Pernah dengar soal buah bit Moms? Tanaman asal Mediterania ini dikenal bagus untuk membantu diet karena tinggi kandungan karbohidrat, namun rendah lemak dan kalori. Namun selain itu masih ada banyak kegunaan positif lainnya lho. Yuk, simak deretan manfaat buah bit untuk kesehatan berikut ini. 

BACA JUGA: Buah dan Sayur untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Kesehatan Jantung

Memakan buah bit secara teratur sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Tanaman berwarna ungu ini sangat kaya akan kandungan serat larut, flavonoid, dan betacyanin. Khusus untuk zat terakhir, unsur antioksidan-nya memang sangat tinggi.

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi buah bit bisa mencegah oksidasi kolesterol LDL menempel di dinding arteri. Dengan demikian, kemungkinan penyakit jantung atau kolesterol bisa diminimalisir. 

Pencernaan 

Sering mual atau diare? Dua hal tersebut bisa jadi tanda masalah pencernaan. Patut diwaspadai Moms. Untuk mengatasinya, bisa coba mengkonsumsi buah bit secara teratur. Kandungan serat di dalamnya akan mempermudah tubuh mengeluarkan sisa-sisa kotoran. 

Jika bosan hanya dengan dimakan langsung, kupas dan potong-potong kecil buah bit. Campur dengan satu sendok makan madu, wortel, air jeruk nipis/lemon untuk dijadikan jus. Minum rutin sebelum sarapan untuk mengurangi rasa nyeri di perut.

Hilangkan Ketombe

Bermasalah dengan ketombe? Wah, jangan dibiarkan berlarut-larut Moms. Selain tidak bagus untuk kesehatan, bikin jadi makin tak pede dengan penampilan lho. Solusinya, manfaatkan saja buah bit untuk membuat rambut kembali berkilau. 

Caranya mudah, kupas dan potong kecil-kecil buah bit, rebus sambil dicampur sedikit madu. Oleskan ramuan ini perlahan pada kulit dan permukaan rambut secara menyeluruh. Berikutnya bungkus dengan handuk dan diamkan semalaman. Keesokan paginya, langsung bilas hingga bersih. 

Bikin Bayi Cerdas

Buah bit ternyata juga kaya akan folat Moms. Zat ini dipercaya bisa membantu tumbuh kembang otak dan membuat seseorang jadi tambah cerdas. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi tanaman sejenis umbi ini. Kandungannya akan membuat kondisi janin menjadi semakin sehat. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal, Bumbu Dapur Penjaga Kesehatan Keluarga!

Cegah Anemia

Daging buah bit yang cenderung berwarna kemerahan membuat banyak orang meyakini tanaman ini punya manfaat bagus untuk penderita lesu darah alias Anemia. Well, anggapan ini tidak sepenuhnya salah sih Moms.

Berdasarkan penelitian, buah bit mengandung banyak zat besi. Unsur inilah yang membantu tubuh untuk terus memproduksi sel-sel darah merah. Berguna juga untuk memperlancar aliran oksigen di dalam tubuh. Maka tak heran jika buah ini sangat bagus dikonsumsi oleh penderita Anemia. 

Cegah Hipertensi

Jus buah bit dipercaya mengandung banyak nitrat. Kandungan ini sangat bagus untuk memelihara kesehatan jantung. Mengkonsumsinya secara teratur diyakini bakal membuat area di sekitar arteri semakin sehat dan meminimalisir resiko terkena penyakit hipertensi. Benar-benar ampuh untuk menurunkan tekanan darah Moms. 

Bagus untuk Kesehatan Seksual

Buah bit ternyata juga bisa membuat kehidupan seksual Moms lebih bergairah lho. Hal ini karena kandungan nitrat di dalamnya bermanfaat memperlancar aliran di pembuluh darah, termasuk yang mengarah ke organ seksual. Ereksi pun dipercaya bisa bertahan lebih lama. Maka tak heran jika buah keunguan ini juga sering disebut banyak orang sebagai ‘viagra alami’. 

Mengurangi Resiko Stroke

Kandungan kalium di dalam buah bit bisa membantu melemaskan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah ke seluruh tubuh. Sangat bagus untuk meminimalisir resiko terjadinya stroke maupun penyakit lain terkait jantung. 

Demikian beberapa manfaat buah bit untuk tubuh yang perlu Moms ketahui. Jadi selain membantu diet dan pencernaan, ternyata masih ada banyak kegunaan positif lainnya bagi kesehatan. Selamat menikmati aneka manfaat ajaib tanaman keunguan ini. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: