Si kecil lidahnya berwarna putih? Moms tidak perlu kuatir, karena lidah putih pada bayi belum tentu karena ia mengalami masalah kesehatan yang serius. Namun, Moms tetap perlu waspada dan mencari tahu lebih lanjut mengenai arti lidah putih pada bayi serta cara menanggulanginya.

Kita semua tahu bahwa bayi sangat membutuhkan penanganan dan perawatan yang hati-hati. Moms pasti akan melakukan yang terbaik untuk melindunginya, termasuk ketika lidahnya terlihat berwarna putih. Pada dasarnya, lidah bayi putih karena susu formula atau ASI dan bisa juga karena infeksi jamur.

Apa Penyebab Lidah Putih Pada Bayi?

Seperti telah disebutkan di atas, lidah bayi yang terlihat memiliki lapisan berwarna putih disebabkan oleh susu atau jamur. Berikut penjelasan secara lengkapnya:

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Cegukan pada Bayi Baik untuk Perkembangan Otak

1. Lidah Putih Pada Bayi karena Sisa Susu

Warna putih yang terlihat pada lidah bayi bisa disebabkan oleh residu atau sisa susu yang menempel dan menumpuk di lidahnya. Hal ini berlaku untuk bayi yang minum ASI maupun minum susu formula.

Memang agak sulit membedakan apakah lidah putih bayi disebabkan oleh sisa susu atau jamur ya Moms. Cara termudah untuk mengetahui hal ini adalah:

  • Warna putih yang terlihat hanya ada di bagian lidah saja.
  • Warna putih hanya muncul setelah si kecil menyusu, baik ASI maupun susu formula.
  • Mengelap lidah di kecil dengan kain halus yang sudah dicelup air hangat. Jika setelah diseka, lapisan putihnya terlihat memudar atau hilang, berarti penyebabnya adalah karena residu susu di lidah.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini karena si kecil mengalami kekurangan air ludah. Bayi berumur 4 bulan ke bawah belum memproduksi banyak air ludah ya Moms. Jadi, kurangnya air ludah tersebut menyebabkan mulut bayi tidak dapat membersihkan semua sisa susu. Hal ini berakibat sisa susu tersebut menempel di lidah dan membuat lidah bayi putih.

2. Karena Infeksi Jamur (Oral Thrush)

Warna putih pada lidah bayi bisa disebabkan oleh jamur, yaitu jamur Candida Albicans. Jamur ini sebenarnya terdapat dalam mulut setiap orang dewasa dan tidak menimbulkan masalah. Namun, karena daya tahan tubuh bayi masih kurang, jamur ini dapat menyebabkan lidah bayi putih.

Berikut gejala yang dapat Moms cermati jika di kecil mengalami oral thrush:

  • Munculnya bintik putih di lidah dan bagian dalam rongga mulut. Seringkali juga muncul warna kemerahan di langit-langit mulut.
  • Warna putih di lidah bisa terlihat sepanjang hari dan tidak hilang walau sudah dibersihkan dengan lap hangat.
  • Muncul bintik-bintik kecil berwarna putih dan tebal.
  • Awalnya terlihat sebagai bintik putih kecil di lidah dan bagian dalam bibir, kemudian menjadi tebal dan melapisi lidah si kecil.
  • Jika diseka dengan kain halus hangat menimbulkan bercak kemerahan hingga berdarah.
  • Si kecil merasa tidak nyaman dan terganggu ketika menyusu.

Infeksi jamur ini menular ya Moms. Jadi jika si kecil terkena oral thrush, bisa menularkannya ke puting payudara Moms dan menyebabkan nyeri ketika menyusui. Umumnya, cara mengatasi lidah putih pada bayi karena jamur adalah dengan memberikan obat anti jamur sesuai resep dokter.

Jika Moms tertular infeksi tersebut, dapat menggunakan krim anti jamur yang dioleskan di puting payudara. Pastikan bahwa Moms sudah membersihkan sisa krim tersebut sebelum menyusui si kecil ya.

Semoga informasi mengenai lidah putih pada bayi dan cara menanganinya di atas bermanfaat untuk menambah pengetahuan Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: