Sebelum membahas apakah payudara sakit 2 minggu merupakan gejala kanker, ada baiknya Moms tahu tentang kanker. Kanker memang menjadi salah satu momok menakutkan bagi setiap wanita ya, Moms. Gejala kanker tidak memandang usia baik muda maupun tua bisa saja terkena penyakit ini. Berbicara soal kanker payudara, jenis kanker yang satu ini dianggap sebagai salah satu kanker yang berbahaya setelah kanker serviks

Gejala kanker payudara nyeri disertai dengan munculnya benjolan sebesar 2 atau lebih kecil di area payudara. Pada stadium 1 atau stadium awal, benjolan tersebut belum menyebar ke kelenjar getah bening yang berada di area ketiak atau area lain dekat payudara. 

Sel kanker akan menjalar ke jaringan payudara seperti lobus yang merupakan tempat penghasil air susu, saluran tempat keluarnya air susu hingga ke jaringan lainnya. Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti apa penyebab dari munculnya kanker payudara. Namun satu hal yang pasti adalah gejala kanker payudara ini muncul diakibatkan dari adanya kerusakan sel dan sifat genetik pada jaringan payudara. 

BACA JUGA: Ciri Kanker Payudara Pada Ibu Menyusui, Jangan Sepelekan Benjolan!

Sebenarnya ada banyak faktor yang kerap dikaitkan oleh resiko gejala kanker payudara pada wanita, diantaranya adalah faktor usia di atas 50 tahun, gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol, merokok, obesitas, adanya gangguan hormon, terkena radiasi hingga faktor keturunan. Seseorang yang memiliki garis keturunan keluarga dengan riwayat penyakit kanker payudara memiliki resiko lebih tinggi terserang kanker payudara. Jadi Moms harus lebih waspada terhadap penyakit yang satu ini ya.

Payudara sakit 2 minggu belum bisa menjadi tolak ukur yang kuat dalam menentukan apakah itu termasuk gejala kanker payudara nyeri atau tidak. Maka agar tidak salah dalam memahami mari simak di bawah ini terkait tentang gejala kanker payudara. 

Munculnya Benjolan di Sekitar Payudara

Payudara Sakit 2 Minggu
Payudara Sakit 2 Minggu

Pada saat menstruasi terkadang kita merasa nyeri dan terdapat benjolan di area payudara ya Moms. Namun hal tersebut bukan berarti pertanda dari munculnya gejala kanker karena bisa saja itu faktor dari hormon pada saat sedang menstruasi. 

Namun, berbeda kasus lagi bila payudara sakit 2 minggu dan disertai dengan benjolan yang tidak kunjung hilang. Bila terdapat gejala seperti ini Moms harus waspada ya. Sekalipun rasa nyerinya tidak parah ada sebaiknya Moms segera memeriksakan diri ke dokter.

Ukuran Payudara Besar Sebelah

Ukuran payudara normal memang tidak selalu sama persis. Namun bila Moms menemukan gejala payudara yang besar sebelah dengan ukuran yang tidak biasa maka bisa menjadi pertanda kanker. Pertumbuhan sel kanker dapat membuat area di sekitar payudara menjadi membengkak. Inilah yang menjadi alasan mengapa ukuran payudara bisa menjadi lebih besar. 

Perbedaan antara ukuran payudara normal dengan payudara yang terkena kanker akan terlihat dengan mudah. Ukurannya yang besar disini maksudnya adalah adanya benjolan pada salah satu area payudara yang membuat ukurannya tampak besar bila dibandingkan dengan sisi payudara satunya. 

BACA JUGA: Mengapa Payudara Sering Nyeri? Kenalilah Penyebabnya

Perubahan Kulit Payudara

Gejala awal kanker payudara bisa ditandai dengan perubahan kulit payudara. Sel kanker akan menyebar ke sel-sel kulit payudara sehingga menyebabkan terjadinya peradangan dan mengubah tekstur kulit payudara. Sayangnya, gejala yang satu ini masih banyak disalahartikan sebagai infeksi kulit biasa. 

Bila Moms merasakan adanya perubahan kulit payudara seperti terjadinya penebalan di sekitar area payudara, kulit berubah tampak seperti kulit jeruk dan ditambah dengan payudara sakit 2 minggu atau lebih maka lebih baik segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih jelas lagi. 

Puting Terasa Sakit

Payudara sakit 2 minggu terutama di area puting maka ini bisa menjadi pertanda dari gejala kanker payudara stadium awal. Gejala kanker payudara nyeri ini juga akan disertai dengan keluarnya cairan tidak biasa yang berwarna cokelat kemerahan seperti darah. Bila Moms merasakan ada perbedaan yang mencolok seperti dengan gejala di atas maka segeralah ke dokter agar kanker payudara bisa terdeteksi sejak awal. Jangan sepelekan payudara sakit 2 minggu hingga lebih karena itu bisa saja sebagai pertanda dari gejala awal kanker payudara.

Leave a Comment

%d bloggers like this: