HalloMoms. Saat mengandung, Moms tentu membutuhkan nutrisi yang lengkap demi  kesehatan janin, ya. Moms membutuhkan berbagai kandungan vitamin, seperti vitamin A, B, C, E, dan pastinya vitamin K. Manfaat vitamin K bagi ibu hamil juga sangat banyak loh, Moms. Peranannya pun hampir mirip dengan vitamin E.

Vitamin K sendiri tergolong sebagai golongan vitamin yang mudah larut dalam lemak. Pada saat hamil, vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan sel darah baru. Tak hanya itu, vitamin K juga memiliki beberapa manfaat lain, loh. Kira-kira, apa manfaat dari vitamin K ini?

BACA JUGA: 7 Vitamin untuk Anak yang Susah Makan, Dijamin Langsung Lahap!

Manfaat Vitamin K bagi Ibu Hamil

Vitamin K ini sangat bermanfaat untuk mencegah pendarahan yang berlebihan dan membantu meningkatkan dalam proses pembekuan darah. Tak hanya itu, vitamin K juga dapat membantu proses pengobatan kondisi osteoporosis atau kehilangan tulang akibat steroid loh, Moms.

Pada dasarnya, pada saat hamil ataupun tidak, vitamin K sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat memasuki trimester ketiga, kandungan vitamin K akan sangat berperan dalam membantu proses pemulihan. Kekurangan vitamin K juga bukan hal yang sepele, Moms.

Moms akan mengalami gangguan kolestasis kehamilan yang ditandai dengan berkurang cairan empedu. Umumnya, kondisi ini akan memengaruhi produksi hormon pada tubuh Moms yang sudah memasuki trimester ketiga. Akibatnya, Moms akan merasa mudah lelah, depresi, dan kehilangan nafsu makan. Dari mana memperoleh vitamin K ini?

Sumber Vitamin K

Pada saat Moms menerapkan hidup diet yang seimbang, sebenarnya kebutuhan vitamin K dalam tubuh Moms sudah terpenuhi. Namun, jika dirasa kebutuhan vitamin K Moms masih kurang, Moms dapat mengonsumsi beberapa sumber vitamin K berikut:

  •         Bayam
  •         Sawi
  •         Kubis
  •         Keju
  •         Yogurt
  •         Susu
  •         Daging
  •         Semua jenis sayuran hijau

Vitamin K yang terkandung dalam bahan-bahan di atas tidak akan berkurang akibat proses memasak. Nah, jika kandungan vitamin K dalam tubuh Moms masih juga berkurang, Moms dapat mecoba untuk mengonsumsi obat vitamin K. Misalnya, Vitadion, Prohem, dan Vitka Infant. Namun, penggunaan suplemen ini tentu harus sesuai dengan saran dokter ya, Moms.

BACA JUGA: Ingin Moms dan Janin sehat? Cobalah Diet Sehat Ibu Hamil Ini!

Cara Mengonsumsi Vitamin K yang Benar

Umumnya, suplemen vitamin K ini dikonsumsi sesudah atau sebelum makan. Kandungan vitamin K yang ada pada suplemen ini akan diserap oleh tubuh bersamaan dengan kandungan lemak yang ada pada makanan. Pemberian suplemen vitamin K juga tidak boleh sembarangan.

Umumnya, kandungan vitamin K yang boleh dikonsumsi orang dewasa berkisar antara 10-40 mg per hari. Jika ingin lebih aman, Moms dapat berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini. Mengapa? Karena penentuan kadar suplemen vitamin K yang Moms konsumsi biasanya akan disesuaikan dengan kadar defisiensi yang Moms derita.

Nah, jika Moms lupa mengonsumsi suplemen ini, Moms dapat segera mengonsumsinya. Namun, disarankan jeda mengonsumsi suplemen tersebut tidak terlalu dekat dengan jadwal mengonsumsi suplemen selanjutnya. Jika jadwalnya berdekatan, Moms dapat mengabaikannya dan tetap mengonsumsi suplemen sesuai dengan dosis yang disarankan dokter.

Vitamin K menjadi salah satu nutrisi yang harus dipenuhi saat Moms mengandung. Hal ini disebabkan lantaran manfaat vitamin K bagi ibu hamil ini sangat banyak. Moms dapat memperoleh kandungan vitamin K ini dari berbagai sumber makanan.

Namun, jika kandungan vitamin K dalam tubuh Moms dirasa masih kurang, Moms dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin K. Dengan begitu, manfaat vitamin K dapat Moms rasakan dengan optimal. Namun ingat, saat mengonsumsi suplemen ini harus sesuai dengan saran dokter ya, Moms.

Leave a Comment