Kanker adalah penyakit mematikan yang pertama di dunia. Paling banyak yang terkena kanker adalah wanita. Moms yang sudah divonis dokter menderita kanker wajib menjaga pola makannya. Hal ini dikarenakan kebanyakan kanker disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan sehat untuk penderita kanker  wajib hukumnya.

Makanan yang bagus untuk membunuh sel kanker adalah makanan yang banyak mengandung serat dan antioksidan. Walaupun demikian, Moms tetap harus mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein. Pada dasarnya penderita kanker wajib mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Ada 6 makanan yang sangat direkomendasikan bagi para penderita kanker, simak selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Jangan Khawatir Moms, Ini 5 Jenis Kanker yang Bisa Disembuhkan

1. Apel

Banyak orang belum tahu bahwa apel merupakan salah satu buah yang baik untuk penderita kanker. Apel hijau dan apel merah mempunyai kandungan vitamin C yang bagus untuk membantu membunuh sel kanker. Di dalam apel juga mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk kesehatan.

Buah yang satu ini dapat dikonsumsi sebagai menu camilan sehat untuk penderita kanker atau makanan pencuci mulut. Sangat disarankan bagi Moms yang baru selesai kemoterapi untuk mengkonsumsi apel karena bagus untuk membantu memperbaiki sel yang rusak.

2. Buah Bit

Atau yang lebih dikenal dengan buah merah juga bagus untuk penderita kanker.  Antioksidan di dalam buah bit ini sangat tinggi sehingga bagus untuk membunuh sel kanker. Moms bisa membuat jus dari buah bit atau mengolahnya menjadi camilan yang bergizi.

3. Oatmeal

makanan sehat penderita kanker
makanan sehat penderita kanker

Contoh menu diet kanker yang sangat direkomendasikan adalah oatmeal. Oatmeal yang terbuat dari gandum utuh sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat penderita kanker. Moms bisa mencampur oatmeal dengan sayuran ataupun buah agar rasanya lebih enak.

4. Daging Tanpa Lemak

Banyak orang mengatakan bahwa daging merupakan makanan pantangan untuk penderita kanker. Hal ini tidaklah benar, daging sangat bagus untuk memenuhi protein dalam tubuh. Semua jenis daging boleh dikonsumsi penderita kanker dengan syarat pilih yang tidak berlemak.

Jika Moms ingin mengonsumsi daging sebaiknya lemak yang ada dihilangkan. Moms juga harus memasaknya tanpa menggunakan minyak. Olahan daging yang bagus untuk penderita kanker adalah sup daging dan daging panggang tanpa lemak.

BACA JUGA: Lebih Peduli, Ketahui Gejala Kanker Payudara Stadium 4

5. Kubis

Sayuran yang bagus untuk penderita kanker adalah kubis. Berdasarkan penelitian sudah ditemukan di dalam kubis mengandung zat yang bisa memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Kubis juga sangat bagus untuk kesehatan pencernaan karena kaya akan serat.

Kubis tidak hanya bagus untuk kanker tapi juga bagus untuk mengatasi radang usus. Moms bisa mengolah kubis menjadi sup ataupun salad yang menyehatkan. Kombinasi banyak sayuran sangat bagus untuk membantu penyembuhan para penderita kanker.

6. Jahe

Minuman anti kanker yang sangat baik adalah air jahe hangat. Di dalam jahe mengandung zat anti kanker yang dapat mengatasi kanker termasuk kanker payudara. Mengkonsumsi air jahe hangat setiap hari dipercaya dapat mencegah kanker dan menghentikan tumbuhnya sel kanker.

Untuk membuat minuman jahe ini sangat mudah, Moms hanya perlu menggeprek jahe kemudian diseduh dengan air hangat. Jika Moms ingin membuat dalam jumlah banyak bisa direbus terlebih dahulu kemudian disimpan dalam kulkas.

Penderita kanker wajib menjaga pola makannya. Memperbanyak makanan yang tinggi protein dan serat bisa membantu penyembuhan penyakit kanker. Makanan yang perlu dihindari oleh penderita kanker adalah junk food dan makanan olahan yang banyak mengandung pengawet.

Makanan sehat untuk penderita kanker di atas sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Tidak hanya membantu mengobati kanker tapi juga bagus untuk mencegah kanker. Mulai dari sekarang jaga pola makan agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Leave a Comment

%d bloggers like this: