Pernahkah Moms mencari tahu arti dari kedutan mata kanan bawah menurut Islam? Mengalami kedutan di area mata kanan Moms? sebab, kedutan di bagian tersebut merupakan hal yang sering terjadi oleh setiap orang. Tidak hanya di sisi atas dekat alis, namun bisa juga di bawah. 

Mata kedutan juga sering disebut dengan istilah blefarospasme dari segi medis. Atau, dengan kata lain dapat dikatakan sebagai gerakan yang berulang maupun berkedut yang timbul dari kelopak mata, baik sebelah kiri maupun kanan yang terjadi secara tiba-tiba dan spontan. Biasanya, berlangsung selama beberapa detik. Bahkan, ada yang sampai hitungan menit, sekitar 1-2 menit kurang lebih lamanya.

Kedutan mata kanan bawah menurut islam bukanlah persoalan yang tergolong besar. Sebab, hal tersebut merupakan kejadian yang sudah sewajarnya dialami manusia. Seperti halnya buang angin. Jadi, dengan kata lain tidak mempersulit maupun terlalu mempersoalkan kedutan mata menurut Islam. Sebab, Nabi Muhammad SAW sendiri melarang umatnya untuk mempercayai hal-hal yang berbau ramalan maupun sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan dan bersumber dari makhluk. Maka, tak jarang malah muncul banyaknya mitos yang berhubungan dengan kedutan mata kanan bawah menurut Islam yang membuat kita menjadi semakin gusar dan was-was.

BACA JUGA: Bagaimana Arti Kedutan Mata Kiri Terus Menerus?

Sebelum datangnya Islam, dalam tradisi leluhur Jawa primbon merupakan hal yang sangat dipegang teguh. Apalagi sering dihubung-hubungkan dengan suatu pertanda. Oleh sebab itu, jika kita ingin mengetahuinya boleh-boleh saja. Asalkan jangan terbawa arus. Atau dengan kata lain, tidak menjadikan hal tersebut harus dipercayai atau diimani. Berikut tafsir kedutan mata kanan atas dan bawah menurut primbon Jawa.

kedutan mata kanan bawah menurut islam

Arti kedutan mata kanan atas menurut primbon Jawa

  • Bersua kawan lama
  • Ada tamu yang memberi berita bagus
  • Menemukan sesuatu yang sudah lama hilang
  • Saudara jauh akan datang
  • Melihat sesuatu yang indah

Arti kedutan mata kanan bawah menurut primbon Jawa

  • Ada kabar yang tidak bagus
  • Terkena suatu penyakit, kesialan, maupun kecelakaan
  • Mengalami rasa kecewa yang mendalam
  • Ada sesuatu yang akan hilang
  • Mendapatkan kebahagiaan yang tiada terkira

Setelah mengetahui arti kedutan mata kanan bawah menurut Islam, medis, dan juga primbon Jawa. Maka tidak ada salahnya kita menyikapinya dengan sewajarnya. Tidak perlu dilebih-lebihkan. Namun, jika kedutan yang dialami terasa tidak wajar, maka waspadailah jika terjadi tanda-tanda seperti berikut ini.

BACA JUGA: Telinga Berdenging Terus? Yuk Moms Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berlangsung sangat lama

Kedutan mata yang normal biasanya hanya terjadi beberapa detik saja. Namun, jika intensitas kedutan ini terjadi berlarut larut hingga beberapa minggu. Maka berarti ada hal yang salah dengan kondisi tubuh. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk periksa ke dokter khusus saraf, atau dengan mendatangi tempat pengobatan terdekat agar ditangani lebih awal.

Timbul nyeri

Jika sampai muncul rasa nyeri pada kedutan mata, langsung konsultasikan dengan dokter spesialis mata agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Mata merah

Kedutan mata disebelah kanan maupun kiri yang tak normal ini ternyata juga dapat menimbulkan mata semakin membengkak, memerah, dan keluarnya cairan dari mata. Sehingga akan mengganggu berbagai aktivitas. Jadi, segera hubungi pihak kesehatan di klinik maupun puskesmas untuk mendapatkan perawatan khusus. 

  1. Gangguan penglihatan

Tidak seperti biasanya, kedutan ini malah memunculkan gangguan dalam penglihatan. Maka, ada baiknya untuk memeriksakan diri segera pada dokter.

Leave a Comment