Badan Bayi Kurang? Coba Makanan Penambah Berat Badan Bayi Ini!

Saat bayi Moms sedang mengalami berat badan yang cenderung di bawah rata rata? Sebagai orang tua wajar jika Moms bingung dengan kondisi anak. Moms tidak perlu bingung berlarut larut, masih banyak cara untuk menambah berat badan si kecil. Salah satunya adalah dengan memberinya makanan penambah berat badan bayi

Makanan Penambah Berat Badan Bayi yang Sehat dan Lezat

Dalam masa pertumbuhan, tentu bayi membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Makanan yang sehat tentu akan membantu bayi tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain memberikan ASI, Moms juga bisa memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang sehat dan efektif untuk menambah berat badan bayi. 

Bagi Moms yang memiliki masalah dengan berat badan si kecil, Moms tidak perlu khawatir. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan berat badan anak agar kembali normal. Berikut ini ialah makanan bayi yang bisa membuat berat badan buah hati Moms menjadi normal dan sehat. 

1. Pisang

Salah satu makanan bayi yang sehat dan aman dikonsumsi ialah pisang. Setelah memasuki usia 6 bulan, ternyata bayi sudah membutuhkan makanan pendamping lainnya. Pisang adalah salah satu makanan yang dapat membuat berat badan bayi meningkat.

Hal ini dikarenakan pisang mengandung kalori, serat makanan, karbohidrat dan vitamin lainnya. Pisang juga mudah dicerna dan dikonsumsi para bayi yang belum memiliki gigi. 

2. Alpukat

Buah lainnya yang juga mampu meningkatkan berat badan bayi ialah buah alpukat. Untuk bayi yang sudah berusia diatas 7 bulan, Moms bisa memberikan buah alpukat ini untuk bayi Moms.

Moms bisa menghancurkan buah berwarna hijau sampai halus sehingga mudah dikonsumsi oleh sikecil. Alpukat mampu meningkatkan berat badan bayi karena mengandung lemak dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.  

BACA JUGA: Moms Wajib Tahu dan Coba Menu MPASI Manis untuk Bayi 7 Bulan

3. Kentang

Cara menaikkan berat badan bayi yang efektif adalah dengan mengatur makanan yang dikonsumsi bayi. Jika Moms ingin berat badan si kecil meningkat, maka Moms bisa memberikan kentang. Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi dan juga berbagai vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika bayi Moms berusia 6 hingga 8 bulan, Moms bisa mencampurkan kentang dengan ASI. 

4.Ubi

Umbi umbian lainnya yang mampu meningkatkan berat badan bayi ialah ubi. Makanan ini termasuk makanan yang cukup mudah dicerna oleh bayi dan mengandung gizi yang cukup. Terdapat berbagai vitamin seperti vitamin A, C dan B6 dalam ubi. Moms hanya perlu merebus ubi lalu dihaluskan sampai benar benar halus. Untuk membuat bayi lebih mudah mengunyahnya, Moms bisa menambahkan ASI. 

5. Keju

Makanan penambah berat badan bayi usia 8 bulan selanjutnya yang Moms bisa berikan untuk si kecil ialah keju. Jika bayi Moms sudah berusia 8 bulan, Moms bisa memberikan keju kepada anak Moms untuk membuat nutrisi mereka terpenuhi.

Keju memiliki berbagai nutrisi baik seperti vitamin, protein dan kalsium. Namun Moms harus berhati hati saat memberikan keju, bisa saja anak Moms memiliki alergi keju. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya Moms.

Bagaimana Moms, sekarang Moms sudah tahu bukan apa saja makanan penambah berat badan bayi yang bisa Moms berikan untuk si kecil. Tentunya, Moms tetap harus memberikan ASI yang eksklusif kepada anak Moms. Saat usianya sudah mencukupi, Moms bisa memberikan berbagai makanan pendamping diatas untuk membuat berat badan bayi agar semakin sehat dan normal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: