Kasus mengenai virus corona jenis baru yaitu novel Coronavirus 2019 (nCoV) yang sedang meresahkan hampir seluruh penduduk dunia ini kian hari kian bertambah dan bukan hanya di China tetapi juga di negara selain China. Virus yang mewabah dari kota Wuhan sejak Desember 2019 lalu sudah tercatat lebih dari 4000 kasus. 

Australia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan terbaru Jerman adalah negara-negara yang telah terjangkit oleh virus corona. Berdasarkan data dari CNN, status Indonesia masih dikatakan negatif virus corona. Akan tetapi bukan berarti Moms harus santai-santai saja. Ada baiknya mulai sekarang bersiap-siap dan waspada. Terutama bagi Moms yang memiliki aktivitas padat di luar rumah atau harus ke kantor setiap hari. Coba deh lakukan cara-cara berikut ini untuk pencegahan virus corona! 

BACA JUGA: 5 Pernyataan Penting Para Ahli Penyakit Tentang Infeksi Virus Corona

1. Memakai masker tiap keluar rumah

Salah satu cara mencegah virus corona adalah dengan memakai masker, disini masker yang harus dipakai adalah masker yang tertutup ya, Moms! Salah satu cara penyebaran virus melalui udara membuat Moms dapat melakukan pencegahan dengan masker saat pergi keluar rumah. Pilihlah masker yang dapat menutupi area hidung, bukan hanya masker yang menutup area mulut saja. Moms bisa pilih masker dengan bahan sejenis karet yang elastis dengan pengamanan lebih terjamin. 

2. Sering mencuci tangan

Setiap usai keluar rumah, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Moms bisa mencuci tangan dengan sabun khusus tangans elama 20 detik dengan air yang mengalir, supaya benar-benar bersih dari udara, kuman, atau virus luar. Saat di luar ruangan moms juga bisa sedia hand sanitizer, jika tidak tersedia air untuk cuci tangan. Gunakan hand sanitizer sebelum makan, setelah berjabat tangan dengan orang lain, dan sebelum mengucek area mata atau hidung yang gatal.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Mengetahui Gejala Virus Corona?

3. Hindari mengonsumsi makanan raw (mentah)

Raw salmon, atau raw meat adalah salah satu bahan makanan yang sudah ditolak karena lezat dan bergizi. Namun karena virus corona sedang mewabah dan sangat berbahaya, Moms sebaiknya tidak mengonsumsi produk hewani mentah (raw) atau setengah matang. Ini untuk menghindari penyebaran virus corona melalui hewan. Sementara ini, Moms juga bisa mengurangi produk-produk hewani. Produk hewani mentah atau setengah matang sendiri mengandung bakteri-bakteri yang sudah hilang. Bakteri-bakteri inilah yang bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan Moms. 

4. Melakukan sanitasi lingkungan

Pencegahan virus corona bukan hanya dapat dilakukan di luar ruangan tetapi juga di dalam rumah atau kantor. Moms harus memastikan untuk melakukan desinfeksi pada lantai, dinding bangunan, karpet dan pegangan pintu juga jendela, serta alat yang disentuh secara umum. Jika perlu, Moms bisa menyemprotkan  spray fast-acting alcoholic atau spray disinfectant pada ruangan. Jangan lupa untuk menyediakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen serta sabun cuci tangan.

BACA JUGA:  Ilmuwan China Klaim Telah Temukan Obat Virus Korona, Ini Daftarnya!

5. Hindari berbagi alat makan bersama

Bisa jadi diantara Moms ada yang gemar menggunakan barang bersama-sama, misal peralatan makan atau minum. Ada baiknya kebiasaan ini dihindari lebih dulu. Karena virus corona dapat menyebar melalui kontak fisik dengan manusia. Sehingga bisa jadi penyebaran virus ini terjadi saat Moms menggunakan barang bersama. Jika memang Moms haru berbagi barang bersama, sebaiknya cuci menggunakan sabun lebih dulu barang-barang tersebut untuk meminimalisir penyebaran virus. 

Nah, itu tadi 5 cara untuk mencegah virus corona. Supaya tingkat pencegahan yang Moms lakukan lebih maksimal jangan lupa untuk selalu update informasi terkait virus ini ya!

Metadesk

Leave a Comment

%d bloggers like this: