HalloMoms! Pernah nggak mengalami situasi ketika si kecil sedang tidak demam tapi kepalanya terasa hangat atau bahkan panas ketika kita sentuh? Sebenarnya ada beberapa hal lho yang bisa menjadi penyebab kepala bayi panas. Terus bagaimana cara mengatasi panas kepala bayi? Yuk, ikuti ulasan singkat berikut ini Moms.

Panas pada Kepala Bayi

Mungkin ada dari Moms sekalian yang sudah familiar kalau sebenarnya suhu kepala bayi memang sedikit lebih hangat jika dibandingkan dengan suhu tangan ataupun kaki. Sistem pengaturan suhu tubuh pada bayi juga masih mengalami perkembangan, sehingga fungsinya belum optimal. Dengan kondisi ini, pada akhirnya bayi sering memusatkan panas tubuhnya pada kepala.

Meskipun demikian, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kepala bayi panas daripada biasanya. Contohnya kayak beberapa situasi ini:

Suhu Udara yang Panas

Ya, tidak berbeda jauh dengan orang dewasa yang juga merasakan dampak dari naiknya suhu bumi, bayi pun juga bisa merasakan hawa panas yang menerpa. Terlebih di negara beriklim tropis seperti Indonesia yang seringkali musim kemaraunya terasa begitu terik. Bayi yang merasa kegerahan dan tidak nyaman dengan udara sekitar, akan cenderung gelisah dan kepalanya terasa lebih hangat.

Untuk mengantisipasi ini, sebaiknya si kecil dipastikan selalu berada dalam lingkungan yang teduh ya Moms. Jika ingin berjalan-jalan keluar, dapat dilakukan di pagi ataupun sore hari ketika matahari tidak menyengat. Selain itu, mengenakan pakaian berbahan dasar katun yang lembut serta menghindari penggunaan pakaian berlapis pada si kecil juga akan sangat bermanfaat lho Moms.

BACA JUGA: Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Usia 0-1 Tahun, Praktis Bikin si Kecil Tak Lagi Rewel

Aktivitas Lebih pada Bayi

Si kecil tentunya memiliki ekspresi tersendiri yang seringkali ia tunjukkan melalui gerakan-gerakan yang aktif. Ada kalanya si kecil menjadi lebih senang bergerak dan terlihat begitu bersemangat. Aktivitas yang tinggi pada bayi akan menaikkan sirkulasi darah, termasuk ke kepala. Siapa sangka ya kalau hal positif ini kadang bikin bayi terasa lebih hangat kepalanya jika kita sentuh?

Meskipun tidak berbahaya, tapi bayi yang merasakan sensasi hangat berlebih di kepala, memiliki kemungkinan untuk sulit tidur. Nah, di sini Moms bisa mulai melakukan serangkaian tips yang bisa bantu menenangkan si kecil.  Moms bisa memutar alunan musik yang memberikan unsur relaksasi dan membuat si kecil lebih mudah untuk terlelap.

Gigi akan Tumbuh

Tahapan pertumbuhan gigi pada bayi ternyata bisa menjadi penyebab kepala bayi panas yang tidak disertai demam. Wah, pastinya gigi tumbuh merupakan proses yang terjadi secara alami ya Moms. Meskipun si kecil cenderung akan merasakan tidak nyaman karena gigi yang akan tumbuh, tapi kita bisa membantu mengurangi gejalanya lho dengan resep-resep dari dokter spesialis anak yang menangani.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa jadi penyebab kepala bayi panas meskipun sebenarnya tidak demam. Selain itu juga, masih ada beberapa hal lain yang bisa menjadi pemicu munculnya gejala panas pada kepala si kecil, sekalipun sebenarnya baik-baik saja. Kadang, Moms juga perlu lho mengecek apakah termometer yang dipakai juga sudah cukup akurat.

Meskipun demikian, jika si kecil mengalami gejala yang lebih serius seperti kepala panas dan tidak demam namun disertai dehidrasi dan diare, segera konsultasikan ke dokter spesialis anak ya Moms. Karena ada beberapa penyebab kepala bayi panas yang tidak dapat kita tentukan sendiri dan lebih tepat jika segera ditangani oleh ahlinya. Semoga ulasan singkat ini dapat bermanfaat, Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: