Sama seperti lemak, jika kadar kolesterol dalam tubuh kita terlalu tinggi dan berlebihan, hal ini akan memicu berbagai macam penyakit menyerang tubuh dan membahayakan kesehatan. Dalam tubuh manusia pun ada dua macam kolesterol Moms, yang satu adalah kolesterol baik yang disebut dengan kolesterol HDL sedangkan yang satunya lagi adalah kolesterol jahat atau kolesterol LDL yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Nah, apa yang bisa menjadi penyebab penyakit kolesterol?

Normalnya, kadar kolesterol dalam tubuh manusia adalah 160-200 mg saja. Jika kadar kolesterol dalam darah sudah sangat tinggi dan melebihi angka tersebut, hal ini dapat menyumbat aliran darah dan menyebabkan kematian. Penyebab penyakit kolesterol sendiri ada bermacam-macam. Berikut HalloMoms.com merangkumkannya untuk Moms.

Kebiasaan Merokok dan Minuman Beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol selalu disandingkan bersama-sama sebagai pantangan seseorang yang ingin menjalani hidup sehat. Selain dapat menyebabkan kerusakan organ-organ dalam secara berkala, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga merupakan penyebab kolesterol dalam tubuh meningkat pesat.

Ketika mengonsumsi minuman beralkohol terlalu sering, kandungan alkohol dalam minuman tetap saja tidak baik untuk tubuh manusia dan organ-organ di dalamnya. Organ dalam manusia yang sangat rentan rusak karena kebiasaan minum alkohol sendiri adalah hati. Padahal, hati adalah tempat dimana racun yang masuk ke dalam tubuh serta zat-zat yang berbahaya lainnya disaring dan dinetralisirkan agar tidak mengganggu kesehatan. Ketika seseorang mengonsumsi alkohol, biasanya tekanan kolesterol dalam tubuhnya juga akan meningkat.

Sama halnya dengan kebiasaan merokok, tak jauh beda dengan efek buruk yang diberikan oleh alkohol, racun dari asap rokok sangat merusak lapisan pembuluh darah dalam tubuh serta membahayakan organ-organ dalam terutama paru-paru.

Selain itu, kebiasaan merokok meningkatkan penyempitan pembuluh darah dan memancing kadar kolesterol baik menurun dan tergantikan dengan kolesterol jahat penyebab penyakit. Untuk menghindari kolesterol tinggi dengan cara mengurangi rokok dan alkohol, Moms juga bisa mengonsumsi makanan untuk kolesterol tinggi.

BACA JUGA: Atasi Kolesterol Tinggi dengan Obat Penyakit Kolesterol Alami Ini

Konsumsi Makanan Mengandung Kolesterol 

penyebab penyakit kolesterol
penyebab penyakit kolesterol

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita tentunya harus memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan organ dalam tubuh membutuhkan nutrisi-nutrisi tersebut untuk tetap menjalankan tugas mereka dengan baik. Jika organ tubuh menerima banyak nutrisi baik dari makanan yang Moms konsumsi, tentu saja tubuh juga akan selalu sehat dan bugar. Namun, jika makanan yang masuk adalah makanan yang tidak mengandung banyak serat atau nutrisi melainkan lemak jahat. 

Jenis-jenis makanan yang biasanya menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh adalah jenis roti-rotian seperti biskuit dan cookies, aneka jenis gorengan mulai dari bakwan sampai mendoan, fast food atau makanan cepat saji, minuman bersoda dan jenis-jenis daging olahan seperti sosis dan bacon. 

Setelah Moms mengetahui jenis-jenis makanan penyebab kolesterol tinggi, alangkah baiknya Moms mengonsumsi makanan untuk kolesterol tinggi atau makanan yang harus dikonsumsi oleh seseorang yang kadar kolesterol dalam tubuhnya sudah tinggi. Jenis-jenis makanan tersebut diantaranya, sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan hingga ikan yang kaya akan omega 3.

BACA JUGA: Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Gaya Hidup Jarang Berolahraga

Mengonsumsi makanan untuk kolesterol tinggi saja tidak cukup jika gaya hidup masih tidak sehat. Yang dimaksudkan sebagai gaya hidup tidak sehat adalah sering begadang hingga kebiasaan merokok. Jika Moms atau mungkin salah satu orang terkasih Moms memiliki penyakit kolesterol, segeralah mengubah gaya hidup yang tadinya malas berolahraga untuk sering melakukannya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: