlah sekitar tiga porsi makanan yang kaya akan zat besi setiap harinya. Kira-kira makanan penambah dara untuk ibu hamil yang mengandung zat besi apa saja? Berikut informasinya!

Hati dan Jeroan

Hati dan jeroan menjadi salah satu alternatif makanan tambahan darah yang dapat Moms konsumsi. Nah, dalam mengonsumsi makanan ini, Moms tidak perlu terlalu banyak. Sebab, kandungan zat besinya cukup tinggi loh, Moms. Agar kandungan zat besinya tidak hilang, Moms dapat merebus hati dan jeroan lalu mengkonsumsinya dengan sedikit garam dan lada.

BACA JUGA: Moms, Makanan untuk Hamil Muda yang Baik dan Sehat

Daging Merah

Selain hati dan jeroan, juga dapat mengonsumsi daging merah. Kandungan zat besi yang tinggi membuat daging merah menjadi salah satu makanan penambah darah untuk ibu hamil 8 bulan yang efektif. Namun, Moms tetap harus mengatur takaran konsumsinya. Moms dapat mengkonsumsi daging merah maksimal dua kali dalam seminggu.

Kacang Almond

Moms juga dapat mencoba untuk mengkonsumsi kacang almond. Dengan hanya mengkonsumsi kacang almond sekitar 1 ons, Moms dapat menambah sekitar 6 persen zat besi dalam tubuh. Nah, sebaiknya Moms mengkonsumsi kacang almond ini sedikit-sedikit secara terus menerus. Hal ini bertujuan agar zat besi yang diserap dapat maksimal.

Pisang

Siapa yang tidak mengenal pisang? Pisang banyak mengandung zat besi yang baik untuk membantu tubuh memproduksi darah. Pisang juga mengandung berbagai nutrisi lain, seperti kalium, vitamin, dan mineral. Moms dapat mengonsumsi pisang dengan menjadikannya sebagai jus buah penambah darah.

Roti gandum dan sereal

Kandungan zat besi yang ada di roti gandum dan sereal juga cukup tinggi loh, Moms. Kedua makanan ini dapat memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan zat besi dalam tubuh. Tak hanya itu, makanan ini juga bagus untuk diet yang sehat loh, Moms. Jadi Moms tidak perlu lagi menghitung nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Kacang Hijau

Siapa yang menyangka? Ternyata, kacang hijau juga kaya akan kandungan zat besi loh, Moms. Kandungan zat besi ini dapat meningkatkan kadar HB dan juga menambah pasokan darah dalam tubuh. Tak hanya itu, kacang hijau juga dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh dan membantu proses pembentukan sel.

BACA JUGA: Awas! Jangan Langgar Pantangan Makanan untuk Ibu Menyusui ini

Buah Delima

Buah delima juga bagus untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh loh, Moms. Kandungan zat besi pada buah ini juga dapat meningkatkan HB dalam tubuh. Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan vitamin, seperti vitamin A, C, dan E.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selama masa kehamilan volume darah ibu akan naik hingga 40-60 persen. Maka dari itu, Moms memerlukan makanan penambah darah untuk ibu hamil. Moms tidak ingin, kan kekurangan kebutuhan darah pada tubuh dan mengalami anemia?

Leave a Comment

%d bloggers like this: