Takut terlambat mungkin adalah alasan paling sering diungkapkan ketika tidak sarapan pagi padahal sarapan itu sangat penting terutama untuk si kecil. Mengapa demikian? Pembiasaan makan secara teratur harus dipupuk sejak dini terutama ketika si kecil memasuki usia sekolah karena ada banyak manfaat pentingnya sarapan untuk anak.

Nah, apa saja manfaat yang diperoleh? Yuk, simak informasi di bawah ini, Moms.

7 Manfaat Sarapan untuk Si kecil

Dalam sehari, waktu sarapan adalah yang paling penting. Waktu yang digunakan untuk tidur di malam hari adalah 8 hingga 10 jam dimana tubuh tidak mendapatkan nutrisi apapun dari luar. Makanan yang dimakan sebelum tidur malam telah digunakan tubuh untuk melakukan proses metabolisme dan tumbuh kembang terutama untuk si kecil. Keesokan paginya, tubuh kembali mendapat asupan gizi melalui sarapan sehingga anggapan jika sarapan itu penting memang tepat sekali, Moms.

BACA JUGA: Mengenal Meal Prep, Sehat dan Hemat

Sejumlah ahli juga menjelaskan manfaat lain dari sarapan untuk si kecil, antara lain:

1. Bermanfaat untuk Otak

Sarapan dapat membuat si kecil mempelajari dan menangkap pelajaran, mudah berkonsentrasi, fokus memperhatikan, dan mengingat. Menurut pendapat Ronald E. Kleinman, M.D., sarapan untuk anak ternyata dapat memengaruhi prestasi belajarnya di sekolah. Ia merupakan dokter spesialis gastroenterologi si kecil dan pakar nutrisi, serta dosen di Harvard University, USA.

2. Menguatkan Tubuh

Di pagi hari kondisi perut si kecil dalam keadaan kosong, sarapan akan membuat perut kembali terisi sehingga energi kembali penuh, dan si kecil siap melakukan aktivitas. Untuk anak-anak yang tidak sarapan pagi umumnya akan lambat dalam merespons sesuatu dikarenakan tubuhnya tidak memiliki energi dan lemas.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat selanjutnya dari sarapan bagi si kecil adalah meningkatkan daya konsentrasi. Sejumlah penelitian telah dilakukan terhadap anak-anak yang tidak melakukan sarapan pagi. Hasilnya, anak-anak tersebut cenderung lamban dalam menjalani aktivitas serta daya konsentrasinya rendah. Itulah kenapa pentingnya sarapan untuk anak di pagi hari karena dapat meningkatkan konsentrasi.

4. Menstabilkan Emosi

Sarapan dapat menstabilkan emosi menurut beberapa penelitian. Anak-anak yang sarapan pagi sebelum beraktivitas cenderung memiliki emosi yang stabil dan terkontrol. Sedangkan, anak-anak yang tidak menyantap sarapan memiliki emosi yang cenderung tidak stabil. Nah, jika Moms ingin si kecil bersemangat dan ceria, selalu pastikan ia menyantap sarapannya sebelum beraktivitas ya, Moms.

5. Mengoptimalkan Metabolisme

Tubuh akan melakukan proses pembakaran saat tidur malam sehingga kadar gula menjadi turun. Sarapan yang mengandung karbohidrat dapat mengembalikan kadar gula si kecil sehingga metabolisme tubuh kembali optimal. 

6. Menekan Risiko Obesitas

Sarapan untuk si kecil dapat menjaga berat badan dan mengurangi risiko terjadinya obesitas. Setelah sarapan, anak-anak tidak lagi memiliki keinginan untuk makan camilan kurang sehat, serta dapat mengendalikan emosi. Hal ini dikarenakan kondisi perut dalam keadaan kenyang sehingga dapat bersikap lebih tenang.

7. Lebih Berhemat

Jika perut dalam kondisi kenyang, anak tidak akan jajan secara berlebihan. Ini dapat membuat si kecil lebih berhemat dan tidak jajan sembarangan karena nutrisi dan gizinya telah tercukupi. Ditambah lagi, jika Moms menyiapkan bekal camilan sehat, pengeluaran jajan akan semakin terkontrol dan si kecil dapat berhemat.

Keinginan jajan anak umumnya bukan karena lapar, sebagian besar karena tertarik dengan warna yang mencolok atau bentuk yang lucu. Sarapan dengan gizi seimbang di pagi hari dapat menghindari si kecil jajan sembarangan. 

Setelah mengerti manfaat sarapan pagi untuk anak, yuk pikirkan menu sarapan untuk besok.

Leave a Comment

%d bloggers like this: