Anak-anak paling rentan terhadap berbagai macam penyakit. Tak terkecuali sakit demam yang menjangkitinya. Sebab, daya tahan kesehatannya belum kuat dan sistem imun di dalam tubuhnya belum terbentuk secara sempurna. Jadi tak heran jika mereka gampang sakit. Namun, jika demam tinggi yang tak kunjung turun, sudah sepatutnya diwaspadai.

Gejala Tipes Pada Anak

Demam tinggi ini dapat menjadi pertanda penyakit tipes pada anak lho Moms! Sebab, penyakit tipes ini dapat menyerang siapa saja. Mulai dari yang anak kecil hingga orang dewasa. Maka, tak ada salahnya untuk mempelajarinya dan mengetahuinya sejak awal.

Demam Tinggi Disertai Sakit Perut

Gejala tipes pada anak sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan orang dewasa. Gejala awalnya yaitu demam tinggi dan sakit perut. Terkadang juga disertai dengan sakit kepala dan juga mual saat makan.

Nafsu Makan Turun

Penyakit tipes juga menyerang sistem pencernaan anak. Sehingga, nafsu makan pun jadi terganggu dan tak heran jika muncul sembelit maupun diare.

Muncul Ruam Pertanda Penyakit Tipes

Timbul bintik-bintik merah kecil pada perut dan dada anak. Atau, orang-orang sering menyebutnya dengan “bintik-bintik mawar”.

Keluar darah saat BAB

Bahkan, dalam banyak kasus feses yang dikeluarkan saat BAB sering disertai dengan darah.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Sehat untuk Penderita Tipes Agar Lekas Sembuh

Obat Alami Penyakit Tipes

Penyakit Tipes Pada Anak
Penyakit Tipes Pada Anak

Setelah mengetahui gejalanya, berikut obat alami penyakit tipes yang dapat meringankannya dan dibuat sendiri oleh Moms di rumah:

Air hangat

Air merupakan salah satu bahan yang paling mudah dicari dan ditemukan di sekitar kita. Air hangat sangat membantu meringankan demam yang disebabkan oleh tipes. Salah satunya dengan cara ambil kain yang bersih lalu rendam dalam air hangat kemudian peras sampai tidak menetes. Setelah itu letakkan pada dahi anak dan lakukan secara berulang-ulang ketika kain mulai dingin. Dengan begitu demam sedikit demi sedikit akan reda.

Larutan oralit

Larutan ini dapat mengurangi diare yang terjadi pada anak kita akibat tipes lho Moms! Caranya yaitu ambil setengah sendok teh garam dan 2 sendok teh gula. Kemudian campur keduanya pada segelas air hangat. Aduk hingga merata lalu minum.

Buah pisang

Buah-buahan yang bergizi tinggi dapat digunakan untuk proses pengurangan sakit perut penyebab terjadinya tipes. Salah satunya terdapat pada buah pisang. Kandungan zat pektin atau serat larut yang ada di dalam buah pisang digunakan untuk menyerap cairan dari usus. Sehingga perut tidak lagi mengalami nyeri.

Cukup dengan mengonsumsi dua sampai dengan tiga pisang matang setiap harinya, atau, jika anak kurang suka pisang dapat diatasi dengan cara mencampurkan 2 buah pisang dengan satu sendok teh madu dan setengah gelas yogurt. Lakukan cara ini dua sampai tiga kali sehari.

Perbanyak cairan

Saat sakit tipes menyerang anak, tak heran jika cairan yang ada di dalam tubuhnya terkuras drastis. Hal ini jika dibiarkan terus-menerus akan menimbulkan dehidrasi. Oleh sebab itu, tingkatkan konsumsi cairan agar tubuh tidak lemas. Beberapa di antaranya dengan cara meminum 8-10 gelas air putih setiap harinya untuk menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Jika tidak, kita juga bisa menggantinya dengan memberinya jus buah yang segar, teh herbal, air gula, air kelapa, maupun sup.

Leave a Comment

%d bloggers like this: