Mencuci tangan menjadi salah satu langkah sederhana yang bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit loh Moms. Bahkan saking pentingnya, WHO juga mengeluarkan panduan “Cara Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO”. Panduan ini dimaksudkan agar semakin banyak orang yang mengetahui cara mencuci tangan yang benar dan bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Seperti yang kita tahu penyakit berbahaya seperti pernapasan, sistem imun, infeksi mata dan diare akut terjadi karena bakteri. Hal ini bisa disebabkan oleh tangan yang kurang bersih, lalu tanpa sadar kita memegang bagian tubuh atau makanan dan bakteri pun berpindah. Untuk itu, sangat penting bukan Moms, untuk mengikuti cara mencuci tangan menurut WHO di bawah ini:

Cara cuci tangan yang benar menurut WHO via who.int

1. Basahi Tangan dengan Air

Sebelum menuangkan sabun, pastikan seluruh bagian tangan telah basah. Ini termasuk punggung tangan dan sela-sela jari ya, Moms.

2. Usapkan Cukup Sabun

Saat mencuci tangan, pastikan jumlah sabun cukup untuk menutupi kedua telapak tangan. Indikator cukup ini murni sabunnya dan bukan ditambah air sebelum diusap.

3. Ratakan Sabun Sampai Merata ke Seluruh  Telapak Tangan

Terdengar seperti panduan cara mencuci tangan yang diajarkan di sekolah memang. Tetapi, penting sekali untuk meratakan sabun ke seluruh permukaan tangan kanan dan kiri sebelum berpindah menggosok bagian lainnya.

4. Usap Punggung Tangan

Setelah semua permukaan telapak tangan tertutup sabun, kini giliran berpindah ke punggung tangan. Usap punggung tangan kanan dan kiri sampai ke bagian sela-sela jari ya Moms.

5. Jalin Telapak Tangan

Jalin atau kaitkan telapak tangan kanan dan kiri dan gosok-gosokkan. Paling tidak ulangi 2 sampai 3 kali ya.

6. Kaitkan Tangan Kanan dan Kiri

Supaya benar-benar bersih, selanjutnya kaitkan tangan kanan dan kiri. Lakukan sambil di gosok-gosok supaya lebih bersih.

7. Menggosok Ibu Jari

Bagian ibu jari jangan sampai luput dari perhatian, untuk itu bersihkan juga bagian ini ya Moms. Caranya dengan menggenggam ibu jari dengan kiri dengan tangan kanan lalu putar-putar 2-3 kali. Lakukan juga untuk tangan satunya ya, supaya keduanya benar-benar terbebas dari kuman.

8. Gosok Kembali Permukaan Tangan

Sebenarnya berapa lama waktu mencuci tangan menurut WHO? Mungkin Moms ada yang bertanya-tanya seperti ini karena caranya diulang-ulang. Di awal kita sudah membersihkan telapak tangan, tapi sekarang harus membersihkannya lagi.

Dari cara yang diberikan WHO ini, memang terlihat akan memakan waktu cukup lama karena diulang-ulang. Akan tetapi kalau dipraktekkan langsung tidak akan lebih dari 5 menit kok Moms. Jadi walaupun sedang sibuk, pasti tetap memiliki waktu untuk mempraktekannya.

9. Bilas Tangan dengan Air Mengalir

Sangat penting untuk membilas tangan dengan air mengalir. Ini supaya bakteri benar-benar hilang dari tangan, dan air yang digunakan pun lebih bersih.Pastikan bilas hingga semua sabun dan kotoran yang ada hilang ya Moms.

10. Tutup Keran Menggunakan Tisu atau Handuk

Saat kita menyalakan keran, tangan masih dalam keadaan kotor bukan Moms? Jadi saat mematikannya akan lebih baik jika tidak disentuh langsung. Moms sekalian bisa menggunakan tisu atau handuk untuk mematikannya.

11. Keringkan dengan Handuk atau Tisu Sekali Pakai

Dalam panduan cara cuci tangan menurut WHO 2019, sebaiknya mengeringkan tangan dengan peralatan sekali pakai. Ini karena handuk dan tisu yang sekali pakai lebih bersih dan belum terkontaminasi apa pun. Jika tisu bisa langsung dibuang, kalau handuk segera diganti yang baru begitu digunakan, kurang baik apabila menggunakan handuk bersama-sama.

Terlihat cukup panjang ya Moms panduan cara cuci tangan yang benar menurut WHO di atas. Akan tetapi, walaupun panjang panduan itu sudah dipikirkan matang-matang oleh para WHO, jadi bisa dipastikan ini cara yang terbaik. Sekarang, tinggal bersemangat saja untuk mencoba mengikutinya agar terhindar dari penyakit berbahaya, Moms pasti bisa kok, semangat.

Leave a Comment