Mengamati perkembangan bayi memang selalu menakjubkan, ya Moms? Meski sering kali banyak orang tua utamanya yang baru memiliki bayi merasa bingung bagaimana tahapan perkembangan dan ukuran bayi normal usia 0 – 6 bulan.

Untuk itu di sini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai perkembangan bayi di usia 0-6 bulan. Mulai dari perkembangan fungsi-fungsi tubuh sampai dengan ukuran bayi normal. Lebih lengkap seputar perkembangan bayi akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Tahap Perkembangan dan Ukuran Bayi Normal Usia 0-6 Bulan

Informasi seputar perkembangan organ-organ tubuh dan ukuran bayi normal usia 0-6  bulan sebaiknya benar-benar dipahami, Moms. Secara umum tahapan yang ada terbagi sebagai berikut.

Usia 1 Bulan

Tahap pertama adalah saat bayi baru lahir sampai dengan di usia 1 bulan. Pada tahap ini biasanya kemampuan bayi masih terbatas. Salah satu kemampuan umum yang dapat dilakukannya adalah mengangkat kepala. Selain itu pandangannya juga masih terbatas dan baru bisa membedakan pola hitam putih saja. 

Ukuran bayi di usia 1 bulan biasanya sekitar 3-4 cm lebih panjang dari pertama kali lahir. Sedangkan berat bayi akan bertambah secara berkala sebesar 30 gram. Pertumbuhan juga terlihat dari lingkar kepala yang bertambah sekian cm.

Usia 2 Bulan

Jika pada usia 1 bulan bayi hanya dapat membedakan objek hitam putih hal berbeda hadir dari bayi usia 2 bulan. Pada usia ini bayi sudah dapat mengarahkan pandangan pada objek yang dalam kondisi bergerak. Bahkan beberapa bayi sudah dapat menegakkan kepalanya dalam kondisi yang stabil.

Ukuran bayi di usia ini bertambah sekitar 2,5 cm dari usia bulan sebelumnya. Selain itu untuk beratnya bertambah kurang lebih 680 sampai dengan 910 gram di tiap bulan. 

BACA JUGA: Tahap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini 1-5 Tahun

Usia 3 Bulan

Perkembangan bayi usia 3 bulan menjadi lebih pesat lagi. Ia sudah mampu mengenali wajah serta aroma tubuh orang-orang di sekitarnya. Untuk perkembangan ukuran bayi di usia ini juga tak jauh beda dari usia 2 bulan, yaitu adanya penambahan ukuran 2,5 cm dibanding dengan ukuran bulan sebelumnya.

Usia 4 Bulan

Bayi mulai mengoceh di usia 4 bulan. Bahkan ada juga yang sudah memiliki kemampuan untuk meniru suara-suara sederhana yang dibuat oleh orang-orang terdekatnya. Pada usia inilah perkembangan badan bayi berkurang jika dibanding bulan sebelumnya, yaitu hanya sekitar 1,25 cm sampai dengan 2,5 cm.

Usia 5 Bulan

Pada usia 4 bulan sebenarnya bayi sudah mampu mengangkat tubuhnya sedikit (seperti gerakan push-up). Namun perkembangan sampai bayi mampu berguling biasanya hadir di usia 5 bulan. Ukuran tubuh bayi masih tak jauh beda dengan di usia 4 bulan, akan tetapi berat badan yang dimilikinya dapat meningkat drastis sampai 2 kali lipat.

Usia 6 Bulan

Di usia 6 bulan bayi sudah cukup peka terhadap suara. Bahkan kemampuan bergulingnya sudah meningkat menjadi dapat berguling ke dua arah. Untuk ukuran bayi sendiri masih sama dengan pada usia 4 dan 5 bulan, yaitu bertambah di kisaran angka 1,25 cm sampai dengan 2,5 cm.

Tahapan-tahapan dan ukuran bayi normal usia 0-6 bulan di atas adalah yang umum dilalui para bayi. Namun, biasanya memang terjadi tahapan perkembangan yang berbeda untuk tiap anak. Jadi apabila khawatir terhadap tumbuh kembang anak tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter anak, ya Moms.

Leave a Comment