Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan terjadinya infeksi pada ginjal yang ringan. Moms beberapa dari penyebab infeksi ginjal ringan adalah kurang minum air putih, sering menahan kencing, cebok tidak dari depan ke belakang, dan lain sebagainya. Saat ada salah satu tidak dilakukan bisa terkena gejala infeksi ginjal ringan.

Moms bisa mencegah terjadinya infeksi ini dengan melakukan hal sebaliknya. Moms tidak bisa menyepelekan infeksi yang ringan ini, karena bisa berubah menjadi infeksi ginjal yang semakin berat. Saat masih tidak ditangani, maka penyakit bisa berakhir pada gagal ginjal permanen. Apa saja gejala dari infeksi ginjal stadium ringan, simak ini.

1. Mudah Merasa Lelah

Manusia memang memiliki 2 ginjal, tetapi saat salah satu mengalami infeksi akan membebani fungsi ginjal yang satunya lagi. Padahal fungsi ginjal bagi tubuh adalah krusial untuk menyaring racun yang terdapat dalam darah dari seluruh tubuh. Itulah mengapa mencegah infeksi ginjal ringan ini penting.

Saat seseorang sudah lalai dalam menjaga pola minum air putih yang cukup dalam jangka panjang, maka bisa dipastikan bahwa suatu saat nanti orang tersebut akan mengalami masalah di ginjal. Air putih sangat penting, karena digunakan ginjal untuk bisa mencuci darah. Saat darah kekurangan air juga akan menjadi kental.

Pastinya hal ini juga akan memperberat kinerja dari ginjal untuk menyaring darah yang pekat. Saat ginjal tidak mampu menyaring darah dengan baik, maka bisa berdampak pada keracunan tubuh.

2. Volume Urine Sedikit dan Berwarna Kuning Pekat

gejala infeksi ginjal ringan
gejala infeksi ginjal ringan

Orang yang selalu kekurangan minum air dan sudah mengalami infeksi ringan pada ginjal, juga biasanya selalu memiliki urine yang berwarna kuning tua atau pekat. Saat orang tersebut mencoba untuk mengubah pola minum air putih menjadi cukup, maka akan menyadari bahwa urine akan berubah warna menjadi lebih kuning terang.

Saat seseorang mengalami sakit infeksi ginjal ringan, maka ia masih memiliki harapan untuk bisa sembuh dengan mengkonsumsi obat infeksi ginjal dari dokter. Tanda lain pada saat kencing pada orang yang kurang minum air putih adalah volume urine yang sedikit. Semakin sedikit air yang diminum, maka yang dikeluarkan juga semakin sedikit.

BACA JUGA:

Inilah Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal

Ketahui! 6 Gejala Infeksi Usus dan Cara Pencegahannya

3. Kulit Menjadi Kering dan Gatal

Saat dokter mendiagnosa infeksi ginjal ringan pada pasiennya, pasti pasien tersebut memiliki tanda kulit yang kering dan mudah otomatis mudah terasa gatal. Kulit yang kering lebih disebabkan oleh tubuh sedang mengalami dehidrasi akibat kurangnya cairan dalam tubuh alias kurang minum air putih.

Jika yang keluar pada seseorang hanya pertanda ini tanpa didukung gejala lain, maka orang tersebut tidak bisa dibilang sedang mengalami gejala dari infeksi ginjal yang ringan. Bisa jadi, karena cuaca sedang berubah dan kulit mendadak kering.

4. Susah Tidur

Orang yang mengalami masalah pada bagian ginjal akan mengalami susah tidur. Padahal sulit tidur bisa membuat kondisi pasien ini menjadi semakin buruk. Saat Moms kesulitan tidur, cobalah untuk minum air putih terutama saat menyadari bahwa hari ini kurang minum air putih.

BACA JUGA: Waspadai Gejala Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil, Berikut Informasinya

5. Nyeri pada Bagian Punggung Bawah

Gejala yang pasti menandakan seseorang sedang mengalami masalah pada bagian ginjal adalah rasa nyeri pada punggung bawah. Daerah punggung bawah tersebut adalah lokasi dari ginjal berada.

Itulah mengapa dokter akan mengetes pada bagian tersebut saat mencoba untuk mencari tahu apakah seseorang sedang mengalami masalah ginjal. Saat seseorang sudah mengalami gejala yang satu ini, maka harus segera datang ke dokter untuk konsultasi. Infeksi ini dalam stadium ringan bisa disembuhkan total.

Moms sekarang sudah tahu cara untuk mencegah infeksi ginjal bukan, sehingga perlu menerapkan secara rutin untuk menghindari gejala infeksi ginjal ringan. Moms juga bisa untuk menyebarkan informasi ini untuk menyadarkan banyak orang akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: