Kalau diminta untuk memilih, antara melahirkan normal atau caesar, banyak yang memilih melahirkan normal. Alasannya sederhana, karena melahirkan normal lebih cepat sembuhnya dibandingkan caesar. Sedangkan untuk penyembuhan operasi Caesar butuh waktu yang lama. 

Berapa lamakah sembuhnya dan apa saja tips untuk menyembuhkan luka lebih cepat? Jangan lewatkan informasi berikut ini ya Moms.

Lama Waktu Penyembuhan Operasi Caesar

kapan luka operasi caesar sembuh total

Umumnya, sebelum memilih operasi caesar saat melahirkan, sebagian besar bumil pasti menanyakan, “Berapa lama penyembuhan operasi Caesar ya, Dok?” Ini ditanyakan sebagai salah satu pertimbangan agar saat melahirkan tidak terjadi hal yang buruk pada anak dan ibu.

Namun, hal yang perlu Moms tahu, kondisi setiap orang berbeda dengan tingkat kekebalan tubuh yang berbeda pula. Sehingga waktu pasti pemulihan setelah operasi caesar juga tidak bisa ditentukan secara pasti. Misalnya untuk Moms yang memiliki penyakit diabetes tentunya akan mengalami masa penyembuhan yang lebih panjang dari yang tidak memiliki penyakit apapun.

Jika operasi Caesar lancar dan tidak ada masalah seperti komplikasi apapun, penyembuhan pasca operasi Caesar sekitar 4-6 minggu. Sedangkan untuk pulih 100%, Moms butuh waktu sekitar 3 bulan. Moms akan lebih cepat sembuh jika mengikuti anjuran dari dokter pasca Moms operasi.

Cara Penyembuhan Operasi Caesar agar Lebih Cepat

Jika setelah operasi Caesar Moms justru tidak istirahat misalnya langsung bekerja setelah bedrest 1 minggu, luka sayatan bisa terbuka. Akibatnya bisa fatal seperti pendarahan. Jadi, agar proses penyembuhan operasi Caesar lebih cepat, Moms bisa melakukan hal berikut ini:

Berjalan-Jalan Ringan dan Menggerakkan Kaki

Agar fisik Moms semakin kuat walaupun pasca operasi Caesar, Moms harus membiasakan untuk berjalan ringan dan menggerakkan kaki. Tujuannya adalah untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga badan juga akan lebih fit.

Menjaga Emosi dengan Baik

Lho, apa hubungannya sembuh Caesar dengan emosi? Ternyata nih Moms, emosi yang tidak stabil seperti stres, bisa menyebabkan proses penyembuhan semakin susah. Ini karena ada perubahan epigenetik sel tubuh. Jadi semakin stabil emosi yang Moms miliki, seperti stres atau tidak mudah marah, tubuh juga akan lebih sehat.

Merawat Luka Bekas Operasi dengan Benar

Agar luka bekas operasi cepat sembuhnya, maka Moms harus dengan baik merawat luka tersebut. Seperti mencuci lukanya dengan teratur, menghindarkan luka dari air, memberikan obat antiseptik, ataupun menghindari makanan dan minuman yang menjadi pantangan. 

Jika bagian sayatan terasa gatal agar tidak digaruk dan semakin parah, bisa diatasi dengan kompres es batu sekitar 5-10 menit.

Istirahat yang Cukup

Jangan lupa istirahat lho Moms, tidak hanya di malam hari namun usahakan juga di siang hari. Moms juga bisa curi-curi waktu untuk istirahat saat baby sedang tidur. Ini karena istirahat sangat penting untuk pertumbuhan jaringan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka.

Pilih-Pilih Makanan Minuman

Apa yang masuk ke tubuh sangat berpengaruh pada kesembuhan pasca Caesar dan mencegah konstipasi. Karena itu, hindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang dilarang. Sebaliknya, konsumsi makanan yang berserat tinggi dan mengandung zat anti inflamasi. Contohnya adalah salmon, biji-bijian dan sayuran yang berdaun gelap.

Jadi, agar waktu penyembuhan luka Caesar Moms lebih cepat dari 12 minggu, sebaiknya melakukan nasehat dan  anjuran dokter ya Moms. Bila terjadi infeksi seperti demam lebih dari 38oC, sakit di sekitar jahitan, luka semakin parah terasa sangat sakit, sesegera mungkin hubungi dokter ya Moms. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Moms ya!

Leave a Comment

%d bloggers like this: