Apakah sekarang Moms sedang hamil? Apakah Moms pernah mengalami gejala sakit tenggorokan? Jika Moms pernah mengalami gejala tersebut, Moms bisa mengatasinya agar tidak mengganggu kehamilan. Nah, karena hamil tidak dianjurkan mengonsumsi obat-obatan bebas, Moms bisa mengatasi radang tenggorokan dengan berbagai perawatan di rumah. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan ibu hamil.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Ibu Hamil dengan Aman

Radang Tenggorokan Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan pastinya Moms akan berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Meskipun Moms sedang mengalami radang tenggorokan, ada baiknya Moms tidak mengkonsumsi sembarang obat dan segera berkonsultasi ke dokter. Agar tidak mempengaruhi janin yang Moms kandung dan radang tenggorokan dapat teratasi, Moms perlu melakukan hal di bawah ini.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Kebutuhan cairan saat hamil akan meningkat dibandingkan ketika Moms tidak hamil, begitu pula ketika Moms mengalami radang tenggorokan. Meskipun Moms mengalami kesulitan menelan, Moms tetap harus mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya.

Konsumsi air putih akan membantu tubuh Moms terhidrasi dengan baik, sehingga Moms tidak merasa lemas. Selain itu, konsumsi air putih akan membantu mengencerkan dahak di tenggorokan dan membantu melegakan tenggorokan.

Istirahat Cukup

Ketika Moms mengalami radang tenggorokan, tubuh Moms akan terasa lemas. Sinyal inilah yang perlu Moms perhatikan untuk segera beristirahat. Istirahat yang cukup juga akan mempercepat kesembuhan. Selain itu, ada baiknya Moms juga mengkonsumsi makanan bergizi dan suplemen pendukung agar mikroorganisme penyebab radang tenggorokan bisa teratasi.

Konsumsi Sup Hangat

Saat mengalami radang tenggorokan pastinya Moms akan mengalami rasa kurang nyaman ketika menelan makanan. Terlebih Moms akan kehilangan nafsu makan dan merasa tidak ingin makan meskipun yang tersaji adalah makanan kesukaan Moms.

Radang tenggorokan ibu hamil ini bisa Moms atasi dengan mengonsumsi sup hangat. Moms menambahkan aneka sayuran serta daging, sehingga dalam sekali santap Moms bisa langsung mendapatkan nutrisi dan cairan yang cukup. Dengan mengonsumsi sup dalam kondisi hangat akan membantu melegakan tenggorokan dan membuat masa penyembuhan semakin cepat.

Berkumur Menggunakan Air Garam

Air garam dapat berfungsi untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan. Moms bisa memanfaatkannya sebagai obat kumur yang aman untuk ibu hamil. Selain itu, air garam juga bisa membantu mengencerkan dahak, mengurangi pembengkakan, dan membunuh bakteri pada tenggorokan. Penggunaan air garam sebagai obat kumur inilah yang akan membantu melegakan tenggorokan.

Cara membuat air garam sebagai obat kumur sangatlah sederhana. Moms hanya perlu mencampur garam dengan takaran setengah sendok teh ke dalam segelas air putih. Untuk hasil yang maksimal, Moms harus menggunakannya sebagai obat kumur secara rutin, yaitu berkumur setiap 3 jam sekali. Dan 

Konsumsi Air Madu yang Dicampur Lemon

Lemahnya imunitas tubuh menjadi salah satu penyebab Moms terserang radang tenggorokan. Untuk mengatasinya, Moms perlu mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan yang akan membuat kekebalan tubuh semakin meningkat. 

Campuran antara madu dan lemon bisa menjadi perpaduan yang tepat. Madu dapat membantu menyembuhkan luka, sedangkan lemon dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan. Sehingga jika kedua bahan ini dicampur akan menghasilkan campuran yang tepat untuk mengatasi radang tenggorokan. Cara membuatnya cukup sederhana, Anda bisa masukkan lemon ke dalam air dan mencampurkannya dengan madu.

Meskipun sedang hamil dan Moms terkena radang tenggorokan, Moms tetap bisa mengatasinya dengan cara yang aman dan bisa dilakukan di rumah. Mencoba cara di atas menjadikan radang tenggorokan ibu hamil tidak menjadi masalah berat untukmu kan Moms?

Leave a Comment

%d bloggers like this: