Di dalam dunia medis, penyakit tipes dikenal dengan nama demam typhoid. Nama tersebut merupakan bahasa latin yang artinya adalah sebuah kondisi medis yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri tersebut banyak ditemukan di lingkungan yang kotor. Maka inilah yang menjadi salah satu alasan penyebab penyakit tipes. 

Bakteri juga bisa ditemukan di dalam kotoran dan air kemih si penderita. Bakteri yang sudah terkontaminasi oleh tubuh manusia ini akan langsung masuk ke saluran pencernaan dan bisa juga masuk ke dalam peredaran darah. Bakteri tersebut bisa sampai masuk ke dalam tubuh bisa dikarenakan si penderitanya tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan sehingga bakteri masuk bersamaan dengan makanan yang dimakan. 

Gejala selanjutnya diikuti dengan terjadinya peradangan pada usus halus dan usus besar. Usus halus terletak di antara lambung dan usus besar yang berguna sebagai bagian dari saluran pencernaan dan sedangkan usus besar menjadi tempat terakhir dari proses saluran pencernaan makanan. 

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa penyebab penyakit tipes adalah berasal dari bakteri Salmonella Typhi. Bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh apabila kita memiliki kebiasaan yang buruk. Apa saja itu? 

BACA JUGA: Kenalilah Obat Penyakit Tipes dari Buah-Buahan, Nomor 3 Dijamin Suka!

Jajan Sembarangan Penyebab Penyakit Tipes

Jajan sembarangan bisa menjadi penyebab bakteri masuk ke dalam tubuh. Apalagi bila kondisi badan saat itu sedang menurun maka akan sangat mudah terserang penyakit tipes. Bakteri penyebab tipes ini biasanya hidup di air yang sudah terkontaminasi dengan feses lalu menempel pada makanan atau minuman yang dibeli dari jajan sembarangan.

Anak kecil biasanya tidak akan terlalu memperhatikan kebersihan dari apa yang dibelinya di luar maka Moms harus lebih teliti dan berhati-hati ketika anak hendak jajan di luar. Pastikan kebersihan dari jajanan yang dibelinya. Anak-anak lebih rentan terkena penyakit tipes karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Bila sebelumnya anak pernah terkena penyakit tipes dan masih dibiarkan jajan sembarangan maka tidak menutup kemungkinan penyakit tipes kambuh lagi. 

Minum Air yang Kotor

Bakteri penyebab tipes tidak hanya dari makanan saja namun juga bisa dari minuman. Mungkin Moms jarang ada yang menyadari bahwa tinja juga dapat mencemari lewat minuman. Ini harus Moms perhatikan apabila hendak membeli jajan minuman dingin. Es batu yang digunakan pada minuman belum tentu menggunakan air minum bersih karena akan sulit mengetahui apakah itu air bersih atau kotor. 

Tidak Menjaga Kebersihan Makanan

Moms harus selalu memperhatikan kebersihan makanan yang diolah di rumah ya. Ada banyak ikan atau makanan laut yang berasal dari air laut yang sudah terkontaminasi oleh beragam bakteri salah satunya adalah bakteri penyebab tipes. Jadi selalu pastikan cuci bersih semua bahan makanan sebelum siap diolah agar terbebas dari penyakit tipes.

Perlu Moms ketahui bahwa penyakit tipes kambuh kapan saja meskipun sebelumnya sudah sembuh. Untuk mengatasi gejala tipes agar tidak kambuh lagi biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik.

Moms harus tetap waspada terhadap penyakit tipes beserta gejalanya, bila sudah menunjukkan rasa demam maka segeralah pergi ke dokter. Selain itu, yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama pada makanan yang hendak diolah dan pastikan untuk cuci tangan terlebih dahulu agar semua bakteri yang menempel di tangan hilang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: