Moms harus tahu tanda dan gejala kanker yang bisa dicek sendiri. Semakin dini kanker bisa dideteksi maka semakin baik. Moms bisa mengeceknya di diri sendiri dan si kecil.

Beberapa jenis kanker adalah penyakit yang baru terlihat ketika stadiumnya sudah lanjut. Apalagi, untuk kanker serviks dan yang menyerang organ dalam. Moms harus ekstra waspada saat menemukan gejala ini agar bisa langsung menghubungi dokter.

Ketahui Tanda dan Gejala Kanker yang Bisa Dicek Sendiri Ini

Kanker memanglah sebuah silent killer. Ada beberapa pertanda yang bisa menjadi tandanya. Berikut adalah beberapa tanda tersebut.

1. Tinja Berdarah

Tanda dan gejala kanker yang bisa dicek sendiri di bagian tinja. Terkadang memang tinja berdarah. Ini disebabkan salah makan atau masalah kesehatan ringan.

Namun, jika darah yang dikeluarkan banyak bisa jadi kanker. Moms harus segera datang ke dokter jika tidak wajar. Tidak wajar dalam artian ini adalah terlalu banyak dan sering.

2. Payudara Ada Benjolan

Moms bisa memperhatikan payudara apakah ada benjolannya atau tidak. Benjolan ini tak selalu kanker, bisa saja karena hal lain. Hal lain yang dimaksud ini bisa karena kista.

Meskipun bisa karena hal lain, Moms bisa datang ke dokter untuk periksa. Hal yang ditakutkan adalah jika rupanya benjolan itu sel kanker. Cara deteksi dini sel kanker ini cukup wajib Moms lakukan.

BACA JUGA: Ciri Kanker Payudara Pada Ibu Menyusui, Jangan Sepelekan Benjolan!

3. Anemia Berkepanjangan

Cara mengetahui tubuh kita ada kanker selanjutnya adalah dari anemia. Apakah Moms memiliki anemia yang berkepanjangan? Jika iya, Moms disarankan untuk konsultasi ke dokter.

Sebab, anemia tak hanya dikarenakan kekurangan darah biasa. Namun, anemia bisa disebabkan adanya kanker usus. Kanker usus menyebabkan anemia defisiensi besi.

Moms juga harus awas jika anemia tidak bisa dijelaskan. Apalagi, jika Moms sudah mengkonsumsi obat maupun makanan penambah darah alami namun hasilnya nihil.

Apakah Moms sudah memakan asupan penyempurna produksi darah tetap saja anemia? Jika ya, ini bisa jadi gawat Moms.

4. Air Liur yang Disertai Darah

Bronkitis atau sinusitis ditandai dengan adanya darah pada air liur. Ya, Moms jangan biarkan adanya darah ini. Mungkin darah bisa jadi karena gigi, namun bisa saja karena kanker.

Tak hanya dua penyakit tersebut, ini bisa diartikan kanker lainnya. Biasanya disertai dengan gejala pada kepala, leher, dan paru-paru.

5. Tahi Lalat Berdarah

Pernahkan tahi lalat Moms berdarah? Jika ya, cepat-cepat Moms konsultasikan hal ini pada dokter. Berdarahnya tahi lalat bisa saja menjadi tanda kanker.

Tahi lalat dengan ukuran yang kian bertambah pun dapat diartikan serupa. Intinya adalah jika ada yang mencurigakan pada tahi lalat, maka konsultasikan. Biasanya dokter akan melakukan pengangkatan.

BACA JUGA: Inilah 6 Jenis Kanker Pada Anak yang Sering Menyerang

6. Kesulitan Menelan

Maag kronis ditandai dengan adanya sulit menelan. Jika Moms konsultasi, akan dilakukan endoskopi. Saluran esophagus akan dicek untuk deteksi kanker lebih lanjut.

Kanker kerongkongan juga bisa saja gejalanya ini. Pokoknya Moms harus lebih awas soal kesulitan menelan. Bukan hanya kanker tenggorokan, tetapi bahaya TBC dan hipertiroid juga dimulai dari gejala ini.

7. Kuku Berubah Warna

Deteksi kanker dari warna kuku juga bisa dilakukan. Ciri pertama adalah kuku berubah warna menjadi kehitaman atau kecoklatan. Adanya garis coklat pada kuku juga bisa saja menjadi pertanda.

Selain warna, kuku yang rapuh dan lemah juga bisa berpotensi. Adanya pendarahan tanpa alasan yang jelas. Serta keluarnya nanah pada kuku perlu Moms waspadai.

Moms bisa langsung pergi ke rumah sakit jika menemukan tanda di atas. Pastikan tubuh Moms tetap sehat. Andalkan info tanda dan gejala kanker yang bisa di cek sendiri di atas.

Leave a Comment