HalloMoms! Pernahkah merasakan payudara sering nyeri sendiri? Jika iya, maka sudah seharusnya kita waspada mulai dari sekarang. Dalam istilah kedokteran, nyeri pada payudara sering disebut dengan mastalgia. Biasanya, wanita yang mengalami nyeri ini sering merasa tidak aman dan juga merasa cemas. Setelah itu, kebanyakan muncul gejala payudara nyeri sebelah yang dikira sebagai kondisi kanker payudara. Padahal, bisa saja bukan itu penyebabnya. Maka dari itu, kenalilah penyebabnya terlebih dahulu.

Struktur menjadi Penyebab Payudara Sering Nyeri

Nyeri pada payudara yang dirasakan dapat diakibatkan karena struktur periodik payudara sehabis sakit kista, cedera, maupun operasi.

Ukuran menjadi Pengaruh Payudara Sering Nyeri

Payudara Sering Nyeri
Payudara Sering Nyeri

Wanita yang mempunyai ukuran payudara yang lebih besar cenderung sering mengalami nyeri. Ini juga bisa ditandai dengan adanya gejala payudara nyeri sebelah . Tidak hanya itu, biasanya juga akan menjalar ke bagian tubuh yang lain. sehingga tak jarang jika juga sering mengalami sakit punggung, pundak, leher, dan disertai nyeri pada bagian dada.

Hormon Reproduksi Akibat Payudara Sering Nyeri

Pengaruh hormon juga dapat menyebabkan gejala payudara nyeri sebelah pada saat siklus menjelang menstruasi maupun setelahnya.

BACA JUGA: Apakah Payudara Sakit Merupakan Tanda Penyakit Kanker?

Payudara Sering Nyeri Akibat Asam Lemak Bermasalah 

Tidak seimbangnya asam lemak juga dapat menjadi pengaruh jaringan yang ada pada payudara dapat menjadi lebih sensitif. Hal ini biasa terjadi karena kurangnya atau lebihnya asupan asam lemak melalui makanan. Asam lemak ini juga menjadi salah satu penyebabnya, karena pada dasarnya payudara terdiri dari banyaknya lemak dan juga berlapi-lapis jaringan.

Operasi Dada Sebabkan Payudara Sering Sakit

Jika sebelumnya kita pernah melakukan operasi pada payudara, maka tak heran jika risiko terjadinya nyeri ini akan muncul kembali. Meskipun setelah operasi sembuh dan hanya meninggalkan bekas, bukan berarti kita tidak mengalami rasa sakit lagi setelah itu.

Sebab Lain Payudara Sering Sakit

Penyebab lain yang dapat menjadi pemicu rasa nyeri pada payudara yaitu melakukan aktivitas yang berlebih, terutama kegiatan yang membutuhkan kinerja tangan. Seperti halnya melakukan aktivitas seperti mengangkat barang yang sangat berat. Sehingga dapat membuat otot pectoral yang ada di bagian bawah payudara menjadi ikut tertarik. Akibatnya, rasa nyeri pun muncul kembali. Tidak hanya itu, melakukan olahraga berat yang bertumpu pada tangan dan dada akan menjadikan beban tersendiri.

Pemakaian Bra Tidak Tepat menjadi Penyebab Payudara Nyeri

Tahukah Moms? jika pemilihan ukuran bra yang salah, terutama lebih kecil dari ukuran payudara yang sebenarnya dapat menjadi faktor pendorong munculnya rasa nyeri. Hal tersebut dikarenakan kita tidak dapat bernafas lega dan terus-menerus merasakan sesak. Maka, jangan sembarangan saat memilih ukuran bra. Pilih yang tepat dan coba terlebih dahulu agar nyaman saat digunakan.

BACA JUGA: Inilah Jenis Kanker Payudara yang Biasa Menyerang Wanita

Ternyata, payudara sering nyeri ini dibedakan menjadi dua jenis lho Moms! berikut penjelasan dan gejalanya.

Siklis Gejala Payudara Nyeri Keduanya

Kondisi ini sering terjadi pada kedua payudara yang disertai sakit pada tangan dan juga lengan. Gejala siklis yang paling parah seringkali terjadi sebelum mengalami menstruasi dan akan berakhir sembuh jika menstruasi akan selesai.

Non-Siklis Gejala Payudara Nyeri Sebelah

Biasanya, gejala ini hanya terjadi pada salah satu payudara saja. Salah satu tandanya yaitu rasa sakit yang parah akan muncul di salah satu area payudara, baik itu sebelah kanan maupun kiri. Sedangkan gejalanya sendiri tidak terlalu pasti. Sebaiknya, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: