Berenang merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia dan banyak digemari oleh anak-anak hingga dewasa. Dengan berenang, tubuh akan mendapatkan banyak manfaat, terutama jika dilakukan sejak dini. Nah, bagi Moms yang ingin mengajari si kecil belajar berenang sejak dini, permainan ini bisa melatih anak agar jago berenang.

1. Bermain Tangkap Ikan

Permainan yang satu ini bisa Moms ajarkan ketika si kecil sudah mampu duduk dengan tegak. Moms bisa mengajak si kecil bermain tangkap di ikan di kolam bahan latex dengan sedikit air atau jika si kecil sudah berusia lebih besar, Moms bisa mengajak duduk si kecil di tangga kolam renang. 

Caranya, Moms bisa berpura-pura untuk mengajak si kecil menangkap ikan dengan tangan dan mengangkat tangannya ke udara. Kemudian, minta di kecil untuk memasukkannya kembali ke air seolah-olah si kecil mendapatkan banyak ikan di air.

Dengan melatih menggunakan permainan ini, si kecil akan terbiasa melakukan gerakan tangan saat berenang. Hal ini akan membuat si kecil terampil menggunakan gerakan tangan saat berenang.

2. Latihan Melompat

Latihan ini bisa diajarkan kepada anak ketika sudah mampu mengontrol gerakannya. Moms bisa meminta si kecil untuk berdiri di pinggir kolam dengan kedalaman 60 cm. Kemudian, pegang si kecil sambil berjongkok dan Moms bisa meminta si kecil untuk berdiri di atas lutut. Dengan posisi berhadapan di depan kolam renang, minta si kecil untuk melompat dari lutut untuk meraih dinding kolam renang.

Baca Juga : Ini 6 Cara Meninggikan Badan Anak

Lakukan secara bertahap hingga si kecil mampu meraih dinding kolam renang dan bergelantungan di tepi kolam renang. Cara ini akan membuat si kecil mampu menopang berat badannya. Selain itu, saat si kecil sudah merasa nyaman, si kecil akan mampu mengapung dan berenang dengan sendirinya.

3. Bermain Perahu Mesin

Moms bisa mengajak bermain peran bersama si kecil dengan menjadi perahu mesin. Melatih anak agar bisa jago berenang dengan permainan ini akan membuat si kecil merasa nyaman berenang secara horizontal. Caranya, Moms bisa memegang tangan si kecil dengan menghadap ke arah Moms. Sambil Moms berjalan mundur, ajak anak mendorong tubuhnya ke depan secara perlahan-lahan.

Ketika si kecil sudah mulai nyaman, Moms bisa menaikkan kecepatan sehingga si kecil mampu menendang air dengan kedua kakinya. Latihan seperti ini akan menstimulasi si kecil untuk bisa mengapung di atas air dan membuat si kecil lancar berenang.

4. Berbicara dengan Ikan

Latihan pernapasan menjadi latihan penting untuk membuat si kecil mahir berenang. Latihan ini bisa Moms lakukan dengan si kecil dengan cara mengajaknya bermain peran untuk berpura-pura menjadi ikan. Caranya adalah dengan mengajarkan si kecil mengambil napas kemudian meniupkan gelembung ke air.

5. Permainan Lampu Lalu Lintas

Moms bisa mengajarkan si kecil dengan kaidah lampu lalu lintas. Caranya adalah dengan membuat isyarat warna lampu lalu lintas. Jika Moms berkata lampu hiau, berarti tandanya si kecil harus menendang air lebih kuat. Jika Moms berkata lampu merah, maka si kecil harus berhenti menendang air. Sedangkan jika Moms berkata lampu kuning, maka si kecil harus menendang air secara perlahan.

Permainan ini bisa menjadi dasar latihan berenang sesuai dengan tahapannya. Diharapkan dengan permainan ini anak menjadi lebih lancar berenang dan nyaman saat masuk ke dalam air.Nah, itulah beberapa permainan yang bisa Moms untuk membuat agar anak jago berenang. Selain itu juga bisa untuk menstimulasi perkembangan motorik si kecil.

Leave a Comment

%d bloggers like this: