Infeksi ginjal bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak dan wanita. Moms wajib tahu gejala infeksi ginjal agar dapat mengatasinya sejak dini sehingga tidak berakibat fatal. Apalagi dalam penelitian disebutkan bahwa yang sering mengalami infeksi ginjal adalah wanita.

Mendiagnosa infeksi ginjal bisa dilakukan dengan mengidentifikasikan gejala awal yang muncul. Ada 6 gejala awal yang biasanya muncul ketika ginjal terinfeksi, yaitu:

1. Nyeri Pada Pinggang

Gejala awal infeksi ginjal bisa ditandai dengan rasa nyeri yang terjadi pada pinggang. Kebanyakan Moms mengira bahwa nyeri pada pinggang terjadi karena efek akan datang bulan. Namun, Moms harus lebih waspada jika nyeri pinggang sering terjadi.

Nyeri pinggang yang merupakan gejala dari infeksi ginjal biasanya datang dan pergi tidak beraturan. Rasa nyeri tersebut dirasakan pada bagian pinggang belakang. Jika Moms sering merasakan nyeri pinggang yang sangat hebat tanpa sebab, bisa jadi Moms mengalami infeksi pada ginjalnya.

2. Buang Air Kecil Sering dan Sakit

Sebenarnya infeksi ginjal bermula dari infeksi saluran kemih atau infeksi kandung kemih. Gejala awal dari infeksi ini adalah sering melakukan buang air kecil dan terasa sakit pada bagian kemih ketika sedang buang air kecil.

Rasa nyeri pada kandung kemih bisa jadi disebabkan karena Moms kekurangan minum air putih. Namun jika Moms merasa sudah banyak minum air putih tapi tetap merasa perih bisa jadi ginjal Moms sudah terinfeksi. Tidak hanya sakit, biasanya jika seseorang mengalami infeksi ginjal buang air kecilnya sering dengan jumlah yang sedikit.

BACA JUGA: Inilah Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal

3. Sering Mengalami Demam

Demam juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal pada Moms. Badan menjadi demam biasanya jika infeksi sudah menjalar ke bagian utama ginjal. Demam sebagai efek tubuh yang tidak bisa mengatasi infeksi bakteri atau virus yang terjadi.

Jika Moms mengalami demam dengan gejala sebelumnya sering sakit buang air kecil dan nyeri pinggang, bisa jadi ginjal Moms terinfeksi. Sebaiknya Moms harus segera memeriksakan diri ke dokter agar ditangani dengan tepat.

4. Sering Mual

Mual disertai dengan muntah bisa menjadi gejala awal berbagai penyakit termasuk ginjal. Ginjal yang sudah terinfeksi tidak dapat menyerap darah dengan optimal. Hal inilah yang memberikan efek mual yang disertai dengan muntah.

Agar lebih tahu apakah mual dengan muntah yang dialami Moms adalah infeksi ginjal maka Moms wajib memeriksakan diri ke dokter.

BACA JUGA: Kenali Gejala Penyakit Ginjal yang Sebenarnya

5. Air Seni Berwarna Keruh dan Bau Menyengat

Perubahan warna air seni bisa menjadi tanda ginjal terinfeksi. Jika ginjal terinfeksi bakteri atau virus maka kemampuannya menyerap racun dalam darah sudah tidak bisa lagi. Hal ini mengakibatkan air seni yang dihasilkan berwarna keruh dan baunya sangat menyengat.

6. Air Seni Bercampur Darah dan Nanah

Moms bisa dikatakan mengalami infeksi pada ginjal jika mengalami gejala buang air kecil disertai dengan darah dan nanah. Jika hal ini terjadi maka Moms sudah bisa dipastikan ada masalah dengan saluran kemih dan ginjalnya. Moms harus segera ke dokter untuk memastikan penyakit apa yang Moms derita.

Gejala infeksi ginjal ini harus Moms pahami dengan benar. Dalam penelitian menyebutkan bahwa wanita lebih rentan terhadap infeksi ginjal terutama pada saat hamil. Pada masa kehamilan bayi bisa saja menendang kantung kemih dan membuat salurannya tidak lancar, hal inilah awal mula penyebab infeksi ginjal.

Leave a Comment