Gejala asam lambung harus menjadi perhatian Moms, karena penyakit ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Salah satu efek bila didiamkan adalah bisa menyebabkan meninggal dunia. Apalagi, tidak hanya lansia saja, anak muda pun juga bisa mengalaminya.

Salah satu penanganan yang tepat adalah dibawa ke rumah sakit. Karena, saat kadar asam ini naik biasanya organ yang lemah akan diserang. Inilah yang membahayakan bila tidak segera mendapatkan pertama. Atau penanganannya salah yang membuat penderita semakin kesakitan.

Baca Juga : Bisa Jadi Bahaya, Inilah 6 Penyebab BAB Berdarah yang Penting untuk Diketahui

Gejala Asam Lambung yang Perlu diKetahui

Mulai saat ini, cobalah Moms perhatikan apakah selama ini ada rasa terbakar di dada. Kemudian, saat makan atau mencoba berbaring rasa itu bertambah parah? Atau juga Moms, sering bersendawa merasa mual dan muntah? Bisa jadi itu gejala asam lambung Moms.

Penyebab asam lambung ini terjadi saat otot kerongkongan Moms yang ada di bawah mulai melemah. Otot ini berfungsi untuk menutup saluran kerongkongan, saat makanan yang Moms makan sudah masuk ke lambung. Karena, bagian ini lemah maka kerongkongan yang harus menutup jadi terbuka.

Dari sinilah asam lambung akan naik keatas yang mengakibatkan mulut Moms, terasa asam. Bila kadar asam terlalu tinggi, maka akan naik ke jantung yang mengakibatkan Moms Jadi sesak napas. Keluhan lainnya juga terjadi seperti, gangguan pencernaan serta maag yang kadang kambuh dan sangat perih.

Tips Mengobati Asam Lambung

Sebenarnya, Moms tidak perlu membawa ke dokter. Ada berbagai macam cara mengobati asam lambung. Diantaranya mengubah pola dan porsi makanan sehari-hari. Salah satunya adalah kurangi lemak sejak sekarang.

Kandungan lemak dapat dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lama. Hal ini yang menyebabkan lambung akan memproduksi asam lambung lebih banyak. Produksi yang banyak ini, bisa menyebabkan naik ke atas. Selanjutnya, hindari kebiasaan buruk setelah makan.

Biasanya Moms, setelah makan langsung tidur bukan? Mulai sekarang, beri jeda kurang lebih 3 jam. Biarkan lambung bekerja mencerna makanan dahulu. Selain kebiasaan kecil seperti ini, Moms juga bisa menggunakan obat asam lambung alami yang didapatkan dari alam.

Ada jahe, yang memiliki kandungan anti radang. Manfaat lain dari jahe adalah mengatasi nyeri pada ulu hati, dan produksi asam berlebihan. Moms bisa membuatnya sebagai minuman hangat di waktu istirahat. Bila tidak suka dengan rasa pedasnya, Momsjuga bisa minum teh chamomile atau bunga matahari.

Kandungannya dipercaya meredakan ulu hati, dan mampu mengatasi susah tidur Moms. Akar manis juga bisa Moms gunakan. Mengandung bahan kimia yang mampu meredakan peradangan dan luka di dalam tubuh.

Cobalah Moms, ganti menu sarapan pagi dengan roti gandum. Bisa juga konsumsi sayur-sayuran seperti brokoli, buncis, asparagus, mentimun dan beberapa ramuan herbal. Atau buah-buahan seperti, melon, pisang pir, dan apel dan beberapa makanan ikan laut, daging kalkun, ayam yang rendah lemak.

Saat ini, faktor utama yang menimbulkan berbagai penyakit menyerang adalah cuaca yang tidak menentu. Faktor ini menyebabkan berkembangnya virus-virus yang mampu menyerang tubuh. Selain itu Moms, makanan juga menjadi pemicu utama yang tidak bisa terhindarkan.

Gejala asam lambung bisa diderita siapa saja Moms, termasuk lansia dan kecenderungan obesitas. Jaga kesehatan keluarga ya Moms dengan mengubah gaya hidup. Rutin berolahraga dan konsumsi 4 sehat 5 sempurna, agar keluarga sehat selamanya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: