Tidak selamanya kolesterol itu membuat tubuh menjadi terserang banyak penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan serangan stroke. Faktanya moms, kolesterol adalah zat yang juga dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi. Seperti halnya lemak, jika kandungan kolesterol dalam darah terlalu tinggi, hal tersebut dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya yang mengancam nyawa. Walaupun obat penyakit kolesterol sudah ada banyak dijual di apotek, tahukah Moms bahwa obat alami untuk penyakit kolesterol juga bisa didapatkan sendiri di dapur rumah. Berikut HalloMoms merangkumkannya untuk Moms.

BACA JUGA: Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Atasi dengan Jeruk Nipis

Kolesterol ada dua macam, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Sama seperti lemak, jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh terlalu tinggi hal ini dapat memicu berbagai macam penyakit dan parahnya, pembuluh darah pelan-pelan juga bisa tersumbat karena terlalu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh hingga beresiko terhadap kematian. 

Penyebab kolesterol bisa datang dari kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok dan jarang berolahraga. Jika moms memiliki jeruk nipis di dapur, jangan remehkan kegunaannya hanya untuk membuat jus jeruk atau perasan ketika melahap masakan soto saja. Ternyata, jeruk nipis bisa dijadikan obat alami penurun kadar kolesterol dalam tubuh.

Dalam jeruk nipis, terdapat kandungan kalium dan limonin yang sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Vitamin A, B, D, terutama vitamin C yang melimpah dalam kandungan nutrisi jeruk nipis juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Jangan Sepelekan Buah Jambu Biji yang Ternyata Bisa Dijadikan Obat Penyakit Kolesterol

obat penyakit kolesterol
obat penyakit kolesterol

Jambu biji adalah buah yang biasa dikonsumsi ketika diare menyerang. Dipercaya fungsi dan manfaat dari jambu biji ini dapat meredakan rasa BAB yang terlalu sering dan mengganti cairan tubuh yang hilang karena diare. Selain mengobati diare, Moms bisa menjadikan buah jambu biji ini sebagai obat untuk melawan penyebab kolesterol.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam jambu biji seperti antioksidan, vitamin A, B3, B6 dan C dan masih banyak lagi dipercaya dapat mengontrol bahkan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mengonsumsinya, Moms bisa langsung memakannya langsung dengan mencucinya terlebih dahulu tentunya. Atau, jika Moms takut menelan bijinya, Moms bisa membuatnya sebagai jus lalu menyaringnya agar biji buah jambu tidak tertelan secara tidak sengaja ke dalam perut.

BACA JUGA: Jangan Lupa, Konsumsi 6 Makanan Sehat untuk Penderita Jantung Lemah

Obat Penyakit Kolesterol Bisa Diatasi dengan Kulit Manggis

Buah manggis selain manis ternyata memiliki banyak manfaat. Disinyalir bahwa buah manggis mengandung zat atau senyawa yang dipercaya dapat melawan sel kanker. Senyawa ini dikenal dengan nama xanthone. Selain buahnya, ternyata kulitnya juga tak kalah bermanfaat dan dipercaya bisa menghancurkan sel kanker. Sifat apoptosis atau kemampuan untuk membuang sel yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Selain manfaatnya yang luar biasa mengagumkan untuk menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh, kulit manggis juga baik untuk melawan penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh. Kandungan senyawa xanthone pada buah dan kulit manggis bisa juga dijadikan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jika moms kebingungan dan masih tidak paham bagaimana cara mengonsumsi kulit manggis sebagai obat alami penurun kolesterol, Moms bisa memblendernya hingga halus dan mencampurnya dengan air secukupnya. Jika rasanya pahit, Moms bisa menambahkan gula sedikit sesuai selera.

Leave a Comment

%d bloggers like this: