Waktu si kecil mencoba makan padat adalah bagian yang menyenangkan bagi Moms dan bayi. Sangat menyenangkan ketika bayi ingin tahu tentang makanan. Biasanya, fase ini dimulai sekitar tanda enam bulan. Saat fase ini dimulai Moms bisa mencari contoh makanan MPASI untuk si kecil.

Pada masa ini sudah waktunya bagi Moms untuk mulai bereksperimen dengan makanan padat. Sebelum Moms memulai membuat makanan padat, pastikan si kecil bisa mengangkat kepalanya dan duduk tegak. Hal ini akan memudahkan bayi mencerna makanan yang masuk. Ingat ya Moms selalu awasi si kecil selama waktu makan.

BACA JUGA: Selain Sebagai Asupan Gizi, Ini 5 Manfaat Makanan MPASI Bagi si Kecil

Contoh Makanan MPASI Untuk Si Kecil

Moms tidak perlu bingung lagi mencari contoh makanan yang baik untuk buah hati. Berikut contoh makanan MPASI yang bisa didapat dengan mudah.

1. Bubur buah dan bubur sayuran

Saat bayi sudah berumur sekitar 6 bulan sudah saatnya diberikan makanan padat. Moms bisa mengawali dengan memberikan bubur buah yang dihaluskan, dan sayuran yang dihaluskan. Moms bisa mulai membiasakan si kecil dengan satu sendok bubur buah atau bubur sayuran terlebih dahulu secara bertahap. Makanan MPASI pertama buah dan bubur yang sering digunakan. 

Moms bisa mengolah buah yang dihaluskan atau disaring seperti pisang, pir, saus apel, persik, alpukat. Selain buah yang dihaluskan, Sayuran yang dihaluskan atau disaring seperti wortel, labu, dan ubi jalar juga bisa Moms berikan kepada si kecil. Sayur-sayur ini biasanya sayur untuk MPASI pertama.

2. Bubur campur

Jika mereka menikmati sajian bubur buah atau bubur sayuran, Moms bisa memberikan si kecil bubur dengan campuran buah dengan sayuran. Ingatlah untuk melanjutkan secara perlahan dan memperhatikan reaksi mereka. Bubur ini termasuk salah satu makanan MPASI favorit bayi 6 bulan.

3. Sereal dan oatmeal

Seperti yang diketahui banyak orang, selain ASI dan susu formula ibu dapat mulai menawarkan banyak makanan berbeda kepada bayi. Beberapa makanan pertama yang ditawarkan kepada bayi adalah sereal beras merah dan oatmeal. Bahan ini lembut jadi memungkinkan bayi bisa mengkonsumsinya dengan mudah.

BACA JUGA: Wajib Coba! Kreasi Menu MPASI Gurih untuk Bayi 7 Bulan

4. Produk olahan susu

Selain sereal beras merah dan juga oatmeal, beberapa contoh makanan MPASI lain yang bagus untuk si kecil. Di antaranya adalah produk olahan susu seperti keju dan yogurt tanpa pemanis. Jika Moms ingin memberikan si kecil menu makanan dari olahan susu tunggu hingga si kecil terbiasa dengan makanan padat ya Moms.

5. Produk yang mengandung protein

Selain keempat contoh makanan di atas Moms bisa memberikan si kecil makanan yang mengandung protein. Produk makanan yang mengandung protein murni seperti ayam, sapi, tahu atau ikan bagus dikonsumsi oleh bayi.

Contoh makanan di atas bisa dijadikan rekomendasikan makanan padat untuk si kecil. Moms harus bersabar saat memberi asupan makan untuk si kecil. Moms harus bisa menyesuaikan porsi makanan dan bahan dengan kebutuhan si kecil. Jumlah yang harus mereka konsumsi bervariasi berdasarkan pada apa yang mereka makan atau minum.

Kebahagiaan si kecil tentu jadi hal utama pastinya. Pastikan untuk mengamati reaksi si kecil ya Moms agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Moms bisa secara bertahap mengenalkan rasa dan tekstur baru ke dalam makanan mereka dan semoga contoh makanan MPASI di atas bisa dijadikan referensi yang bagus ya Moms.

Leave a Comment