Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Organ yang berfungsi sebagai penyaring limbah tubuh ini ada kalanya mengalami masalah. Jangan buru-buru memvonis diri Moms menderita sakit ginjal, kenali lebih dulu gejala penyakit ginjal tersebut.

Masalah penyakit ginjal pada banyak orang sering terjadi akibat pola makan yang salah, mengkonsumsi bahan-bahan tertentu hingga masalah faktor genetika. Kapan dikatakan ginjal Moms benar-benar bermasalah? Tentu Moms harus tau bagaimana ciri-ciri penyakit ginjal tersebut.

Baca Juga : Catat! 10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Inilah Gejala Sakit Ginjal yang Perlu Moms Tahu

Sebelum memastikan apakah Moms mengalami penyakit ginjal atau tidak, Moms juga sudah harus bisa membedakan jenis-jenis masalah pada ginjal. Di antara yang sering dialami orang adalah infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal, kista ginjal dan sebagainya.

Masing-masing penyakit di atas memiliki gejala yang berbeda, untuk memastikannya bisa dilihat dari hasil cek laboratorium yang lebih akurat. Namun, secara umum berikut ini beberapa tanda-tanda penyakit ginjal yang perlu Moms ketahui:

1. Perubahan Warna Urine

Deteksi awal jika ginjal Moms mulai bermasalah bisa dilihat dari warna urine. Warna yang lebih keruh dengan volume yang menurun menunjukkan adanya indikasi masalah pada organ ginjal Moms.

Jika terjadi urine berdarah, bisa jadi hal merupakan gejala infeksi ginjal sedang terjadi. Luka pada ginjal memungkinkan perubahan warna pada urine. Namun, bisa juga warna merah pada urine dialami saat terjadinya infeksi saluran kemih. Moms harus bisa membedakannya.

2. Sakit Pinggang

Tidak semua sakit pinggang menjadi indikasi ginjal Moms sedang bermasalah. Namun, saat mengalami hal ini sebenarnya semacam kode mungkin Moms kurang mengkonsumsi air putih sehingga kerja ginjal mulai berat.

Bila setelah banyak mengkonsumsi air putih masih saja merasa sakit, Moms bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Jika tak kunjung sembuh, segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Kandungan Protein pada Urine

Gejala penyakit ginjal selanjutnya bisa dilihat dari kandungan urine. Urine merupakan komponen yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh karena tidak dipakai. Pada orang-orang yang memiliki ginjal normal, cairan urine tidak mengandung protein.

Namun, mereka yang mengalami masalah ginjal biasanya urine akan bercampur protein hingga sel darah putih. Kondisi ini menunjukkan adanya gejala gagal ginjal yang dialami seseorang.

4. Mual dan Muntah

Gejala ini sebenarnya cukup umum dirasakan di berbagai penyakit lain. Namun, kondisi pada mereka yang mengalami masalah ginjal biasanya selain mual dan muntah juga diiringi cepat lelah dan nafsu makan menurun.

Selain itu, terjadi sesak nafas dan nyeri di bagian dada serta rasa gatal terus menerus yang sulit dihilangkan.

5. Pembengkakan di Bagian Tubuh

Masalah pada ginjal juga ditunjukkan dengan gejala pembengkakan yang terjadi di beberapa anggota tubuh seperti kaki, lengan, pipi, wajah hingga bagian mata. Penumpukan limbah pada tubuh yang tidak bisa disaring oleh organ ginjal menyebabkan hal ini terjadi.

Penyebab penyakit ginjal yang terkadang tak disadari orang adalah kebiasaan pola makan dan jarang minum air yang sehat. Sayangi ginjal Moms dengan menjaga asupan jenis makanan yang dapat memicu kerusakan pada ginjal. Ingat, ginjal organ mahal yang tak tergantikan jika telah bermasalah.

Obat sakit ginjal memang cukup beragam, tetapi sebelum ada vonis ginjal Moms bermasalah, tetap lebih baik mencegah dan menjaga kesehatan ginjal Moms sejak dini. Saat ginjal telah bermasalah, biasanya akan memicu komplikasi penyakit lain yang berbahaya.

Menjaga kondisi ginjal agar tetap sehat harus dilakukan sejak dini, bahkan pada si buah hati. Hal ini disebabkan masalah ginjal bukan hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun sangat mungkin mengalaminya. Sudahkah Moms merawat ginjal sendiri? Waspadalah agar gejala penyakit ginjal tak muncul.

Leave a Comment

%d bloggers like this: