Tinnitus merupakan suatu kondisi dimana dari dalam telinga terasa muncul suara abnormal seperti berdenging atau seperti suara bising mesin. Hal ini masih terbilang wajar apabila suara dengingannya bisa hilang dalam waktu sebentar. orang yang mengalami tinnitus biasanya akan merasakan suara dengung yang dapat mengganggu konsentrasi dan kesulitan untuk tidur atau yang lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan depresi. Telinga berdenging kiri dan kanan akan semakin jelas apabila berada di tempat yang hening atau pada saat tidur. Ada 2 macam jenis tinitus yang perlu Moms ketahui yaitu tinnitus subjektif dan tinnitus objektif.

Pada tinitus subjektif merupakan kondisi telinga berdenging kiri dan kanan yang suaranya hanya bisa didengar oleh Moms sendiri. Hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor dari telinga dalam, tengah maupun luar. Selain itu, faktor lainnya juga bisa disebabkan oleh masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak yang menerjemahkan sinyal suara.

Berbeda dengan kasus tinnitus objektif yang merupakan suatu kondisi dimana suara bisa didengar pada saat dokter memeriksanya. Jika hal tersebut terjadi maka penyebabnya bisa dipastikan karena adanya masalah pada tulang telinga, pembuluh darah atau kontraksi otot. Meskipun jenis gangguan yang satu ini terbilang masih langka namun tidak ada salahnya Moms untuk selalu waspada.

BACA JUGA: Telinga Berdenging Sebelah Kiri Artinya Apa, Moms? Simak Penjelasannya

Bagi Moms yang belum mengetahui arti telinga berdenging, mari kita lihat penjelasannya di bawah ini. 

Telinga berdenging kiri dan kanan menjadi gejala awal terjadinya sumbatan dalam telinga, cedera telinga hingga adanya gangguan pada sistem peredaran darah. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab telinga berdenging.

Infeksi Telinga 

Telinga Berdenging Kiri
Telinga Berdenging Kiri

Arti telinga berdenging sebelah kanan dan kiri bisa saja dikarenakan adanya infeksi pada telinga atau biasa disebut dengan otitis media. Telinga berdenging akan menghilang apabila kondisi infeksi juga mulai sembuh. Untuk mengobati infeksi pada telinga kiri maupun kanan sebaiknya dilakukan oleh dokter ya Moms agar bisa mendapatkan penanganan yang terbaik, 

Terlalu Lama Mendengar Suara Bising

Ada banyak kasus arti telinga berdenging sebelah kanan dan kiri yang disebabkan oleh gangguan pendengaran yang diakibatkan oleh suara bising. Bila telinga manusia terlalu lama terkena paparan suara bising maka dapat mengakibatkan kerusakan pada organ telinga dalam. Hal ini sering terjadi pada pekerjaan seperti musisi, pilot atau kuli bangunan.

Maka tidak heran bila kita melihat penyanyi atau pilot yang menggunakan penutup telinga supaya menghindari paparan suara bising dari lingkungan sekitar tempat mereka bekerja. Meskipun suaranya hanya terdengar sekali saja tetap bisa membuat telinga berdenging kiri dan kanan seperti contohnya suara ledakan bom. 

Adanya Sumbatan Kotoran di Dalam Telinga

Telinga menjadi salah satu bagian indera yang harus dijaga kebersihannya. Jika telinga kotor maka dikhawatirkan akan terjadi sumbatan kotoran telinga yang dapat menyebabkan iritasi di gendang telinga. Inilah yang bisa menjadi faktor terjadinya telinga berdenging. Maka sangat disarankan untuk membersihkan telinga ya Moms. 

BACA JUGA: Telinga Berdenging Terus? Yuk Moms Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Arti telinga berdenging bisa saja karena adanya riwayat penyakit tertentu seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, tumor jinak hingga gangguan pada saraf atau tulang pendengaran. Jika mengalami kondisi seperti ini ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter THT. 

Faktor Usia

Tahukah Moms ternyata faktor usia juga dapat membuat kondisi telinga berdenging kiri dan kanan. Kondisi ini disebut dengan presbikusis yang merupakan menurunnya kepekaan pada saraf pendengaran seiring dengan bertambahnya usia. Orang yang mengalami presbikusis biasanya berumur sekitar 60 tahun keatas dengan gejala salah satunya adalah telinga yang berdenging.

Leave a Comment

%d bloggers like this: