HalloMoms, seperti yang Moms ketahui bahwa menstruasi merupakan suatu proses yang sering dialami wanita setiap bulannya. Namun masih banyak wanita diantaranya mengalami proses menstruasi yang tidak lancar. Oleh karena itu, Moms wajib tahu apa penyebab menstruasi tidak lancar agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Jika siklus menstruasi yang terjadi lebih dari 35 atau kurang dari 21 hari maka dapat dikatakan bahwa menstruasi tidak lancar. Akibat dari menstruasi yang tidak lancar menjadikan menstruasi tidak teratur tiap bulannya. Berikut merupakan penyebab menstruasi tidak teratur atau tidak lancar yang perlu diketahui.

BACA JUGA: 7 Penyebab Menstruasi Terlambat Selain Kehamilan, Apa Saja?

Stress

Stress merupakan penyebab menstruasi tidak berjalan lancar yang sering terjadi pada umumnya. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormon kortisol dalam tubuh saat mengalami stress. Karena peningkatan hormon tersebut mengakibatkan pelepasan sel telur menjadi tidak normal dan menjadikan penyebab siklus menstruasi tidak lancar.

Agar siklus haid menjadi lancar, Moms sangat perlu untuk menghindari stress. Atau menjauhkan diri dari hal-hal yang menyebabkan stress.

Pola Makan dan Hidup

Pola makan dan pola hidup yang tidak sehat juga merupakan salah satu penyebab menstruasi mengalami gangguan. Salah satunya seperti merokok, karena di dalam rokok terdapat zat-zat berbahaya yang dapat mempengaruhi hormon. Adapun hormon yang dipengaruhi oleh rokok, yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk Moms menghindari kebiasaan merokok. Sebab tidak hanya menyebabkan gangguan pada menstruasi saja, namun rokok juga dapat memicu penyakit kanker.

Alat Kontrasepsi

Penyebab menstruasi tidak teratur lainnya adalah alat kontrasepsi seperti pil KB. Pil KB dapat menyebabkan darah keluar lebih banyak atau lebih sedikit. Karena jumlah darah tersebut menyebabkan nyeri perut ketika menstruasi.

Diabetes

Penyakit diabetes juga dapat menjadi penyebab menstruasi menjadi tidak lancar. Hal ini dikarenakan adanya gula darah yang terkait pada hormon bekerja tidak stabil. Karena penyakit diabetes yang tidak dapat dikontrol menjadikan siklus haid tidak lancar.

BACA JUGA: 8 Tips Mengatasi Keputihan Secara Efektif, Wajib Dicoba!

Masalah Kelenjar Tiroid

Penyebab menstruasi yang tidak teratur berikutnya, yaitu diakibatkan oleh kelenjar tiroid. Dimana kelenjar tiroid ini berfungsi mengatur metabolisme tubuh manusia. Oleh karena itu, jika kelenjar tiroid tidak bekerja dengan normal, maka menstruasi juga dapat terganggu.

Biasanya kelenjar tiroid tidak normal ditandai oleh berat badan yang berubah, mudah merasa lelah, rambut rontok dan sensitif terhadap suhu.

Diet Berlebih

Diet berlebih juga dapat menjadi penyebab menstruasi yang tidak normal. Hal ini dikarenakan pola makan yang sedikit dan penurunan berat badan. Saat berat badan Moms kurang dari 10% berat badan ideal, maka ovulasi juga dapat terhambat atau terhenti.

Agar siklus menstruasi Moms menjadi lancar, maka Moms perlu memperhatikan pola makan dan berat badan. Sehingga dengan diet yang sehat dan berat badan yang cukup, maka menstruasi dapat menjadi lancar.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS merupakan penyakit yang dapat menjadi penyebab haid menjadi tidak teratur. Hal ini dikarenakan hormon laki-laki yang berlebih pada wanita. Hormon yang berlebih tersebut tentunya memicu timbulnya kista pada ovarium, sehingga tidak dapat melepaskan sel telur.

Biasanya PCOS sering ditandai dengan jerawat yang sulit hilang, rambut yang berlebih pada wajah dan haid yang tidak teratur. Jika Moms mulai mengalami tanda-tanda tersebut ada baiknya Moms segera mengkonsultasikannya dengan dokter.

Nah di atas merupakan penyebab menstruasi tidak lancar yang wajib Moms ketahui. Agar menstruasi Moms tidak terganggu, maka Moms sangat perlu memperhatikan hal-hal di atas dan menghindari penyebabnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: