Moms tentu tak asing lagi dengan istilah cegukan. Mitos orang tua menyebutkan, seseorang yang mengalami cegukan akan mengalami pertambahan tinggi badan. Padahal faktanya, kondisi ini merupakan kondisi terjadinya kejang pada bagian diafragma manusia. Tahukah Moms cara menghilangkan cegukan tersebut?

Cegukan bisa dibedakan dalam dua bentuk, yakni cegukan biasa yang akan hilang dalam beberapa menit saja. Sementara kondisi paling parah, cegukan dapat berlangsung selama 48 jam. Hal ini biasanya dipicu oleh adanya penyakit tertentu atau gangguan serius pada organ tertentu.

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Cegukan pada Bayi Baik untuk Perkembangan Otak

Cara Menghilangkan Cegukan

Penyebab cegukan dapat dipicu beberapa hal seperti  makan dalam jumlah yang terlalu banyak dan waktu yang terlalu cepat, terlalu banyak udara masuk melalui mulut, terjadinya perubahan suhu perut secara tiba-tiba, misalnya minum air suhu tinggi lalu berganti tiba-tiba dengan air dingin. Emosi berlebihan juga dapat memicu cegukan.

Cara menghilangkan cegukan bisa dilakukan menggunakan obat maupun tanpa obat, tergantung tingkat keparahan dari cegukan tersebut. Pada kondisi tertentu bahkan Moms harus konsultasi dengan dokter. Berikut ini cara-cara yang bisa Moms coba:

1. Mengonsumsi Air Dingin

Cara menghilangkan cegukan yang pertama bisa dilakukan dengan menetralkan suhu perut secara perlahan-lahan. Caranya, minumlah air dingin sedikit demi sedikit agar suhu di dalam perut lebih stabil.

Mungkin sebelumnya Moms meminum air hangat, lalu tiba-tiba meminum air dingin. Menetralisir suhu agar lebih stabil.

2. Lemon atau Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang ada pada lemon atau jeruk nipis dapat membantu merangsang relaksasi pada saraf vagus yang sedang mengalami kontraksi. Minum air perasan jeruk nipis atau lemon dapat membantu mengurangi cegukan yang sedang Moms alami.

3. Es Batu

Cara lain untuk merilekskan otot-otot di bagian tenggorokan yang sedang mengalami kontraksi adalah menggunakan es batu. Obat cegukan alami ini cukup mudah didapat dan bisa Moms langsung tempelkan di tenggorokan.

BACA JUGA: Jangan Remehkan Gejala Asam Lambung, Cara Mengobatinya

4. Tahan Nafas

Cara ini sudah tidak asing. Umumnya orang melakukan hal ini untuk menghilangkan masalah cegukan. Menahan nafas sejenak atau memasukkan nafas ke dalam kantong plastik untuk meredakan cegukan yang muncul.

5. Minum Air Hangat

Selain mengonsumsi air dingin, Moms juga bisa mengkonsumsi air hangat untuk menetralisir suhu di dalam perut. Selain itu, air hangat juga dapat membantu melancarkan peredaran darah pada bagian diafragma yang sedang mengalami kejang.

6. Mengonsumsi Obat di Apotek

Cara mengatasi cegukan yang simpel bisa Moms lakukan dengan membeli obat cegukan di apotek. Jenis obat cegukan yang sering dipakai misalnya chlorpromazine, haloperidol, baclofen, metoclopramide dan gabapentin.

7. Memeriksakan Diri ke Dokter

Bila kondisi cegukan selama 48 jam tak kunjung sembuh, sebaiknya Moms melakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Hal ini disebabkan karena cegukan juga bisa mengarah ke beberapa jenis penyakit serius seperti gangguan jantung, gangguan otak, gangguan saraf, gangguan pencernaan dan sebagainya.

Diagnosis cegukan yang dilakukan dokter biasanya melalui beberapa tes uji seperti tes darah, pencitraan, endoskopi dan EKG. Selain itu, cegukan ternyata juga bisa disebabkan sebagai efek samping dari konsumsi obat kemoterapi, obat bius, dan obat penenang.

Kenali lebih dulu bagaimana kondisi cegukan yang terjadi. Moms jangan panik saat cegukan tak kunjung sembuh. Cobalah lebih dulu menggunakan cara menghilangkan cegukan dengan bahan-bahan alami. Jika tak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli. Jangan anggap sepele cegukan ya Moms, segera lakukan penanganan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: