Moms memiliki bayi laki-laki? Berarti suatu hari nanti si kecil perlu untuk melakukan sunat. Saat ini, Moms bisa melakukan sunat bayi laki-laki walaupun memang prosedur yang diperlukan lebih kompleks. Apabila Moms dan pasangan memang berniat untuk melakukan sunat tersebut, maka perlu untuk memperhitungkan biaya sunat bayi.

Sunat ini sangat terbukti memiliki banyak manfaat secara kesehatan dan dilakukan dengan membuang kulit yang berada di ujung penis. Sebelum membuat keputusan untuk melakukan sunat pada bayi laki-laki, maka Moms perlu mengetahui secara persis apa manfaat dan juga resiko sunat untuk laki-laki yang masih bayi.

BACA JUGA: 8 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Islami dengan Arti yang Indah

1. Biaya Sunat Metode Konvensional

Ada banyak metode sunat untuk laki-laki saat ini Moms dan yang paling kuno metodenya adalah metode konvensional. Saat Moms datang ke bidan biasanya sebagian besar mereka akan menggunakan metode konvensional, terutama untuk klinik yang letaknya jauh dari perkotaan. Metode ini biasanya ditawarkan dengan harga paling terjangkau.

Setidaknya ada dua metode konvensional saat ini yaitu guillotine dan juga dorsumsisi. Teknik ini memerlukan tenaga yang ahli untuk bisa menghindari terjadinya cedera pada bagian gland penis bayi. Perawatan luka yang disebabkan oleh metode konvensional juga harus dilakukan dengan sangat intensif.

Metode konvensional hanya membuat Moms dan pasangan untuk mengeluarkan biaya sunat bayi di bidan sekitar Rp 800.000 sampai dengan Rp 950.000. Pastinya setiap menawarkan harga yang berbeda. Namun, Moms dan pasangan bisa berpatok pada kisaran harga tersebut untuk berjaga-jaga.

2. Biaya Sunat Laser

Metode sunat yang juga populer akhir-akhir ini adalah sunat laser. Metode sunat yang satu ini bisa membuat bayi laki-laki yang disunat bisa lebih cepat sembuh dibandingkan dengan sunat teknik konvensional. Sunat laser memanfaatkan teknologi gelombang elektromagnetik dan juga laser CO2. 

Pengerjaan dari sunat laser ini juga cepat, karena hanya memerlukan waktu pemotongan sekitar 20 menit. Hasil potongan juga lebih halus dan tidak banyak pendarahan. Hal ini bisa menjadi salah satu metode sunat yang digemari para orang tua. Waktu pemulihan bisa sekitar 2 sampai 4 hari.

Apabila Moms dan pasangan berniat untuk menggunakan metode sunat laser, setidaknya biaya sunat laki-laki 2020 mulai dari Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 1.200.000. Bergantung pada rumah sakit mana dan klinik mana yang Moms minta untuk melakukan praktek ini. 

BACA JUGA: Pilihan Kata Mutiara Syukur Atas Kehamilan yang Indah dan Penuh Arti

3. Biaya Sunat Smartklamp

Metode yang juga lebih canggih dan modern daripada sunat laser adalah sunat smartklamp. Sudah banyak  tenaga ahli khitan yang juga menawarkan sunat dengan metode ini kepada kliennya. Teknologi yang digunakan ini dapat memotong ujung penis dengan sangat aman dan cepat.

Ada banyak sekali keunggulan dari sunat menggunakan smart klamp ini daripada sunat laser. Hal ini yang membuat metode sunat yang satu ini ditawarkan dengan harga paling tinggi diantara metode lainnya. Beberapa keunggulan yaitu tidak menyebabkan pendarahan dan tidak ada jahitan.

Bayi yang disunat dengan menggunakan teknik ini akan bisa selesai proses pemotongan dalam waktu 5 – 10 menit saja. Metode yang satu ini sangat aman digunakan untuk bayi. Apabila Moms tertarik untuk menggunakan metode sunat yang satu ini, setidaknya Moms perlu untuk menyiapkan uang sebesar Rp 1.250.000 sampai dengan Rp 1.500.000. 

Moms setelah dipikir-pikir, setidaknya Moms bisa menggunakan metode sunat laser dan juga sunat smart klamp untuk bayi Moms. Kedua metode tersebut bisa lebih aman untuk bayi, karena bagaimanapun di-khitan itu sakit. Kedua proses khitan tersebut juga ditawarkan dengan biaya sunat bayi yang standar alias terjangkau.

Leave a Comment

%d bloggers like this: