Makanan sehat untuk penderita jantung lemah tidak hanya terdiri dari sayur dan buah saja. Penderita jantung juga memerlukan asupan protein dan lemak untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Tentu saja makanan yang bagus untuk penderita jantung bukan yang tinggi lemak jenuh tapi tinggi lemak tak jenuh.

Bagi Moms yang mempunyai keluarga dengan kelainan jantung lemah wajib untuk mengonsumsi 6 makanan yang akan bahas di sini. Berikut keenam menu makanan sehat yang baik bagi jantung:

1. Kacang Hitam

Semua jenis kacang-kacangan bagus untuk kesehatan jantung, tapi hanya kacang hitam yang terbaik untuk mengatasi lemah jantung. Di dalam kacang hitam mengandung magnesium dan folat yang bagus untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Kacang hitam juga mengandung serat yang dapat mengontrol kolesterol dalam darah. Moms bisa menambahkan kacang hitam dalam menu sup ataupun di dalam salad. Agar enak, kacang hitam perlu direbus terlebih dahulu agar empuk.

BACA JUGA: Mulai Hidup Sehat dengan Menu Makanan Sehat Seminggu yang Mudah Ini

2. Salmon

Ikan salmon merupakan menu makanan sehat untuk penderita jantung yang sangat bagus. Kandungan omega 3 yang ada di dalamnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Di dalam salmon terdapat selenium yang bisa melindungi jantung.

Ikan salmon untuk penderita jantung harus diolah tanpa menggunakan minyak. Jika ingin menggunakan minyak, sebaiknya Moms menggunakan minyak zaitun. Kandungan dalam minyak zaitun juga bagus untuk kesehatan jantung.

3. Hati

Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa hati merupakan pantangan makanan penyakit jantung. Hal ini terbantahkan, walaupun hati mengandung banyak lemak tapi lemak yang ada di dalam hati justru bagus untuk jantung.

Di dalam hati mengandung lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk melancarkan aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar maka jantung akan tetap sehat. Moms bisa mengolah hati dengan cara dipanggang ataupun dimasak dengan menggunakan sedikit minyak.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Kecil yang Dapat Membuat Jantung Anak Sehat

4. Blueberry

makanan sehat untuk penderita jantung lemah
makanan sehat untuk penderita jantung lemah

Minuman sehat bagi jantung salah satunya adalah jus blueberry. Buah yang berwarna ungu ini mengandung flavonoid yang sangat bagus untuk jantung. Moms yang rajin minum jus blueberry akan terhindar dari jantung koroner.

Tidak hanya dibuat jus, Moms juga bisa menambahkan blueberry pada salad buah. Jika Moms suka, blueberry juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Agar rasanya lebih enak, Moms bisa memakan blueberry dengan yoghurt.

5. Kiwi

Buah dengan kulit berbulu ini ternyata juga bagus untuk mengatasi jantung lemah loh Moms. Kandungan vitamin C dan E yang ada di dalam kiwi sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah. Moms bisa mengolah kiwi sebagai jus atau dibuat salad dengan campuran buah blueberry.

6. Biji Chia

Biji chia merupakan makanan sehat untuk jantung dan lambung. Moms yang sakit lambung dan jantung bisa mengonsumsi biji ini. Di dalam biji chia mengandung kalori yang rendah dan omega 3 yang tinggi. Kandungannya ini dapat menghancurkan lemak yang ada di dalam pembuluh darah.

Tidak hanya itu, biji chia juga bisa menetralkan asam lambung dan membuat kerja jantung optimal. Biji chia bisa Moms campurkan ke dalam sup ataupun salad. Moms juga bisa menambahkan biji chia dalam minuman jus blueberry dan jus buah lainnya.

Jika Moms menderita jantung atau ada keluarga yang menderita jantung sebaiknya tetap menjaga makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat. Mengonsumsi makanan sehat untuk penderita jantung lemah di atas wajib dilakukan agar jantung tetap sehat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: