Apakah si kecil rewel dan susah minum susu? Jika si kecil mengalami gejala tersebut bisa jadi si kecil mengalami radang tenggorokan. Radang tenggorokan pada bayi mungkin akan membuat Moms khawatir, terlebih jika si kecil terus-menerus menangis dan merasa tidak nyaman. Agar radang tenggorokan anak bisa teratasi, Moms bisa memberikan obat pada si kecil.

Inilah Obat untuk Meredakan Radang Tenggorokan Pada Bayi

Jika si kecil terkena radang tenggorokan, maka si kecil akan merasa tidak nyaman. Hal inilah yang mengakibatkan si kecil rewel dan menangis secara terus menerus. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya Moms harus memberikan pengobatan yang tepat untuk si kecil. Pengobatan yang tepat akan membantu si kecil merasa lebih nyaman dan penyebab dari radang tenggorokan dapat segera hilang.

Pada dasarnya untuk mengobati radang tenggorokan, Moms harus mengetahui penyebab yang tepat dari radang tenggorokan yang dialami si kecil. Biasanya radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri ataupun virus yang sudah menginfeksi. Tapi, ternyata ada ada faktor pencetus lain yang mungkin menjadi penyebab si kecil terserang radang tenggorokan. Faktor pencetus ini misalnya, alergi debu atau mengkonsumsi makanan yang tercemar.

Ketika Moms sudah mengetahui penyebab dari radang tenggorokan yang dialami si kecil, Moms dapat memberikan pengobatan yang tepat. Jika radang tenggorokan pada si kecil disebabkan karena bakteri, Moms bisa memberikan antibiotik. Sedangkan jika penyebab radang tenggorokan adalah karena virus, maka radang tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya.

Beberapa Tips Epektif Saat Si Kecil Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan Pada Bayi

Meskipun Moms sudah mengetahui penyebab radang tenggorokan bayi, terkadang si kecil tetap terlihat rewel dan terus-menerus menangis. Nah, jika Moms khawatir dengan keadaan si kecil, Moms bisa memberikan perawatan sendiri di rumah agar si kecil tetap nyaman dan cepat sembuh dari radang tenggorokan pada bayi.

Ukur Suhu Tubuh dengan Termometer

Biasanya saat si kecil sedang terkena radang tenggorokan, si kecil akan mengalami demam. Untuk mengukur suhu tubuhnya, Moms bisa menggunakan termometer agar lebih akurat. Ukur suhu tubuh si kecil setiap 1 jam sekali untuk mengetahui perkembangan dari demam si kecil.

Berikan Paracetamol

Jika suhu tubuh si kecil lebih dari 380C, Moms bisa memberikan paracetamol untuk si kecil. Selain dapat menurunkan demam, paracetamol juga bisa meredakan rasa nyeri. Ada baiknya Moms memberikan paracetamol hanya selama 3 hari saja. Hal ini dikarenakan kelebihan paracetamol akan mempengaruhi organ hati.

Kompres untuk Meredakan Demam 

Demam yang dialami si kecil pastinya akan membuat si kecil merasa kurang nyaman dan menjadi lebih rewel. Selain memberikan paracetamol, Moms juga bisa mengompres anak menggunakan air hangat. Jika anak merasa kurang nyaman dengan kompresan, Moms bisa menggunakan plester kompres yang dijual di pasaran.

Berikan ASI Sesering Mungkin

ASI menjadi asupan nutrisi yang penting untuk bayi. Selain dapat memenuhi kebutuhan cairan, pemberian ASI saat si kecil sakit juga bisa menambah antibodi untuk melawan bakteri yang masuk. Jadi, berikan ASI sesering mungkin agar si kecil cepat sembuh ya Moms.

Oleskan Minyak Telon 

Minyak telon dapat menghangatkan tubuh si kecil. Aroma minyak telon juga dapat membantu melegakan pernapasan si kecil. Moms bisa mengoleskan dan memberikan pijatan lembut menggunakan minyak telon ke dada dan perut si kecil yang akan membantu meredakan radang tenggorokan bayi.

Meskipun banyak obat yang bisa menyembuhkan radang tenggorokan pada bayi, Moms harus tetap mengenali penyebabnya. Dengan cara di atas akan membantu Moms merawat si kecil agar si kecil tetap nyaman dan tidak rewel.

Leave a Comment

%d bloggers like this: