Tanda dan gejala infeksi adalah sebuah masalah kesehatan yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa penyebab infeksi adalah parasit, bakteri, jamur, dan virus. Memang beberapa infeksi tidak berbahaya bagi tubuh, tetapi sebaliknya, ada juga infeksi yang berpotensi tinggi berbahaya terhadap kesehatan manusia.

Infeksi diawali dari masuknya organisme ke dalam sistem pertahanan tubuh manusia. Di sana, organisme semakin berkembang terus menerus. Perkembangan ini akan mendapatkan reaksi dari sistem imun apabila telah menjadi semakin besar. Sistem imun akan melawan segala macam gangguan, terutama yang bersifat parasit seperti organisme penyebab infeksi.

Moms perlu mengetahui apa saja penyebab infeksi itu sendiri. Yuk, intip penyebab, tanda dan gejala infeksi, termasuk cara mencegahnya berikut ini.

BACA JUGA: Cegah Risiko Infeksi Usus Pada Bayi Sebelum Jadi Bahaya, Moms!

Penyebab Infeksi

Infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh 3 hal, yakni parasit, jamur, virus, dan bakteri.

  • Virus merupakan sejenis organisme yang menyerang sel di dalam tubuh manusia. Biasanya, penyakit yang disebabkan virus susah untuk sembuh, kecuali virus di dalam tubuhnya sudah mati. Salah satu virus terkenal yang sulit untuk ditaklukan adalah virus yang menyebabkan penyakit HIV/AIDS.
  • Penyebab lain infeksi adalah parasit, yakni sejenis organisme atau makhluk hidup yang bergantung pada organisme lain, dalam hal ini sistem tubuh manusia. Penyakit Malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus
  • Bakteri juga termasuk salah satu penyebab infeksi. Bakteri yang paling terkenal dalam menyerang sistem imun manusia adalah bakteri E.Coli yang menyebabkan infeksi saluran kemih.
  • Penyebab infeksi pada tubuh lainnya adalah jamur. Infeksi yang disebabkan jamur biasanya tidak terlalu berbahaya, tetapi cukup mengganggu. Misalnya infeksi kutu air yang menyebabkan gatal-gatal.

BACA JUGA: Kenali Sejak Dini, 4 Gejala Infeksi Mulut Rahim yang Penting Moms Tau

Tanda dan Gejala Infeksi Pada Tubuh Manusia

Setelah Moms mengetahui berbagai penyebab infeksi, sekarang saatnya Moms mengetahui beberapa tanda dan gejala infeksi pada tubuh manusia. Beberapa gejala utama dan umum terjadi apabila tubuh terkena infeksi adalah sebagai berikut:

  • Suhu tubuh menjadi lebih rendah atau tinggi, tergantung bagaimana tubuh bereaksi terhadap penyebab infeksi.
  • Denyut nadi dan napas dari orang yang terkena infeksi lebih cepat.
  • Diare dan terjadi peradangan di beberapa bagian tubuh tertentu
  • Terjadi nyeri pada otot dan sendi, serta kehilangan nafsu makan, dan mengalami sakit kepala. Gejala ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus pada tubuh
  • Gejala infeksi selanjutnya adalah intensitas buang air kecil semakin tinggi dengan adanya darah di dalam urin. Gejala ini biasanya terjadi pada infeksi bakteri hematuria
  • Terjadi pembesaran hati dan limfa dengan nyeri di daerah perut dan terasa gatal di dekat anus. Ini adalah gejala infeksi cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia.
  • Gejala yang paling ekstrim berupa demam tinggi, kejang, koma, serta terjadinya kelumpuhan. Infeksi ini disebut dengan infeksi arborival dan dapat menyebabkan kematian.

BACA JUGA: Kenali Gejala Infeksi Tenggorokan & Penyebabnya Sebelum Lebih Parah

Cara Mengobati Infeksi

Setelah Moms tahu bagaimana tanda dan gejala infeksi, sekarang saatnya Moms perlu tahu bagaimana cara mengobatinya. Untuk gejala infeksi yang ringan seperti demam atau diare, Moms bisa mencoba mengatasinya dengan pemberian antibiotik saja.

Tetapi, jika infeksi yang terjadi pada anggota keluarga sudah parah, Moms harus segera berkonsultasi pada dokter. Karena infeksi yang berat ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga harus diinfus. Selain itu, pengobatan yang dilakukan biasanya menggunakan antibiotik yang kuat, dimana penggunaannya harus dengan izin dokter.

Ada banyak hal penyebab infeksi pada manusia dan gejalanya. Di musim pancaroba dan banjir seperti ini,  Moms perlu mewaspadai setiap perubahan kondisi tubuh anggota keluarga. Di masa ini, penyebab infeksi justru lebih besar.

Inilah beberapa tanda dan gejala infeksi, lengkap dengan penyebab dan cara jitu pengobatan infeksi yang bisa Moms lakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kesehatan Moms sekeluarga, ya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: