Bagi Moms yang menjadi ibu baru, apakah pernah panik saat bayi sering muntah setelah menyusu? Kalau iya, jangan khawatir Moms, karena ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Memang sih, masih ada kemungkinan masalah serius, akan tetapi masih ada kemungkinan penyebab lain yang mungkin terjadi Moms.

Ingin tahu penyebab apa saja yang mungkin bisa membuat buah hati sering muntah setelah minum susu? Yuk, langsung cek infonya berikut ini ya Moms, jangan sampai ketinggalan.

1. Bersendawa itu Penting

Bersendawa bukan hanya bagi orang dewasa saja nih Moms, tetapi si kecil juga. Saat ia muntah setelah minum ASI, bisa jadi karena belum bersendawa. Untuk membuat si kecil bersendawa, Moms perlu belajar untuk bisa melakukannya.

Bersendawa membuat gas yang tidak sengaja ikut tertelan keluar dari tubuh. Ini membantu si kecil bisa menelan susunya dengan baik dan masuk ke dalam perut. Jika selama ini langkah membuat bayi bersendawa masih terlewati, berarti perlu dicoba Moms.

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Cegukan pada Bayi Baik untuk Perkembangan Otak

2. Bayi Makan Sebelum Minum Susu

Untuk bayi yang sudah berusia lebih dari 6 bulan, memang boleh diberikan makanan pendamping ASI. Akan tetapi, karena perut bayi yang masih berukuran kecil, jumlah makanan dan susu yang bisa dicerna bayi masih sangat terbatas. Untuk itu, apabila si kecil sudah diberi makanan pendamping ASI, wajar apabila ia muntah.

Jika bayi banyak minum ASI maka masih normal apabila bayi muntah banyak setelah minum ASI. Apa yang tidak bisa ditampung lagi oleh perut si kecil akan dikeluarkan Moms. Jadi jangan buru-buru panik ya, kecuali kalau si kecil ternyata hanya minum ASI sangat sedikit dan langsung muntah.

3. Si Kecil Minum Terlalu Cepat

Bukan hanya orang dewasa yang bisa tersedak ketika minum terlalu cepat, ternyata si buah hati yang masih bayi juga bisa Moms. Saat si kecil minum terlalu cepat, akan ada banyak udara yang ikut terhirup bersama susu. Udara-udara yang terus terhirup ini lama-lama berkumpul dan akhirnya mendorong susu yang diminum keluar.

Pada saat ini bayi akan memuntahkan susu yang tadi diminumnya keluar. Untuk mencegah supaya hal ini tidak terjadi, Moms bisa belajar cara agar bayi tidak muntah setelah minum ASI.

BACA JUGA: Asupan Vitamin untuk Ibu Menyusui Ini Mampu Buat Bayi Sehat

4. Pencernaan Si Kecil Masih Mencoba Beradaptasi

Ketika baru lahir, bayi akan mencoba beradaptasi untuk hidup di luar perut ibunya. Kehidupan bayi di luar dan di dalam perut ibu sangat jauh berbeda Moms. Jadi, wajar apabila si kecil muntah setelah minum susu, apalagi jika ia sudah dikenalkan minum susu menggunakan botol.

5. Gastroenteritis

Penyebab  bayi muntah setelah makan atau minum susu  yang terakhir akan kita bahas ini sangat berbahaya. Jadi apabila hal ini menimpa si kecil Moms, segera bawa ke dokter tanpa menunggu apapun ya. Tidak usah menunggu lama, karena gastroenteritis hanya terjadi akibat adanya infeksi bakteri atau virus.

Ciri-ciri gastroenteritis yang lebih jelas yaitu saat si kecil mulai muntah-muntah, kemudian ia juga akan menderita diare. Apabila hal ini terus berlanjut, buah hati bisa dehidrasi loh Moms, dan tentunya hal ini bukan pertanda baik. Jadi, langkah paling tepat adalah membawanya ke dokter, mulai dari kotoran hingga suhu tubuh si kecil akan diperiksa dengan seksama.

Semoga informasi mengenai penyebab bayi sering muntah setelah menyusu di atas bermanfaat dan membuat Moms tidak langsung panik ya. Bisa jadi selama ini si kecil muntah karena memang belum bersendawa, jadi mulai sekarang Moms bisa melakukannya. Apabila hal ini terus menerus terjadi, tidak ada salahnya juga Moms untuk memastikan ke dokter agar pasti.

Leave a Comment

%d bloggers like this: