Pasca melahirkan sang buah hati ada banyak hal yang mesti dilakukan Moms. Salah satunya imunisasi, pemberian vaksin pada bayi baru lahir hingga berusia 4 tahun sangat penting lho, Moms. Memastikan si kecil mendapatkan imunisasi lengkap sangat dianjurkan oleh para dokter dan pakar kesehatan.

Hal ini terkait agar kekebalan tubuh anak terjamin dan tidak mudah terjangkit virus. Tahapan imunisasi dasar terkait dengan jadwal rutin pemberian vaksin pada anak di tiap bulan. Berikut uraian lengkap mengenai tahapan imunisasi lengkap, simak ya, Moms!

BACA JUGA: Tahap Imunisasi Dasar Lengkap Pada Anak yang Penting Diketahui

Usia 0 Bulan

Pada saat bayi baru lahir hingga 1 bulan ada 3 jenis vaksin yang diberikan yaitu vaksin BCG, Hepatitis B, dan Polio. Vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin) diberikan pada bayi dengan tujuan untuk mencegah penyakit TBC (Tuberkulosis). Penyakit TBC merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan infeksi pada paru-paru.

Vaksin Hepatitis B diberikan untuk pencegahan penyakit Hepatitis B yang bisa ditularkan Ibu pada sang bayi saat melahirkan. Hepatitis B seperti diketahui merupakan penyakit infeksi pada hati. Vaksin ini dianjurkan pemberiannya pada bayi dalam 24 jam setelah proses kelahiran. 

Vaksin polio yang merupakan vaksin pencegah penyakit polio atau lumpuh layu juga harus segera diberikan pada bayi ketika sudah lahir.

Usia 2 Bulan

Imunisasi Lengkap
Imunisasi Lengkap

Di usia 2 bulan bayi Moms akan diberikan vaksin DPT/HB/Hib-1, Polio-1. Vaksin DPT yang diberikan pada bayi usia 2-4 bulan ini adalah perpaduan 3 jenis vaksin yang bertujuan untuk mencegah tiga penyakit yaitu difteri, pertusis, dan tetanus.

Difteri merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas.

Pertusis juga merupakan penyakit di saluran pernapasa. Penderitanya akan mengalami gejala seperti batuk dan pilek, juga bisa membahayakan penderita terutama jika diderita oleh bayi. Jadi, pencegahan melalui pemberian vaksin sangat dibutuhkan Moms.

Moms pasti sudah tahu mengenai penyakit tetanus yang disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui luka terbuka sehingga luka akan sulit sembuh. Vaksin DPT ini memiliki merek dagang DPT/HB/Hib. Pada usia 2 bulan, bayi Moms masih tetap harus mendapatkan vaksin Polio lagi.

BACA JUGA: Jadwal dan Tahapan Imunisasi Balita yang Harus Diketahui Setiap Ibu

Usia 3 Bulan 

Pada saat usia bayi Moms 3 bulan, vaksin yang diberikan sama dengan yang diberikan di usia 2 bulan yaitu vaksin DPT/HB/Hib-2 dan Polio-2. 

Usia 4 Bulan

Di usia 4 bulan vaksin yang diberikan masih sama dengan usia 2 dan 3 bulan yaitu vaksin DPT/HB/Hib-3 dan Polio-3.

Usia 9 Bulan

Pada saat usia bayi Moms menginjak usia 9 bulan, vaksin yang diberikan adalah vaksin campak. Penyakit campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyebar di udara. Penyakit ini akan mengakibatkan bermunculannya ruam kemerahan pada kulit anak di hampir seluruh bagian tubuh.

Ada tiga jenis vaksin campak yang bisa diberikan pada bayi yaitu vaksin campak yang hanya mencegah campak, vaksin MR yang dapat mencegah rubella dan campak. Ada pula vaksin MMR yang mencegah gondongan, rubella, dan campak.

BACA JUGA: Tahapan Usia Imunisasi Dasar Bayi Hingga Usia 4 Tahun

Usia 1-4 Tahun

Di usia anak 1 hingga 4 tahun, vaksin yang diberikan diantaranya vaksin DPT, Polio, MMR, Tifoid, Hepatitis A, Varisela, Influenza, HiB, dan Pneumokokus.

Imunisasi lengkap yang diberikan pada anak hingga usia 4 tahun bisa Moms lanjutkan dengan pengulangan imunisasi. Ini bertujuan untuk memperpanjang kekebalan anak Moms hingga usia 18 tahun. Pastikan si kecil mendapatkan imunisasi lengkap ya, Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: