Ciri-ciri usus buntu yang meradang penting banget untuk diketahui sejak awal lho, Moms. Jangan khawatir, meski termasuk dalam kondisi gawat darurat, tingkat kesembuhan usus buntu sangat tinggi. Yang terpenting, usus buntu ini mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat oleh tenaga medis.

Usus buntu sebenarnya merupakan bagian dari usus besar yang hingga saat ini tidak benar-benar diketahui fungsi vitalnya bagi tubuh manusia. Meskipun demikian, peradangan pada jaringan ini sangat mengganggu dan bisa terjadi pada rentang usia 10 -30 tahun. Yuk kenali apa saja ciri-cirinya.

Baca Juga : Waspadai! Pemicu Radang Usus Buntu Saat Hamil

1. Rasa Nyeri yang berawal dari Perut Bagian Kanan Bawah

Ciri ini paling sering dikeluhkan oleh pasien dan dapat dikatakan sebagai ciri-ciri usus buntu parah karena rasa sakitnya bersifat konstan, menetap, dan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Ketika peradangan semakin menjadi, maka rasa nyerinya juga akan meningkat berkali lipat.

2. Rasa Nyeri yang berawal dari Pusar

Merupakan ciri yang muncul pada 24 jam pertama setelah terjadinya peradangan. Sensasi nyeri ini juga kerap datang dan pergi. Namun dalam hitungan jam, besar kemungkinan nyeri ini segera berpindah ke bagian kanan bawah perut. Jadi, jangan abaikan pertanda ini ya Moms.

3. Rasa Nyeri Bertambah ketika Melakukan Berbagai Gerakan Tubuh

Pasien dengan usus buntu cenderung mengeluhkan rasa nyeri dengan intensitas tinggi ketika menggerakkan anggota badan. Berjalan, berlari, menggoyang-goyangkan tubuh, tertawa, bersin, dan batuk, akan membuat sakitnya menjadi tidak mungkin lagi untuk diabaikan.

4. Rasa Mual dan Muntah

Ciri ini sangat umum dialami oleh pasien dari berbagai kelompok usia. Gejala ini sebenarnya adalah refleks alami dari tubuh manusia ketika sedang mengalami infeksi. Radang usus buntu sendiri memang diakibatkan karena adanya proses infeksi.

5. Kehilangan Selera Makan

Meskipun bukan termasuk ciri spesifik dan tidak selalu dialami, tapi pasien kerap ditemukan mengalami penurunan nafsu makan. Gejala ini juga biasanya diikuti dengan gangguan pada fungsi pencernaan, termasuk konstipasi dan diare.

6. Demam Ringan

Jika pasien mengalami demam dengan temperatur 37.20– 380Celcius, berarti peradangan masih termasuk ringan. Namun harus waspada, karena demam di atas itu bahkan mencapai 400 Celcius menjadi satu ciri-ciri usus buntu pecah. Kondisi ini bisa berakibat fatal. Segera cari pertolongan dokter!

7. Rasa Kembung pada Perut

Rasa kembung memang kadang dialami dan tidak bisa langsung dipastikan penyebabnya. Namun, ciri ini bisa terjadi pada pasien anak-anak bahkan bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun. Selain itu, perut juga akan terlihat sedikit membengkak.

8. Banyak Gas di Dalam Perut

Ya, usus buntu akan menimbulkan sensasi seperti ada banyak gas di dalam perut, khususnya di dalam usus. Gejala ini sering disalah artikan sebagai gangguan pada lambung. Namun, jika disertai berbagai gejala lain seperti di atas, Moms sangat patut mewaspadai ini.

Jika Moms menemukan ciri-ciri yang telah disebutkan ini, Moms bisa segera menemui dokter supaya dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dalam situasi terjadi radang pada usus buntu, biasanya dokter sangat menganjurkan operasi. Tindakan bedah menjadi pengobatan usus buntu yang efektif.

Nah, itu dia ciri-ciri usus buntu yang perlu untuk Moms ketahui supaya bisa lebih waspada dengan penyakit ini. Untuk pencegahan, sangat dianjurkan secara rutin mengonsumsi menu makanan sehat yang tinggi serat seperti buah dan sayur. Semoga informasi singkat ini bisa memberikan manfaat ya Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: