Posisi tidur pasca caesar harus diketahui perempuan yang baru melahirkan melalui operasi. Karena posisi tidur yang benar dapat membuat luka cepat sembuh serta aman bagi organ. Sayang tidak semua kaum perempuan mengetahui cara tidur tersebut.

Maka dari itu, berikut akan dijelaskan posisi tidur pasca operasi caesar yang aman. Silakan disimak ya Moms, ini dia ulasannya:

1. Tidur Telentang

Cara tidur pasca caesar yang pertama ialah tidur telentang. Kiat ini aman karena goresan luka tetap mengatup rapat. Sehingga jahitan tertutup sempurna yang menyebabkan luka cepat sembuh.

Jadi jika ingin jahitan tidak lepas pasca Caesar tidur telentang saja ya Moms! Selain itu, gaya tidur semacam ini juga cepat nyenyak loh!

2. Posisi Badan dan Kepala Lebih Tinggi

Jika sehabis operasi Caesar pastikan tidur tidak sembarangan. Yang bagus ialah tidur dengan posisi badan dan kepala lebih tinggi. Dengan pola semacam ini bagian atas tubuh menekan luka sehingga jahitannya cepat merapat.

Kiat ini juga membuat tidur nyaman karena pernafasan lebih lancar dan tubuh rileks. Maka dari itu, jika sehabis Caesar tidur harus seperti ini ya Moms! Caranya tinggal mengganjal tubuh dengan bantal saja kok, mudah dan tidak merepotkan.

3. Tidur Menyamping

Posisi Tidur Pasca Caesar

Posisi tidur pasca caesar yang ketiga adalah tidur menyamping. Lebih bagus jika lutut ditekuk agar kulit jahitan di perut cepat menyatu.

Kalau bisa jangan menggunakan guling ya, Moms! Dikhawatirkan bisa menekan luka yang menyebabkan rasa nyeri luar biasa. Jadi tidur miring saja seperti biasa.

4. Tidur Telentang dengan Kaki Lebih Tinggi

Tidur telentang dengan kaki lebih tinggi bisa dicoba. Cara ini bisa menyembuhkan luka jahitan akibat Caesar dengan cepat. Akan tetapi jangan lakukan lama-lama karena bisa membuat kaku pada bagian leher.

Cara tidur semacam ini tidak hanya aman untuk luka pasca Caesar tetapi juga melancarkan sirkulasi darah di kaki. Jika Moms mengalami kaki bengkak pasca operasi tidur saja dengan gaya ini ya! Biasanya kaki bengkak dapat kembali normal.

BACA JUGA:Berbagai Penyebab Nyeri Setelah Operasi Caesar

5. Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap dianggap tidak aman untuk luka karena operasi Caesar. Sebab, ada penekanan pada area perut. Padahal ahli medis menganjurkannya loh Moms!

Menurut dokter pasca Caesar boleh tidur tengkurap dengan syarat posisi badan sejajar. Maka dari itu, gunakan bantal yang tidak tipis dan juga tidak terlalu tebal. Karena bantal semacam ini yang membuat badan rata di atas kasur.

6. Tidur dalam Posisi Duduk

Jika Moms takut terjadi sesuatu dengan jahitan di perut ketika tidur, tidur dalam posisi duduk solusinya. Memang tidak nyaman tetapi cukup aman bagi luka.

Gaya tidur semacam ini tidak membuat luka tertekan. Sehingga kesembuhannya lebih cepat. Moms juga tidak merasakan nyeri dan perih ketika tidur.

BACA JUGA: Apakah Berbahaya Hamil Setelah Operasi Caesar Dua Kali?

7. Tidur Menghadap ke Kiri

Posisi tidur yang baik pasca caesar selanjutnya adalah menghadap ke kiri. Ini tidak hanya melindungi sayatan dari tekanan tetapi juga melancarkan sirkulasi darah.

Jika Moms ingin bernafas lega saat tidur juga bisa menggunakan cara ini. Apalagi ketika turun ranjang tidak menimbulkan rasa nyeri di perut. Oleh sebab itu jangan lupa posisi ini ya Moms!

Sehabis melahirkan dengan operasi berhati-hatilah saat tidur. Karena di waktu itulah jahitan kadang terbuka yang membuat luka tidak kunjung sembuh. Maka dari itu, silakan terapkan posisi tidur pasca caesar yang dijelaskan di atas ya Moms! Semoga Moms bisa cepat sembuh dan dapat beraktivitas seperti biasa lagi.

Leave a Comment