Apakah Moms sering mengalami kesemutan baik saat melakukan aktivitas atau sedang beristirahat santai? Kesemutan adalah satu kondisi dimana tubuh Moms menjadi lebih tegang dan juga keras. Terkadang, rasa sakit seperti ditusuk tusuk Moms rasakan saat mengalami kesemutan. Kesemutan bisa terjadi pada siapa saja, bisa sebentar maupun lama. Namun, Moms tahu tidak apa Penyebab Sering Kesemutan?  

Penyebab Sering Kesemutan Ternyata Penyakit 

Dalam istilah medis, kesemutan dikenal sebagai parestesia.  Normalnya, saat Moms mengalami kesemutan hanya berlangsung sebentar dan tidak terlalu sering. Namun jika Moms mengalami kaki sering kesemutan dan pegal maka bisa saja kesemutan mengindikasikan berbagai penyakit lain. 

Bagi Moms yang sering mengalami kesemutan baik di tangan, kaki maupun anggota tubuh lainnya yuk cari tahu penyebabnya. Berikut ini adalah penyakit yang sering menyebabkan kesemutan.

Baca Juga : Tanda Tanda Hamil Awal yang Jarang Disadari

1. Gagal Ginjal

Moms sering mengalami kesemutan dan mencari tahu seluruh badan kesemutan gejala penyakit apa sih? Salah satu penyakit yang menyebabkan seseorang sering kesemutan ialah Gagal Ginjal. Penyakit ini bisa menyebabkan kesemutan dan rasa sakit di beberapa bagian tubuh dan otot terutama di bagian tungkai kaki. Moms bisa memeriksakan diri ke dokter dan melakukan tes neurologis electromyography untuk mengetahui apakah kesemutan yang Moms alami merupakan indikasi Moms terkena penyakit ginjal.

2. Diabetes

Penyakit penyebab kesemutan selanjutnya ialah Diabetes, penderita diabetes ini biasanya mengalami kesemutan di tangan serta kaki.  Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh seseorang sangat tinggi. Gejala dari penyakit ini diantaranya ialah sulit buang air kecil, mulut kering hingga sering merasa gatal. Mulai sekarang Moms harus menjalankan gaya hidup yang sehat agar bisa terhindari dari penyakit ini ya Moms!

3. Kekurangan Vitamin

Tubuh kita memang harus diberikan nutrisi dan gizi yang cukup, termasuk vitamin. Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin bisa menyebabkan berbagai penyakit dan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Salah satunya ialah jika tubuh Moms mengalami kekurangan Vitamin B yang akan menyebabkan Moms sering kesemutan. Tentu Moms ingin tubuh tetap sehat dan terhindar dari kesemutan berkepanjangan bukan? Moms harus mengonsumsi buah untuk kesemutan yang mengandung banyak vitamin. 

4. Infeksi

Jika Moms mengalami kesemutan seluruh badan bisa jadi salah satu penyebabnya adalah Infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Infeksi ini bisa membuat radang pada saraf dan membuat Moms mengalami kesemutan. Jika Moms mengalami infeksi pada bagian luar tubuh, Moms bisa mengobatinya dengan alkohol. Namun, jika setelah diobati Moms masih sering mengalami kesemutan, Moms harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. 

5. Saraf Terjepit

Kesemutan Saraf Terjepit adalah satu kondisi yang bisa menyebabkan tubuh Moms mengalami pembengkakan. Saat saraf terjepit, maka Moms bisa mengalami rasa linu dan nyeri yang mengganggu. Saat Moms mengalami kondisi ini, sebaiknya Moms beristirahat dan melakukan terapi fisik jika kesemutan terus berlangsung. 

Itulah berbagai penyakit yang ternyata bisa menyebabkan kesemutan baik di tangan, kaki dan seluruh tubuh. Moms tidak boleh menganggap bahwa kesemutan adalah hal yang biasa, apalagi jika jangka waktu Moms mengalami kesemutan cukup lama dan mengganggu.

Bagaimana Moms? Sekarang Moms sudah mengetahui apa penyebab sering kesemutan yang mengganggu aktivitas Moms? Jangan lupa untuk terapkan gaya hidup sehat sehingga Moms bisa terhindar dari berbagai penyakit dan mengalami kesemutan berkepanjangan. Jika memang sering mengalami kesemutan ada baiknya segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Leave a Comment