Bagi ibu menyusui, asupan nutrisi dan gizi makanan wajib untuk diperhatikan demi kesehatan Moms dan si kecil. Salah satu makanan terbaik yang bermanfaat bagi ibu menyusui adalah buah kurma, dalam hal ini dalam bentuk sari kurma. 

Buah kurma dikenal memiliki banyak sekali nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi, mangan, magnesium, potasium, dan serat adalah sebagian kecil dari mineral yang terkandung dalam sari kurma terbaik. Mengkonsumsi sari kurma dapat membantu seluruh fungsi tubuh Moms berfungsi dengan baik. Yuk, cari tau manfaat sari kurma sangat penting agar Moms dapat memperoleh manfaat terbaik dari buah ini.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaat Vitamin K untuk Bayi yang Baru Lahir

Apa Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Menyusui?

Sari kurma tidak hanya memiliki manfaat sari kurma bagi anak, namun juga untuk ibu hamil dan menyusui, kandungan mineral dan vitamin yang ada dalam sari kurma memberi banyak manfaat bagi kesehatan Moms sebagai ibu menyusui. Berikut 7 manfaat sari kurma untuk Moms pertimbangkan:

1. Meningkatkan Produksi ASI

Sari kurma mengandung tryptophan yang memicu tubuh untuk memproduksi serotonin dan prolaktin yang berarti melimpahnya produksi ASI. Dengan ASI yang berlimpah dan bernutrisi dapat Moms pastikan bahwa asupan gizi si kecil tercukupi, jika tidak berlebih.

2. Bermanfaat Bagi Sistem Pencernaan Tubuh

Sari kurma mengandung serat yang tinggi sehingga baik bagi sistem pencernaan tubuh. Masalah dengan sembelit, akan segera hilang dengan mengkonsumsi sari kurma. Kondisi ini juga membawa pengaruh besar terhadap kesehatan usus besar. Serat juga berguna untuk menjaga kadar gula darah tubuh ya Moms.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sari kurma mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Hal ini tentunya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Bagi ibu menyusui, memiliki tubuh yang sehat adalah wajib demi si buah hati.

BACA JUGA: Yuk Kenali Penyebab dan Gejala Mastitis, Kendala Para Ibu Menyusui

Kandungan antioksidan yang ada di dalam sari kurma, antara lain:

  • Carotenoid berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung.
  • Flavonoid berguna untuk mengurangi radang serta berpotensi untuk mencegah resiko diabetes.
  • Asam Fenolik berfungsi untuk mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung.

4. Mengurangi Resiko Kurang Darah (Anemia)

Menjadi ibu menyusui, tentunya memaksa Moms untuk sering begadang karena harus memenuhi asupan ASI si kecil. Kelelahan dan kurang tidur dapat menyebabkan Moms mudah terserang anemia. Anemia sendiri adalah kondisi di mana produksi hemoglobin dalam tubuh menurun.

Manfaat sari kurma bagi ibu menyusui sangat besar karena sari kurma mengandung banyak vitamin B. Kandungan ini akan membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah sehingga Moms tidak lagi mengalami anemia.

BACA JUGA: Proses Menyusui Lancar, Ini 7 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

5. Meningkatkan Energi Ibu Menyusui

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil dan menyusui adalah menyediakan sumber energy yang cukup Energi adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui karena tugasnya yang berat, terutama pasca melahirkan.

Mengonsumsi sari kurma madu dapat membantu Moms untuk meningkatkan energi tubuh. Kandungan gula alami dalam sari kurma seperti fruktosa, sukrosa dan glukosa merupakan sumber utama untuk membentuk energi yang Moms butuhkan.

6. Menguatkan Tulang dan Baik untuk Persendian

Sari kurma merupakan salah satu sumber kalsium yang sangat bermanfaat pada kesehatan tulang. Sari kurma juga kaya akan vitamin K, A dan B6 yang berperan pada pembentukan tulang yang sehat dan kuat.

7. Pemanis Alami

Untuk para Moms yang sedang menyusui. Asupan makanan wajib untuk diperhatikan, termasuk asupan gula. Sari kurma merupakan sumber pemanis alami yang sehat dan enak untuk Moms konsumsi.

Semoga 7 manfaat sari kurma bagi ibu menyusui di atas memberi manfaat buat keseharian Moms sebagai ibu menyusui. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sari kurma secara rutin untuk hasil terbaik ya, Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: