Bila sudah memiliki riwayat asam urat tinggi maka Moms harus selalu bisa menjaga pola makan yang baik dan benar. Hindarilah makanan yang dapat membuat asam urat kembali kambuh.

Jika sebelumnya kita sudah mempunyai riwayat penyakit asam urat, maka sudah sepatutnya kita harus menjaga pola makan bukan Moms? Mulai dari tidak sembarangan mengkonsumsi makanan dan juga mematuhi pantangan makanan penyebab asam urat. Sebab jika sudah kambuh, akan menjadi masalah yang sangat besar jika terdapat tanda-tanda asam urat tinggi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dijauhi.

Sayur Bayam Penyebab Asam Urat Tinggi

Pertumbuhan pada tulang manusia sangat membutuhkan banyak makanan yang bergizi, salah satunya yaitu sayur-sayuran. Namun kita tidak boleh mengkonsumsi sayur bayam dalam jumlah yang berlebihan. Sebab, kandungan zat yang ada dalam sayur bayam ini sangat berbahaya untuk kadar asam urat dalam tubuh dan menjadikannya sebagai makanan penyebab asam urat. 

Masakan Mengandung Santan

Orang yang mengidap sakit asam urat sangat dilarang untuk makan makanan yang mengandung santan. Hal ini disebabkan karena santan mengandung lemak yang tinggi sehingga selain dapat memicu asam urat kambuh lagi, juga dapat menaikkan kadar asam kolesterol di dalam tubuh.  

Jamur Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat Tinggi

Tidak semua jamur berbahaya untuk tubuh. Terkadang, jamur memang menyehatkan dan memiliki gizi yang banyak. Namun, ternyata di sisi lain jamur mempunyai kadar purin yang sangat tinggi sehingga termasuk dalam daftar makanan penyebab asam urat. 

BACA JUGA: Inilah Obat Alami Asam Urat, Tidak Perlu Biaya Mahal!

Terlalu Banyak Makan Gorengan

Jika kita sangat senang makan makanan yang diolah dengan cara digoreng, dibakar, maupun dibakar, maka hal tersebut justru menjadi akses jalan masuknya penyakit asam urat. Olahan tersebut mengandung banyak komposisi antara purin dan air yang tidak seimbang. Padahal, jika dipikir-pikir tubuh manusia sangat membutuhkan air untuk menetralkan makanan yang telah dikonsumsi. Jadi, segala macam lemak, racun, maupun kolesterol yang ada di dalam tubuh dapat keluar bersama keringat dan juga saat buang air kan Moms? Jadi hindarilah makanan penyebab asam urat yang satu ini.

Durian Penyebab Asam Urat Tinggi

Tak heran jika durian dijuluki sebagai raja buah. Sebab baunya yang khas dan menyengat dapat membuat orang ketagihan untuk memakannya bagi sebagian orang. Namun, jika kita memiliki asam urat tinggi. Durian menjadi salah satu buah-buahan yang harus dihindari. Sebab, selain kadar kolesterol dapat meningkat, kandungan etanol, senyawa sulfur, dan ethyl yang ada dalam buah durian mempunyai risiko yang besar jika dikonsumsi terlalu banyak. Cukup makan durian sebanyak dua atau satu biji saja kemudian minum air putih yang banyak. Jangan berlebihan mengkonsumsi durian, meskipun rasanya sangat menggiurkan. Kita tidak mau memasukkan racun dalam tubuh sendiri kan Moms

Makan Jeroan Terlalu Sering

Beberapa orang juga sangat gemar mengkonsumsi jeroan. Padahal, kandungan lemak dan kolesterol yang ada sangat berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering. Selain jeroan, beberapa makanan penyebab asam urat yang harus dihindari yaitu daging sapi muda, daging rusa, ginjal sapi, daging kalkun, maupun hati ayam.

BACA JUGA: 8 Makanan yang Menjadi Pantangan Asam Urat

Makan Olahan Karbohidrat Terlalu Banyak

Nasi putih ternyata juga cukup mengganggu kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Sebab, nasi putih justru memiliki kandungan gula yang lebih banyak. Salah satu jalan alternatifnya yaitu menggantinya dengan beras merah atau mengkonsumsi nasi putih, roti, maupun pasta tidak terlalu banyak.

Terlalu Sering Makan Ikan Laut

Kandungan purin yang ada dalam ikan laut justru sangat banyak. Beberapa di antaranya yaitu udang, lobster, kerang, sarden, teri, codfish, maupun hadcock. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: