Cara menyembuhkan radang tenggorokan tidak boleh sembarangan lho Moms, karena salah penanganan bisa membuat penyakit bertambah kronis. Solusinya adalah mengatasi dengan teknik pengobatan yang tepat.

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas dan tidak bisa diremehkan. Bahkan ada kasus, dimana pasien kehilangan suara secara permanen karenanya. Atas dasar itu, berikut dijelaskan cara sembuhkan radang tenggorokan yang aman:

Baca Juga : 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal, Bumbu Dapur Penjaga Kesehatan Keluarga!

1. Perbanyak Minum Jus Sayuran

Cara menyembuhkan radang tenggorokan yang pertama adalah perbanyak minum jus sayuran. Ini cara ampuh loh Moms! Apalagi cara membuatnya mudah dan juga harganya sangat murah.

Jus Sayuran memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan dapat membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Radang pun bisa sembuh lebih cepat, makan lebih nyaman, suara juga lebih lantang.

2. Banyak Minum Air

Jika tenggorokan terasa tidak nyaman, perbanyak minum air ya Moms! Ini juga bagus untuk menetralisir kotoran yang ada di tenggorokan. Tentu, radangnya juga bisa hilang Moms!

Jadi, banyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Sehingga mineral di tenggorokan tidak habis. Karena jika terlalu kering, peradangan justru bisa semakin parah.

3. Menghirup Uap Teh Tawar Tanpa Gula

Menghirup uap teh tawar juga dapat menjadi obat radang tenggorokan. Namun pastikan yang belum diberi gula. Karena kalau sudah bercampur dengan gula, maka khasiatnya tidak terlalu besar.

Lakukan minimal 2 x 1 hari. Biasanya hangatnya langsung menyentuh tenggorokan, sehingga peradangannya reda dan tidak lagi terasa nyeri.

4. Makan Permen Pelega Tenggorokan

Cara mengobati radang tenggorokan yang keempat adalah makan permen pelega tenggorokan. Rasa pedas dari permen dapat membuat tenggorokan terasa lebih fresh. Sedangkan efek mint membuatnya lebih lembab. Permen pelega tenggorokan ini bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko biasanya maupun di Apotek.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga bisa dicoba ya Moms untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Mandi akan membuat tubuh rileks dan segar. Bahkan bengkak pada tenggorokan akan terasa lebih ringan. Namun, pastikan airnya tidak terlalu panas ya!

Bisa dilakukan menjelang tidur malam. Pada waktu tersebut biasanya radang tenggorokan mulai bekerja. Jadi, jika mandi air hangat, tidurnya lebih nyenyak, rasa perih dan batuk tidak terlalu terasa.

6. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika radang tenggorokan terasa nyeri, boleh menggunakan obat sakit tenggorokan di apotik kategori pereda nyeri. Namun, pastikan dosisnya tepat ya Moms, karena yang namanya obat kimia pasti ada efek samping yang berbahaya.

Lakukan konsultasi dokter sebelum minum obat, supaya takaran obatnya bisa diketahui. Bisa jadi, dosis sekian cocok untuk orang lain tetapi tidak untuk orang yang lainnya.

7. Istirahat Yang Cukup

Jika radang tenggorokan tidak sembuh, istirahatlah yang cukup. Maksudnya jangan paksa tenggorokan untuk bekerja seperti bersuara atau makan-makan. Karena ini membuat bengkak semakin besar dan perih.

Memperbanyak istirahat adalah solusi yang tepat. Dengan istirahat, nantinya organ akan melakukan penyembuhan secara otomatis, kecuali jika penyakit memang sudah kronis.

8. Hindari Terpapar Asap Rokok

Terpapar asap rokok merupakan salah satu penyebab radang tenggorokan. Itu artinya, jika radang menyerang, dan masih terpapar, jangan harap penyakit akan sembuh. Oleh karena itu, jauhi perokok atau untuk perokok sebaiknya berhenti terlebih dahulu.

Jika di lingkungan Moms banyak orang merokok, sebaiknya gunakan masker. Ini lebih aman daripada radang tenggorokan tidak juga sembuh.

Itulah list cara menyembuhkan radang tenggorokan yang bisa Moms lakukan sendiri di rumah.  Selain bebas efek samping, biaya juga terjangkau dan mudah dilakukan. Jadi silakan coba salah satu cara di atas ya Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: