Kanker sudah tentu dihindari oleh Moms dan kebanyakan orang lain. Terlebih penyakit kanker berpeluang untuk menyerang setiap orang. Banyak sekali jenis-jenis dari kanker yang sering dan umum terjadi. Seperti kanker otak, kanker rahim hingga kanker payudara. Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai jenis kanker payudara.

Tentu moms tau bahwa jumlah wanita yang terserang kanker payudara tidak lagi sedikit. Bahkan, banyak wanita yang kehilangan nyawa akibat kanker ganas ini.

Kanker payudara sendiri terjadi dan muncul karena adanya sel-sel dari payudara yang tumbuh secara tidak normal. Sel tersebut kemudian membelah dalam waktu yang cepat dan akhirnya berkumpul menjadi satu dan membentuk sebuah benjolan.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti Penyebab dari munculnya sel-sel yang dapat membentuk sel kanker tersebut dan menjadi penyebab kanker payudara. Namun, pada umumnya kanker payudara muncul karena faktor hormon ataupun keturunan.

BACA JUGA: Lebih Peduli, Ketahui Gejala Kanker Payudara Stadium 4

Jenis-jenis Kanker Payudara

jenis kanker payudara
jenis kanker payudara

Perlu moms tau bahwa kanker payudara memiliki beberapa jenis, mulai dari kanker ringan hingga kanker yang ganas. Untuk mengetahui lebih lanjut simak beberapa jenis kanker payudara:

1. Kanker payudara non invasif

Jenis dari kanker payudara ini merupakan kanker yang timbul karena adanya sel kanker yang tidak mau pecah dan tetap berada di lokasi awal. Terdapat dua jenis kanker yang ada di dalam kategori ini :

  • Karsinoma ductal in situ (DCIS)

Merupakan jenis kanker yang umum terjadi. Jenis kanker ini berupa sebuah sel yang terbentuk pada saluran payudara dan tetap berada di tempat tersebut atau tidak mau menyebar sehingga menjadi sebuah benjolan penyebab kanker.

Karena belum menyebar, kanker jenis ini akan lebih mudah untuk diobati dan tidak merenggut jiwa.

  • Karsinoma lobular in situ (LCIS)

Merupakan sebuah kondisi dimana sel kanker tumbuh pada bagian lobulus payudara. Lobulus payudara merupakan bagian jaringan yang berfungsi memproduksi susu. Sudah menjadi jamak bagi wanita yang terkena kanker akan masuk ke dalam golongan kanker ini Moms. Ketika terdiagnosis oleh penyakit ini maka pasien harus melakukan skrining kanker payudara.

BACA JUGA: Kanker Payudara Boleh Menyusui? Bagaimana Tinjauan Medis?

2. Kanker payudara invasif

Pada kanker payudara invasif, sel kanker sudah menyebar, lalu menyerang berbagai jaringan, dan munculah kanker ini. Kenali dua kategorinya di sini Moms :

  • Karsinoma ductal invasif (IDC)

Jumlah penderita jenis kanker ini lebih banyak sebetulnya.. Kanker ini akan menyerang pada bagian saluran susu yang kemudian menyebar ke bagian terdekat pada payudara.

  • Karsinoma lobular invasif

Kanker ini terjadi pada bagian lobulus atau jaringan yang memproduksi susu dan kemudian menyebar ke bagian jaringan lain di area payudara. Kanker jenis ini biasanya dialami oleh wanita yang sudah lanjut usia. Bahkan, jenis kanker ini tidak dapat dideteksi secara langsung dengan pemeriksaan fisik.

Kanker payudara sendiri terkadang juga ditimbulkan karena pola hidup seseorang. Dengan penerapan pola hidup yang tidak sehat dan mengkonsumsi makanan penyebab kanker payudara tentu akan membuat seseorang lebih rentan terserang kanker. Oleh karena itu, penting sekali untuk menerapkan gaya hidup sehat dan selektif dalam mengkonsumsi makanan.

Moms, yang sudah disebutkan di atas merupakan jenis kanker payudara yang rentan menyerang para perempuan. Cukup mengerikan ya moms. Maka dari itu, ada baiknya jika melakukan pemeriksaan secara rutin khususnya ketika sudah terjadi atau merasakan hal-hal yang tidak biasa. Dengan pemeriksaan secara rutin maka diharapkan moms akan mendapatkan penanganan yang tepat ketika terdapat suatu masalah.

Leave a Comment

%d bloggers like this: