Buah manggis terkenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Untuk itu, bagi Moms yang sedang hamil atau berencana untuk hamil, yuk cari tagu manfaat buah manggis untuk kehamilan. Pelajari juga berbagai mitos manggis untuk ibu hamil agar Moms tidak terjebak dalam informasi yang salah.

Buah manggis yang bernama latin Garcinia Mangostana adalah buah berkulit ungu tebal dengan bagian isinya berwarna putih. Buah yang manis dan dijuluki ratu buah ini terkenal kaya akan nutrisi, sehingga baik dikonsumsi bahkan oleh ibu hamil. Apa saja manfaat buah manggis dan vitaminnya akan kita bahas lebih lanjut di artikel ini.  

Kandungan dan Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Buah manggis yang dikeringkan sebanyak 196 gr mengandung:

Kandungan Vitamin/NutrisiJumlah
Kalori143
Karbohidrat35 gram
Serat3,5 gram
Lemak1 gram
Protein1 gram
Vitamin B1 (Thiamin)7% AKG Harian
Vitamin B2 (Riboflavin)6% AKG Harian
Vitamin B9 (Folat)15% AKG Harian
Vitamin C9% AKG Harian
Mangan10% AKG Harian
Tembaga7% AKG Harian
Magnesium6% AKG Harian

Berikut Khasiat Buah Manggis untuk Kehamilan

Kandungan mineral, nutrisi dan vitamin seperti di atas sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan calon bayinya. Apa saja manfaat yang didapat dengan mengonsumsi buah manggis?

BACA JUGA: Ciri Ibu Kurang Gizi Saat Hamil, Waspadai Bahaya dan Gejalanya

1. Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan Tubuh

Dalam hal ini, baik kekebalan tubuh sang ibu maupun janin akan berpotensi meningkat dengan mengkonsumsi buah manggis. Vitamin C yang terkandung dalam buah ini merupakan bahan penting untuk menunjang imunitas tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat memicu tubuh untuk memproduksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Hal ini penting bagi ibu hamil untuk mempersiapkan kulit perut ketika janin mulai membesar. Dengan demikian kemungkinan terjadinya stretch mark pada perut Moms akan berkurang.

2. Mengurangi Kemungkinan Janin Lahir Cacat

Kandungan asam folat yang berlimpah pada buah manggis berpotensi memperkecil kemungkinan terjadinya kecacatan pada janin. Cacat yang biasa terjadi antara lain pada otak dan tulang belakang. Dengan rajin mengkonsumsi buah manggis, kemungkinan janin lahir abnormal akan berkurang.

3. Mengurangi Susah BAB (Sembelit)

Moms pasti merasakan bahwa selama kehamilan bahwa sembelit menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi. Karena buah manggis kaya akan serat, maka buah manggis merupakan salah satu makanan yang bagus untuk ibu hamil.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaat Vitamin K Bagi Ibu Hamil!

4. Berfungsi Sebagai Zat Anti Kanker

Manggis mengandung xanthones yang merupakan zat anti kanker. Dengan makan buah ini Moms dan janin akan terlindungi dari penyakit berbahaya ini.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manggis ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Kondisi ini tentunya sangat baik bagi ibu hamil untuk mencegah diabetes.

6. Memperbaiki Mood

Buah manggis dipercaya dapat meningkatkan mood sehingga membuat ibu hamil merasa senang. Hal ini penting karena mood yang baik dari seorang ibu hamil sangat perlu untuk dijaga.

7. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kandungan serat dalam buah manggis membantu ibu hamil untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Peningkatan kolesterol sering terjadi selama masa kehamilan karena pola makan sembarangan. Dengan buah manggis resiko ini bisa dikurangi.

Nah, bagaimana Moms? Setelah mengetahui manfaat buah manggis untuk kehamilan, apakah sudah mempertimbangkan untuk mengkonsumsinya? Usahakan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan ya Moms. Konsumsi secara rutin untuk kesehatan Moms sebagai ibu hamil.

Leave a Comment

%d bloggers like this: