Tahap imunisasi pada bayi adalah lini masa atau waktu imunisasi yang wajib diberikan pada bayi. Memiliki bayi sama artinya Moms harus melakukan lebih banyak pengorbanan. Pengorbanan waktu dan tenaga untuk memastikan kesehatan bayi Moms terjamin.

Salah satunya adalah dengan memberikan bayi Moms imunisasi. Dari sekian banyaknya imunisasi, jangan sampai Moms tidak tahu kapan diberikannya. Pada akhirnya, Moms harus tahu kapan jadwal-jadwal imunisasi tersebut.

BACA JUGA: Kenali Lebih Jauh, Ini Manfaat dan Tahapan Imunisasi Campak

Tahap-Tahap Imunisasi Untuk Bayi

Karena imunisasi bayi dan anak itu penting, maka Moms harus tahu jadwal-jadwalnya. Berikut ini adalah urutan pemberian imunisasi pada bayi baru lahir sampai usia dua tahun.

  • Baru Lahir

Jadwal imunisasi bayi di Puskesmas juga akan disebutkan untuk bayi yang baru saja lahir. Tentunya, Moms harus mengingat dan mencatat jika perlu. Sebab bisa dikatakan imunisasi pada masa-masa ini sangatlah penting.

Pada usia bayi ini Moms harus memberikan beberapa imunisasi sekaligus. Diantaranya ada imunisasi BCG, Polio-0, dan Hepatitis B1.

  • Usia 2 Bulan

Usia selanjutnya adalah imunisasi bayi 1 bulan sampai 2 bulan. Pada usia ini juga ada beberapa imunisasi sekaligus yang harus Moms ikutkan.

Imunisasi yang paling wajib adalah imunisasi Polio 1. Namun, imunisasi selain ini juga cukup penting Moms. Antara lain ada imunisasi Rotavirus 1, PCV 1, Hib 1, DTP 1, dan Hepatitis B2.

  • Usia 4 Bulan

Imunisasi terus dilanjutkan hingga usia bayi 2 tahun. Namun ketika memasuki usia 4 bulan, juga ada lagi imunisasi.

Moms harus ikutkan si kecil mengikuti imunisasi Polio 3 beserta imunisasi lain. Yang mana berupa imunisasi Hepatitis B4, Rotavirus 2, PCV 2, Hib 3, DPT 3, dan Hepatitis B4.

  • Usia 6 Bulan
Tahap Imunisasi Pada Bayi
Tahap Imunisasi Pada Bayi

Hanya ada tiga jenis imunisasi saja di usia bayi ini Moms. Bahkan tidak ada jadwal imunisasi polio pada usia ini.

Namun, tetap jangan lewatkan imunisasi-imunisasi berikut ini Moms. Imunisasi pada usia ini adalah imunisasi Influenza, Rotavirus 3, dan PCV 3.

  • Usia 9 Bulan

Di usia 9 bulan, bayi hanya diwajibkan mengikuti satu imunisasi. Nama dari jenis vaksin yang diberikan adalah imunisasi Campak 1.

  • Usia 1 Tahun

Masih belum ditemui imunisasi polio lagi pada usia menginjak dua belas bulan. Namun di usia ini Moms harus berikan bayi imunisasi Japanese encephalitis 1, PCV 4, dan Varisela.

BACA JUGA: Tahapan Imunisasi Lengkap Pada Anak Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

  • Usia 1,5 Tahun

Barulah pada usia satu setengah tahun atau delapan belas bulan, bayi kembali mengikuti imunisasi polio. Namun ingat Moms, imunisasi polio kali ini adalah imunisasi terakhir. Adalah imunisasi Polio 4 yang akan diberikan pada bayi.

Meski begitu tetap ada imunisasi lain yang akan diberikan pada bayi. Imunisasi tersebut diantaranya imunisasi Influenza, Campak 2, dan DTP 4.

  • Usia 2 Tahun

Usia dua puluh empat bulan adalah usia terakhir bayi diberikan imunisasi, imunisasi apapun itu. Tetap jangan remehkan imunisasi di usia ini Moms.

Mengapa demikian? Sebab sama pentingnya dengan imunisasi di usia-usia sebelumnya. Di usia ini bayi akan diberikan imunisasi Japanese encephalitis 2, Hepatitis A, dan Tifoid. 

Dengan demikian, Moms bisa simpulkan bahwa ada usia-usia tertentu bayi yang seharusnya diberi imunisasi polio. Bayi yang baru lahir akan diberi imunisasi polio.

Kemudian, pemberian imunisasi polio dilanjutkan saat menginjak usia 2 sampai 4 bulan. Terakhir adalah pada umur 18 bulan. Sama halnya dengan imunisasi lain seperti Influenza dan Campak, semua sudah ada jadwalnya di atas.

Pastikan Moms tidak terlambat saat memberikan imunisasi polio dan imunisasi-imunisasi lainnya. Supaya tidak terlambat, Moms bisa mencatat atau menghafalkan tahap imunisasi pada bayi di atas.

Leave a Comment

%d bloggers like this: